Tips Bermain Clash Of Clans Untuk Pemula

Sudah sekitar 2 atau 3 bulan ini saya ketagihan bermain game di devices Android saya. Game yang saya mainkan namanya Clash Of Clans, atau sering disingkat jadi CoC. Game ini awalnya dirilis oleh SuperCell sekitar pertengahan tahun 2012 dan hanya untuk pengguna device dari Apple, seperti iPad atau iPhone. Tapi dengan menjamurnya Android, akhirnya game dengan genre Strategy ini akhirnya sampai juga ke Google PlayStore untuk para pengguna Android.

Saya bukan expert di game ini, malah masih pemula juga kok. Hanya saja karena banyak teman saya yang bermain Clash Of Clans, maka kami sering berbagi tips dan langkah – langkah untuk bermain CoC. Sebenarnya ketika awal – awal bermain, saya melakukan beberapa kesalahan. Nah, belajar dari kesalahan tersebut, maka saya mencoba membuat postingan tentang tips bermain Clash of Clans untuk pemula. Alasannya sederhana, saya mau membuat satu akun lagi agar dapat bermain CoC di laptop saya. Sekaligus berbagi, siapa tahu tips ini bermanfaat untuk yang baru memulai bermain.

Langkah Awal Bermain Clash Of Clans

Langkah Awal Cara Bermain Clash Of Clans Untuk Pemula

Buat Email Khusus Untuk Akun Kamu
Ini hal penting pertama yang harus kamu tahu. Akun email google adalah alat supaya progress game kamu bisa di save dan dilanjutkan saat gonta-ganti devices. Nah, email ini juga yang kemudian kalau kamu bosen main dan ternyata village kamu sudah cukup bagus bisa dipindahtangankan atau dijual. Bayangin kalau kamu pakai email utama atau email pribadi, jadi nganggur dah tuh village. Jadi tips pertama nih, pakai email khusus sendiri. (edisi curcol).

Ikuti Langkah – Langkah Tutorial
Di awal permainan, kita akan mendapatkan tutorial yang tidak dapat di tutup atau dilewatkan saja. Jadi memang kita harus memperhatikan tutorial tentang bagaimana cara bermain game Clash Of Clans ini. Nanti ditahap ini kita akan diajarkan cara membuat bangunan, cara bertahan dan cara melakukan serangan. Dan salah satu cara yang penting namun berbahaya adalah cara mempercepat pekerjaan atau tasks, yaitu dengan menggunakan gem.

Gem adalah sesuatu yang ‘mahal’ di game CoC. Anda bisa mendapatkan gem hanya dengan 3 cara, yang pertama adalah dari achievment, kedua dari bersih – bersih kotoran di desa, dan ketiga adalah membeli dengan kartu kredit atau dari seller. Karena mahal, makanya dihemat. Untuk saat tutorial, memang kita harus menggunakan Gem tersebut. Tapi selanjutnya, saran saya jangan gunakan gem untuk hal kurang penting.

Beli Builder / Hut Dengan Gem
Pada awal permainan, kita akan memiliki 2 builder yang dapat dibeli dengan menggunakan elixir. Namun untuk builder ketiga dan keempat, kita harus membeli dengan menggunakan gem. Nah, di atas saya sebutkan untuk menabung gem yang kita dapat dan jangan digunakan untuk mempercepat pekerjaan. Tapi gunakanlah untuk membeli builder. Memang kalau masih awal – awal, builder 3 bahkan 4 rasanya terlalu banyak. Sering menganggur. Tapi saat sudah mencapai Town Hall 7 keatas, keberadaan builder barulah terasa sangat penting!

Bangun Castle Clan Anda, Join Clan!
Kalau dilihat di daerah desa kita, ada bangunan Castle Clan yang rusak. Jika resource sudah cukup, segera perbaiki Castle tersebut dan langsung bergabung dengan Clan. Ada banyak clan yang dapat anda pilih sesuai keinginan anda. Tapi jangan lupa untuk baca syarat – syarat bergabung dengan Clan tersebut. Biasanya ada clan yang menentukan minimal trophy, minimal donate dan sebagainya. Kalau saya akan memilih Clan yang tidak menentukan minimal donate, karena saat di awal justru kita yang butuh donate banyak. Hehehe…

Fokus Upgrade Defense dan Troops
Buat saya, pertahanan terbaik adalah menyerang. Kalau kita dirampok orang dan kehilangan 100.000 gold dan elixir, maka kita harus bisa merampok dan mendapatkan 200.000 gold elixir. Jadi, cobalah untuk terus mengupgrade troops yang paling sering kita gunakan. Kalau saya pribadi sih, yang saya upgrade adalah Giant, Archer, Wall Breaker dan Wizard. Selera saja, tergantung metode serangan kita sendiri. Tapi untuk berjaga – jaga, defense juga jangan dilupakan. Apalagi sekarang ada mode perang antar clan, jadi defense juga sangat penting. Selalu upgrade defense anda hingga mentok, tujuannya adalah memperlambat serangan lawan!

Yah intinya adalah, jangan sampai laboratorium dan builder anda menganggur. Rajin – rajin ‘berkunjung’ ke desa orang untuk menambah pengalaman perang. Terakhir, jangan langsung drop kalau terus di serang oleh orang lain. Percayalah, mereka juga pernah mengalami hal yang sama!

Nah, sementara itu dulu tips bermain Clash of Clans untuk yang baru mengenal CoC. Kalau untuk expert sih, ini jangan dibaca. Nanti saya malah ditertawakan. Hehehe..

Lain kali saya akan post tips – tips lain tentang game ini. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Tips Farming Resources Game Clash of ClansΒ dan Cara Dapat Gems Gratis Clash of Clans

Tulisan Lainnya

Tips Strategi Serangan Darat GoWiWiPe TH 9 Clash o... Kemarin saya sudah pernah menulis tentang tips serangan darat GoWiPe (Golem - Wizard - Pekka) yang bisa dipakai mulai TH 8. Sampai TH 9, strategi ters...
Desain Layout Base Clash Of Clans Town Hall 9 Setelah lama berkutat di town hall 8, beberapa minggu lalu saya akhirnya mengetok town hall (TH) saya untuk naik ke TH 9. Dengan demikian, maka bertam...
Tips Mencari Resource Dalam Game Clash Of Clans Kemarin kan saya sudah bikin postingan tentang tips bermain Clash Of Clans untuk pemula. Berikutnya adalah kita akan berbagi tips dan trik tentang res...
Tips Main Clash of Clans : Cara Mendapatkan Loot B... Main game Clash of Clans itu memang salah satu point terpentingnya adalah melakukan looting, atau nge-raid. Tujuannya ya sudah pasti untuk mendapatkan...

33 Comments

  1. Pat
  2. COC
  3. Rizky
  4. Ari tobing
  5. Daffa
  6. Auburn
  7. nitafr
    • iKurniawan
  8. Anonym
  9. jual gems clash of clans
  10. jual gems coc
    • jual gems clash of clans
      • Rizky Hidayatullah
  11. gems clash of clans
  12. raden
    • iKurniawan

Leave a Reply

badge