Mobil Sedan Bergaya Retro Paling Diminati

Mobil tua atau banyak juga yang bilang mobil retro mungkin tidak banyak kita lihat berada di jalan raya. Wajar saja, jika dibandingkan dengan fitur dari kendaraan yang ada jaman sekarang, fitur dari mobil-mobil tua ini sudah kurang mumpuni. Ada yang bilang bahwa mobil tua itu cepet overheat, AC kurang dingin atau juga tidak ada power steering dan fitur yang masih manual.

Meski kurang fitur, atau banyak kurangnya, tapi bukan berarti mobil bergaya retro ini tidak punya peminat. Sesekali masih ada juga mobil di era 70-an atau 80-an yang berseliweran, dan langsung membuat banyak orang melirik. Maklum, keberadaan mereka yang langka di jalan raya itu seperti hiburan tersendiri bagi kita (atau saya) yang bosan dengan mobil yang itu-itu saja.

Nah, dari sekian banyak mobil tua atau bergaya retro, ada beberapa jenis yang paling diminati orang. Berikut ini saya coba mengumpulkan 10 jenis mobil era 90-an awal kebawah yang masih banyak dicari dan berkeliaran di jalan dengan gaya retro mereka.

Mobil Retro Corolla DX

Toyota Corolla DX KE70
Mobil ini dikeluarkan sejak awal tahun 1980 hingga 1983 akhir. Memiliki penggerak roda belakang dan mengusung mesin K-series yang banyak digunakan oleh mobil keluarga Kijang, adalah alasan kenapa mobil ini diminati. Namun selain itu, model mobil Corolla DX ini juga memang menunjukkan aura retro tersendiri.

Untuk model yang dikeluarkan, kalau tidak salah ada 4 model yang dirilis sejak awal peluncurannya. Namun yang terfavorit adalah seri yang pertama 1980, karena unik dengan 4 buah lampu depan yang bulat. Sementara yang diminati pada seri terakhir, atau banyak dibilang 1983+ adalah karena modelnya agak lebih panjang. Menurut saya, jadi agak mirip dengan mobil-mobil amerika.

Mobil Retro Lancer SL

Mitsubishi Lancer SL
Saya kurang paham sih dengan seri dan jenis mobil ini. Tapi menurut beberapa artikel yang memuat berita tentang Lancer SL, kabarnya mobil ini selalu bersaing dengan Toyota Corolla DX di pasaran. Bentuk mobil SL ini juga menurut saya memang cukup menarik, dan jujur saya selalu suka jika melihat ada Lancer SL yang dibangun dengan sangat baik dan memunculkan nuansa retronya

Beberapa keunggulan dari Lancer SL kalau saya tidak salah adalah cc yang lumayan besar (1400cc), menggunakan transmisi 5 speed (6 jika dengan rear) dan sudah memiliki fitur tilt steering. Lumayan untuk mobil tua kan?

jenis mobil retro KE30

Toyota Corolla Ke30 / Ke20
Corolla ini ada di era 70-an dan banyak orang menyebutnya sebagai Corbet (Corolla Betawi), entah kenapa saya juga tidak tahu. Bentuk mobil ini cukup mungil dan menarik. Orang menyukainya juga karena mesin yang memiliki sparepart melimpah (K Series), serta komunitas Corolla Klasik yang cukup besar.

Mobil Retro Daihatsu Charmant

Daihatsu Charmant
Salah satu mobil retro yang menurut saya punya keunikan sendiri. Walaupun dia punya merk Daihatsu, tapi kalau liat mesinnya ternyata sedan panjang ini sudah mengusung mesin Toyota seri 4A (bukan 4AGE ya :D). Jadi ketersediaan sparepart, bandelnya dan kinerjanya sudah terjamin. Fitur juga cukup lengkap, AC, PS, Central Lock dan ada slot pendingin untuk 1 kaleng minuman. Yups, ada kulkasnya!

Tapi meski kaya akan fitur, entah kenapa Daihatsu Charmant ini terbilang langka, dan harganya cukup murah. Mungkin karena banderol nama Daihatsu yang kurang terkenal di jamannya?

Mobil Toyota Starlet Retro

Toyota Starlet
Kalau mobil yang satu ini sih pasti pada bilang kurang retro karena masih banyak dan modelnya juga sudah modern. Tapi yang saya maksud itu bukan Starlet Kapsul 90an, melainkan Starlet era 80an yang masih kotak-kotak. Iya, versi lama mobil ini juga masih banyak diburu karena bentuknya yang retro banget!

honda civic retro

Honda Civic 1st Gen
Kalau ngeliat mobil dengan nama yang sama sekarang ini, pasti kamu (khususnya yang masih ABG) gak akan nyangka kalau evolusi Honda Civic yang keren itu dimulai dengan 1st Gen Coupe 2 pintu yang tampilannya retro abis. Karena penampilannya yang unik dan menurut saya agak ‘cute’ itulah, mobil retro satu ini makin dicari orang. Kalau saya nggak salah sih, ada iklan teh kemasan yang memakai jenis mobil ini dalam kondisi yang sudah full restorasi dalam kondisi super mulus!

BMW Bergaya Retro

BMW 318 E30
Mungkin diantara mobil bergaya retro diatas, BMW ini adalah yang paling muda dan satu-satunya yang bukan pabrikan Jepang. Mobil ini dipasarkan akhir 80-an hingga awal 90-an. Meski memiliki tahun yang relatif muda, namun mobil ini justru memiliki nuansa retro yang sangat kental. Tidak hanya bentuk mobilnya, tapi juga lampu depan yang 4 lampu bulat itu keren banget!

Nah, kayaknya itu beberapa mobil retro yang sekarang ini lagi banyak diburu orang. Sebenernya masih banyak lagi sih, misal saja Crown, Cressida, Galant, Datsun atau juga yang dari amerika dan eropa macam Fiat, Holden atau bahkan VW. Tapi saya khawatir nanti malah jadi kepanjangan postnya.

Kalau kamu, apa mobil retro favoritmu?

Related Articles

20 thoughts on “Mobil Sedan Bergaya Retro Paling Diminati”

    1. waduh, kalau pintu dua semua enak mas
      corolla dari tahun 70an sampai 80an rasanya ada semua lampu bulat pintu dua.

      BMW mas boy itu juga (lupa seri e30 apa ya) itu ada juga pintu dua

      yang gak enak harganya mas
      hihihii

  1. Saya punya dx 1982 kondisi sasis masih mulus mesin msh mengembun, cuma cat sdh over merah ferari, saya tggl di malang,ada g referensi bengkel u saya trims om

  2. at least toyota starlet yang desainnya masih enak dipandang. cita cita dulu pengen starlet klasik tapi kinclong πŸ˜€

    tapi skrg jatoh banget kayaknya ya pasaran mobil bekas. mobul baru semakin murah soalnya 😐 lcgc ayla dan kawan kawan

  3. Wuih…sedan yang masih kelihatan “kelasnya”, harganya mahal ya tuh sedan, kira” berapa ya? πŸ˜€ *ngimpi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *