Kuliner Surabaya: Special Belut Fresh, Manyar

Kuliner Surabaya kali ini saya mau ngerekomendasiin salah satu tempat makan favorit di daerah Manyar, yaitu Special Belut Fresh. Saya dan teman-teman sendiri menyebut nama tempat makan ini cuma Belut Fresh gitu saja. Dan sedikit info, kuliner belut Surabaya memang cukup ramai. Diantaranya mungkin ada Spesial Belut Surabaya dan Belut Khas Surabaya. Dari tiga nama itu, cuma Belut Khas Surabaya yang belum pernah saya coba.

Tempat Kuliner Belut di Surabaya

Warung makan Special Belut Fresh ini terletak di Jalan Manyar No.79. Kalau dari arah Menur Pumpungan atau Manyar Ketoarjo, lokasinya ada di sebelah kiri sekitar 50 meter sebelum lampu merah Terminal Bratang. Hati-hati kalau lewat sini. Ramainya mobil yang parkir serta rapatnya bangunan toko dan tempat makan membuat saya sering sekali kebablasan. Apalagi ukuran bangunanya yang tidak besar-besar amat dan plang nama tempat makan yang kurang eye catching sepertinya.

Menu yang ditawarkan di rumah makan Belut Fresh ini cukup beragam dan enggak cuma belut saja. Ada juga ikan lele dan ayam. Untuk belut sendiri, bisa dipesan dengan menu belut goreng yang bisa dipesan basah – medium atau kering, belut selir kobong, saus inggris, belut goreng tanpa tulang atau juga belut asam manis. Untuk yang menu tanpa saus, saya sudah pernah coba semua. Rasanya enak-enak. Tapi favorit saya adalah belut selir kobong.

Kuliner Belut Fresh Surabaya

Menu belut selir kobong ini sendiri saya kurang tahu artinya. Mungkin bahasa atau masakan khas jawa timur. Tapi dari penampilannya, sepertinya belut ditumis sebentar dengan bumbu-bumbu tertentu. Sekilas sih lidah saya seperti mencicipi ada sedikit rasa tauco ketika mengecapnya. Tapi enggak tahu juga apakah memang tauco, atau ada resep lainnya. Dan dagingnya tebal-tebal. Sangat mudah memakannya tanpa harus ribet sama tulangnya!

Kalau ke tempat makan yang menunya goreng-gorengan seperti ini, biasanya mereka sangat mengandalkan rasa sambel yang disajikan bersama menu makanan. Yups, yang namanya ikan goreng, ayam goreng dan lainnya terkadang memang agak sulit menciptakan sesuatu yang sangat wah dan berbeda. Tapi, kalau sambel yang disajikan punya ciri khas dan cita rasa yang sedap, dijamin pengunjung rajin balik lagi. Contohnya ya di Special Belut Fresh ini. Sambal yang disajikan pedasnya benar-benar nikmat. Ada rasa asam tomat dan sedikit rasa manis yang tidak berlebihan. Sangat pas buat selera saya yang memang doyan sambel.

Harga Makanan Belut Fresh Surabaya

Nah, untuk yang sedang cari referensi kuliner di Surabaya, cobain deh kuliner Spesial Belut Fresh Surabaya ini. Menu yang ditawarkan cukup sedap dengan harga yang relatif terjangkau. Satu porsi belut kobong dengan nasi putih dan air mineral kemasan 600ml bisa ditebus dengan 26 ribu rupiah saja. Saya kurang pasti soal jam bukanya. Tapi saya sering makan siang di sini dan makan malam paling telat jam 9 malam, tempat ini masih ramai saja kok!

Kuliner Surabaya Lainnya :


Tulisan Lainnya

Mencicipi Minum Kopi Kekinian Di EL’S Coffee... El's Coffee - Meski bukan penikmat kopi sejati, atau kalau bahasa teman saya itu pecinta kopi, tapi saya adalah orang yang dapat memilih mana kopi yan...
Kuliner Bandar Lampung: Sate Padang Sidi, Kampung ... Makanan khas dari daerah tertentu memang selalu memiliki cita rasa kedaerahan dar rasa yang bikin kangen. Meski saya bukan berasal dari daerah Padang,...
23 Jam Di Kota Makassar: Pisang Epe, Coto Makassar... Setelah berkunjung ke Bali beberapa waktu lalu, kali ini saya berkesempatan untuk berkunjung ke Kota Makassar. Kota yang merupakan ibukota Propinsi Su...
Kuliner Surabaya – Bebek Palupi Rungkut Review Kuliner - Kemarin saya pernah menuliskan warung makan khas kuliner bebek yang baru membuka cabangnya di Bandar Lampung. Memang ada banyak refer...

Leave a Reply