OtomotifTulisan

Sedan Retro Toyota Corolla DX KE70

Corolla DX adalah mobil sedan keluaran Toyota yang pertama kali diproduksi pada akhir era 70-an. Sejatinya, Corolla DX adalah keluarga dari sedan Toyota dengan seri E70. Mobil ini mulai dirancang pada tahun 1974 oleh Fumio Agetsuma dengan tujuan menciptakan sebuah mobil baru tanpa mengesampingkan nama besar yang sudah terlebih dahulu dimiliki oleh Corolla. Jadi dengan inovasi yang diinginkan, mobil ini diciptakan dengan harapan dapat diterima di berbagai belahan dunia, oleh semua golongan dan usia, serta tetap memiliki kenyamanan berkendara seperti Corolla sebelumnya.

Pada akhir tahun 1979, Toyota akhirnya resmi merilis seri pertama keluarga E70 ini di Jepang dengan bentuk kotak. Sangat berbeda dengan seri Corolla sebelumnya yang berbentuk agak membulat seperti kapsul. Mobil ini juga memiliki berbagai jenis varian sedan. Mulai dari sedan 2 dan 4 pintu, Hardtop, Coupe, Liftback, Station Wagon, dan Corolla Van.

Namun disini saya hanya akan mencoba menuliskan beberapa hal tentang Corolla E70 yang memang beredar untuk pasar di Indonesia. Di Indonesia, Corolla DX menggunakan seri mesin legendaris 4K 1300cc yang sudah terkenal irit, bandel serta sparepart melimpah. Untuk sisi teknis, Corolla DX KE70 ini adalah seri terakhir dari Corolla yang menggunakan penggerak roda belakang.

Corolla DX yang beredar di Indonesia hanya yang bertipe sedan 4 pintu, dan diproduksi pada periode tahun 1980 hingga 1983. Selama tahun tersebut, ada 4 versi yang beredar di pasaran.

  • Corolla DX 1980
    Corolla DX yang pertama beredar di Indonesia ini memiliki ciri 4 buah lampu bulat pada bagian depan, serta bemper stainless steel berwarna chrome.
  • Corolla DX 1981
    Bentuknya sama persis dengan versi sebelumnya, hanya saja lampu depan telah diganti dengan 2 buah lampu kotak persegi.
  • Corolla DX 1982
    Lampu depan agak memanjang, lampu sein lebih lebar serta lampu belakang model baru. Entah perasaan saya saja atau memang benar, tapi DX ini rasanya lebih panjang dibanding versi sebelumnya.
  • Corolla DX 1983
    Sama dengan seri 1982, hanya saja pada bemper diganti lebih memanjang. Selain itu pada dashboard sudah dipasangkan tachometer.

Secara teknis, tidak ada perbedaan dari keempat model Corolla DX yang ada di Indonesia. Hanya tampilan saja, dan mungkin keberadaan tachometer pada seri terakhir.

Referensi Modifikasi Toyota Corolla DX

Untuk modifikasi mobil sedan retro seperti Corolla DX ini sebenarnya kembali ke selera masing – masing pemilik. Ada yang menyukai konsep original Corolla DX, ada yang membuat tampilan rally (dahulu banyak pereli menggunakan mobil ini), ada yang membuat modern retro. Tapi sekedar referensi, ini beberapa tampilan Corolla DX yang dapat dicontoh yang saya ambil dari berbagai sumber.

referensi modifikasi corolla DX

restorasi corolla dx

mobil corolla dx modifikasi

Modifikasi Corolla DX Murah

Related Articles

17 thoughts on “Sedan Retro Toyota Corolla DX KE70”

  1. Saya punya DX Thun 80 an Tpi tak terawat mas
    Byak yg keropos tau berkarat..jdi saya punya bajat 5 juta kira2 dah bisa nego bagus tu mas mobil saya

  2. Mas,saya berniat buat beli dx nih. Kalo boleh tau berapa rupiah anggaran yg sudah mas keluarkan buat merestorasi corolla dx mas. Saya buat menghitung perkiraan budget yg mesti saya siapkan.

  3. Gan @kurniawan ane msh sllu nyimak meski tdk prnh masuk,mau tanya nich gan,ane punya corolla dx 1980 kira” altenator apa yg 90 ampr unt menggantikan bawa’an?(Yg tdk ribet dipasang di dudukan)krn rencana ane mau ganti yg 90 amp sprt yg agan sarankn sblmx….thanks

  4. Mas, kalo pasaran harga mokas untuk Corolla DX ini berapa yaa? Yang sudah termasuk modifikasi macem macem..
    Dan kalo mokas Corolla DX ini, yg harus di check apa aja, biar kita sbg pembeli ga kecewa, hehe

    Terimakasih

    1. Waduh, kalau harga pasaran tergantung kondisi dan suka-suka yang jual sih. Ada yang 20 juta, tapi ada juga yang 150 jutaan. Untuk tips, mungkin nanti saya coba bikin postingan sendiri deh.

  5. Tambahan lagi, engine Corolla DX di Indonesia sama dengan pada Kijang KF20 ‘Doyok’ yaitu 4K carburator bertipe OHV (Over Head Valve) 8 klep 4 silinder.
    Ketika pertama diluncurkan di Indonesia, pilihan warna KE70 ialah putih, biru tua, merah maroon, coklat tua, coklat medium, dan abu-abu. semua warna solid.

  6. Corolla DX KE70 lampu dpn bulat sdh mulai dijual di Indonesia pada akhir 1979. Harga jual KE70 baru waktu itu kalau ngga salah 10,5 juta. Th 1981 naik 12 juta. Semoga bisa melengkapi informasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker