Clash Royale, Tips Dan Cara Bermain Untuk Pemula

Setelah betah berlama-lama dengan game Clash of Clans yang cukup sukses, SuperCell akhirnya meluncurkan game terbaru mereka. Game yang diberi nama Clash Royale ini sudah beberapa bulan lalu mulai dipromosikan di beberapa media. Setelah selama beberapa waktu hanya tersedia di beberapa negara sebagai ‘tester’, sekarang akhirnya kita bisa menikmati game ini.

Menurut saya, kalau dilihat-lihat game terbaru Supercell seperti menunjukkan kalau mereka kurang percaya diri untuk membuat game baru, sehingga mereka mengambil dasar ide dari game Clash of Clans. Padahal konsep live-battle cards game ini adalah game yang punya pangsa pasar luas. Dari jaman YuGi-Oh waktu saya masih baru lulus SMA. Tapi ini cuma pendapat pribadi saja. Keputusan mengambil tokoh-tokoh game Clash of Clans juga membantu gamers untuk lebih cepat beradaptasi dengan game baru Supercell ini.

Tips dan cara bermain game Clash Royale

Cara Bermain Game Clash Royale

Kalau menurut pendapat pribadi saya sih, game Clash Royale itu basic-nya cards battle game. Kalau dulu sih jamannya main game Yugi-Oh, mungkin kurang lebih seperti itu. Hanya saja, konsep tersebut digabungkan dengan konsep game Clash of Clans. Bingung kan? Sama sih…

Sederhananya, kita akan memiliki set kartu dengan berbagai karakter, spell atau building (bangunan). Nah, dari masing-masing karakter yang ada di kartu akan punya kemampuan yang beda-beda. Misalnya, Giant punya bodi yang kokoh, kuat tapi jalannya lambat. Archer jalannya agak cepet, serangannya pakai panah (range) tapi darahnya tipis. Yah, karakternya mirip-mirip sama tokoh di CoC gitu deh.

Selanjutnya, kita akan mencari lawan dan memulai battle. Bedanya dengan CoC, battle yang berlangsung sama-sama online atau live lawan musuh yang juga human. Kita Kemudian memilih kartu yang ada di deck kita untuk diletakkan di arena perang. Arenanya sendiri terdiri dari 6 buah tower, dimana masing-masing akan melindungi 3 tower. Kemudian, tokoh kartu itu akan hidup dan memulai serangan untuk menghancurkan tower lawan. Tapi, lawan kita juga akan melakukan hal yang sama. Baik itu meletakkan kartu untuk menahan serangan kita, atau justru meletakkan kartu untuk menyerang lebih dulu. Siapa yang lebih banyak menghancurkan tower lawan, atau menghancurkan tower tengah lebih dahulu, maka dialah pemenangnya!

Eh, kalau begitu kan kita tinggal cepet-cepetan taroh kartu aja sebanyak mungkin?
Eits enggak segampang itu. Setiap kartu punya nilai elixir. Sehingga untuk bisa meletakkan kartu karakter, kita harus memperhatikan ketersediaan elixir kita. Resource elixir akan terus bertambah setiap detiknya, dan maksimal kita bisa punya hanya 10 elixir. Jadi kita benar-benar dituntut untuk memperhatikan strategi gitu.

Kurang lebihnya, konsep game Clash Royale ya seperti itu. Selebihnya ada beberapa hal yang sama dengan CoC. Seperti kita bisa bergabung dengan Clan dan melakukan donate atau request.

Tips Bermain Clash Royale Untuk Pemula

Jujur saja, postingan ini saya buat setelah saya bermain game Clash Royale sekitar satu minggu. Jadi level dan pengalaman saya belum terlalu banyak juga. Masih newbie. Tapi saya akan coba untuk berbagi beberapa tips yang mungkin bisa dicoba.

#1 Kumpulkan Gold Sebanyak Mungkin
Gold di game ini cukup berperan penting dan lumayan susah didapat. Kita akan butuh gold untuk melakukan pembelian kartu dan upgrade level kartu. Semakin tinggi level, tentu semakin tinggi pula harganya. Untuk mengumpulkan gold, bisa dilakukan dengan cara buka berbagai chest atau juga melakukan donate di clan.

#2 Pergunakan Gems Dengan Bijak
Sama seperti CoC, game Clash Royale juga ada gemsnya yang menjadi item mahal dan susah didapatkan. Gems bisa dipakai untuk mempercepat proses pembukaan chest atau beli barang-barang premium gitu deh. Tapi karena kelasnya premium tadi dan susah didapat, jadi cobalah lebih bijak untuk pakai gemsnya. Kalau saya pribadi sih, gems dipakai untuk beli Magical Chest aja. Hehehe..

#3 Main Santai Di Arena Bawah Ajah!
Arena itu kalau di CoC mungkin bisa dibilang sebagai ‘league’, karena didasarkan pada jumlah trophy. Ketika kita naik level arena, maka akan naik pula level lawannya. Kalau kita masih berada di level rendah dengan kartu yang juga belum sip banget, kita bakal sering kalah. Efeknya, kita susah dapat kartu dan memperoleh chest. Sehingga, kartu-kartu dan gold kita akan sulit bertambah!

#4 Upgrade Kartu? Pilih-Pilih Bro!
Untuk upgrade kartu, maka kita harus mengumpulkan kartu yang sama dan juga sejumlah gold. Semakin tinggi levelnya, maka semakin banyak kartunya dan semakin tinggi juga nilai gold yang dibutuhkan. Jadi, kalau enggak penting dan jarang dipakai, kayaknya enggak perlu semua kartu diupgrade. Cukup upgrade kartu yang sering dipakai saja. Kecuali kalau kamu lagi kebanyakan gold gitu deh!

#5 Gabung Clan Donk
Nah ini mungkin tips terakhir untuk saat ini yah. Clan memegang peranan penting untuk kemudahan kamu memperoleh gold, experience untuk naik level dan memperoleh bantuan kartu kuat dengan cara request. Jadi lebih cepat gabung clan, lebih baik. Dan pilih pula clan yang aktif ya bro!

Sementara, ini dulu tips bermain game Clash Royale dari www.iKurniawan.com. Nanti kalau ada pengalaman dan tips baru, saya akan coba update lagi. Kalau kamu punya tips atau cerita tentang game yang satu ini, yuk tulis di kolom komentar!

Related Articles

1 thought on “Clash Royale, Tips Dan Cara Bermain Untuk Pemula”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *