Daihatsu Charmant, Mobil Retro Jepang Yang Langka

Rasanya sudah lama saya enggak bikin postingan tentang mobil-mobil retro. Malah, tentang otomotif juga rasanya hampir jarang. Jadi untuk kali ini saya mau bikin artikel singkat tentang salah satu mobil sedan jadul yang cukup menarik minat saya. Mobil sedan retro kali ini adalah Daihatsu Charmant, sebuah sedan yang dipasarkan Daihatsu di Indonesia pada era 70 hingga 80an.

Menurut kabar yang beredar, kehadiran Daihatsu Charmant di Indonesia sih awalnya cukup ramai. Ini dikarenakan beberapa institusi negara menjadikan Charmant sebagai kendaraan dinasnya. Dengan logika tersebut, harusnya sih populasi mobil ini cukup banyak. Namun sayangnya, mencari Charmant dalam kondisi baik sekarang cukup sulit. Entah karena disimpan kolektor, atau sudah berakhir di junkyard.

harga mobil daihatsu charmant retro

Meskipun dikeluarkan oleh Daihatsu, uniknya mobil ini justru memiliki beberapa kesamaan dengan mobil-mobil keluaran Toyota. Terbukti dari isi dapur pacu saja sudah terlihat, mobil ini pada seri keluaran akhir sudah mengusung mesin keluarga Toyota 4A dengan kapasitas 1600cc. Kalau saya tidak salah, keluarga mesin 4A selanjutnya digunakan pada generasi Great Corolla.

Untuk seri Daihatsu Charmant sendiri, mungkin terdiri dari beberapa generasi. Tapi yang saya ketahui, dan beberapa teman juga merekomendasikan waktu saya sedang mencari mobil, adalah generasi yang dipasarkan pada pertengahan tahun 80-an. Alasannya, pada saat itu memang Charmant memiliki fitur yang bisa dibilang unggul dibandingkan pesaing pada zamannya. Contohnya saja, Charmant sudah memiliki power steering dan central lock. Padahal saat itu, mobil sedan Corolla DX yang sedang menguasai pasar saja belum memiliki fitur tersebut, masih manual. Lainnya, Charmant sudah memiliki slot untuk pendingin minuman atau kulkas mini. Gimana, keren gak tuh untuk mobil jadul??

Waktu pertama kali saya melihat foto mobil Daihatsu Charmant, saya sempat berfikir kalau mobil ini bentuknya sangat elegan. Jika sedan lain terkesan berbobot, Charmant justru memiliki bentuk yang ‘tipis’ dan memanjang. Kalau dilihat-lihat, agak mirip memang dengan mobil-mobil yang dipakai pada film-film amerika. Cuma yang ini keluaran jepang saja. Ternyata pemikiran saya tidak salah. Seorang rekan pernah memperkenalkan saya ke pemilik Charmant di Lampung. Dan mobil Charmant yang dia miliki benar-benar telah direstorasi dengan sangat baik, bersih dan bikin naksir!

Daihatsu Charmant Parts

foto : photobucket.com

jual daihatsu charmant

foto:charmant4age.blogspot.com

Tapi meski banyak keunggulan dan fitur, ada beberapa hal yang bikin saya mundur dari perburuan Charmant ini. Selain mencarinya cukup susah, hal yang sulit saya lakukan adalah ternyata mobil ini benar-benar kurang terkenal di pasar sparepart. Beberapa kali iseng bertanya ‘ada sparepart x untuk mobil Charmant?‘, maka pemilik toko malah bertanya balik, ‘Charade mas?‘. Oke, ini mulai aneh. Jadi saran saya, cobalah tempel komunitas aktif Daihatsu Charmant yang ada di kota kamu, atau di internet, sebelum mulai memutuskan untuk meminang Charmant ke garasi kamu. Percaya deh, komunitas ini bener-bener bermanfaat!

Anyway buat yang berminat sama mobil Daihatsu Charmant ini, sekedar info saja kalau pasaran harga mobil retro ini adalah antara 15 juta hingga 30 juta. Bisa lebih, bisa kurang, tergantung kondisi saja. Cuma ya itu, cari yang harganya sesuai kondisi, agak sulit. Semoga bermanfaat ya!

Tulisan Lainnya

Mengganti Dinamo Amper / Alternator Corolla DX Alternator mobil, atau banyak juga yang bilang dinamo cas atau dinamo amper, merupakan perangkat pada mesin mobil yang menghasilkan listrik AC dan sek...
Mobil Jadul Keren di Era 70 hingga 90-an Trend mobil jadul atau mobil retro sepertinya memang makin menjamur nih. Buktinya, makin banyak aja mobil tua yang sudah didandani ala anak muda jaman...
Sedan Retro Toyota Corolla DX KE70 Corolla DX adalah mobil sedan keluaran Toyota yang pertama kali diproduksi pada akhir era 70-an. Sejatinya, Corolla DX adalah keluarga dari sedan Toyo...
Pilihan Velg Retro Untuk Mobil Corolla DX Untuk yang suka merubah penampilan mobilnya, baik mobil retro atau mobil terbaru, velg biasanya jadi sasaran pertama untuk diganti. Suka atau enggak, ...

5 Comments

Leave a Reply

badge