Tips Agar Aki Mobil Awet dan Tahan Lama

Aki adalah salah satu komponen penting yang menjaga pasokan listrik untuk mobil, jadi penting sekali untuk menjaga kondisi aki. Selain itu, aki memang memiliki masa pakai dan harus dilakukan pengecekan serta penggantian secara berkala. Namun masa pakai ini juga tergantung dari perawatan yang kita lakukan. Ada beberapa cara agar aki mobil lebih awet dan dapat dipakai lebih lama.

tips aki mobil awet

Selalu Cek Kondisi Air Aki
Air aki atau elektrolit aki harus selalu pada level ketinggian yang cukup. Jika ketinggian permukaan air aki sudah berkurang dan bahkan mendekeati posisi low, segera tambah tambah air aki anda. Air aki yang berkurang dapat disebabkan panas yang menyebabkan air aki menguap, atau bisa juga dikarenakan sel (cell) aki yang sudah mulai rusak.

Periksa Kabel dan Dudukan Aki
Kabel yang longgar dapat mengakibatkan penyampaian arus yang tidak optimal. Cek pula dudukan aki apakah sudah keropos, atau membuat posisi aki tidak stabil dan bergetar. Kabel yang dalam kondisi tidak baik, misalkan terkelupas atau longgar, serta posisi aki yang rentan bergetar dan bergeser, berpotensi membuat penyampaian arus yang tidak stabil sehingga menghabiskan konsumsi daya pada aki. Dalam beberapa kasus malah dapat menyebabkan korsleting listrik!

Sesuaikan Arus Masuk dari Alternator
Alternator atau dinamo cas adalah alat yang terus mengisi aki saat mesin mobil dalam kondisi menyala. Arus masuk ke aki yang terlalu besar dapat membuat aki cepat penuh dan memperpendek umur aki. Idealnya, arus alternator yang digunakan adalah 1/10 dari kapasitas aki yang kita gunakan.

Selalu Jaga Kondisi Aki Mobil Saat Tidak Digunakan
Jika anda tidak menggunakan mobil dalam jangka waktu yang lama, maka usahakan untuk tetap memanaskan kendaraan secara berkala. Paling tidak setiap dua hari sekali, nyalakan kendaraan agar aki selalu dalam kondisi prima.

Ganti Aki Dengan Yang Baru dan Sesuai
Jika memang aki sudah waktunya diganti, maka segera lakukan penggantian. Ganti aki dengan yang baru dan beli di toko yang terpercaya. Usahakan untuk tidak membeli aki bekas meski diberi garansi oleh penjual.

Itu beberapa tips agar aki mobil awet dan lebih tahan lama, sehingga kita tidak terlalu sering menggantinya. Dan juga, jaga kondisi aki agar tidak sampai merepotkan saat mobil digunakan untuk perjalanan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *