PartnershipTips & Trick

Ramadhan Ekstra : Berburu Kebutuhan Ramadhan dan Lebaran

Enggak kerasa beberapa hari sudah mau masuk Bulan Ramadhan, bulan dimana kita bakal sebulan penuh bersemangat untuk berpuasa. Dan seperti momen memasuki Bulan Ramadhan sebelumnya, saya selalu menyiapkan diri untuk menyusun apa saja aktivitas yang bakal saya kerjain supaya Ramadhan kali ini menjadi Ramadhan Ekstra buat saya, yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Ngabuburit BUlan Ramadhan di Kota Tua Jakarta
Ngabuburit di Kota Tua seru kali yak?

Yang pertama, berburu tempat ngabuburit di sekitar kantor atau kos-kosan. Kalau biasanya sepulang kantor saya dan teman-teman seringkali mencari coffee shop untuk ngopi-ngopi syantik, di Bulan Ramadhan ini jelas kegiatan ini harus diistirahatkan dulu. Mencari tempat ngabuburit yang ramai dan penuh kegiatan positif sambil menunggu waktu berbuka puasa jelas jadi prioritas utama.

Dari survey pendahuluan sih, sepertinya Lapangan Banteng yang baru selesai direnovasi bakal jadi opsi yang menarik. Hunting foto aktivitas ngabuburit disini pasti menyenangkan. Dari Lapangan Banteng, lanjut ke Masjid Istiqlal atau masjid di kantor untuk berbuka bersama. Uhuk….maklum anak kos. Selain cari teman berbuka, ya sekalian cari makanan berbuka gratisan gitu. Dan terkadang, sekalian juga ikut membantu menyiapkan takjil dan makanan berbuka di masjid kantor. Seru!

Kedua, menyiapkan stok makanan dan camilan sehat. Letak kos-kosan saya memang sangat dekat dengan kantor, tapi masalahnya juga sangat jauh dari warung nasi. Jadi kalau enggak mau terancam bangun sahur kesiangan dan tidak punya stok makanan sahur, ada baiknya menyiapkan bahan makanan sehat sendiri. Biasanya sih saya menyiapkan bahan untuk masak spagheti, oatmeal, kacang-kacangan, susu dan dry fruit.

Terakhir, berburu oleh-oleh mudik lebaran untuk keluarga. Kalau ini sih kebanyakan baju lebaran, sarung, mukena dan kebutuhan berlebaran lainnya. Kadang kalau ada titipan dari Ibunda, sekalian beli toples-toples lucu gitu buat nyimpen kue.

Nah, khusus untuk dua kegiatan terakhir itu, meski judulnya belanja, saya paling jarang belanja ke minimarket atau mall gitu. Perasaan saya sih, kalau menjelang Ramadhan gini, banyak orang yang berfikir sama seperti saya. Butuh untuk belanja ini itu, jadilah mall rame dan padet. Antri di kasirnya itu loh bikin males.

Tips Belanja Online Hemat Selama Bulan Ramadhan di Tokopedia

Untuk mensiasati keramaian dan antrian yang banyak itu, saya lebih suka untuk belanja online saja. Selain lebih mudah, kalau kamu mau cermat, kamu bisa belanja kebutuhan Ramadhan dengan lebih hemat di Tokopedia. Nah, berikut ini beberapa tips buat kamu untuk belanja online hemat kebutuhan bulan Ramadan Ekstra di Tokopedia :

Tips Belanja Online Murah Ramadhan Tokopedia

  1. Bandingkan harga setiap toko online di Tokopedia
    Sebagai sebuah e-commerce yang terpercaya, Tokopedia memiliki banyak toko online berkualitas yang menawarkan variasi harga beragam untuk produk yang sama. Jadi untuk mendapatkan harga yang terbaik (baca : paling murah), kita bisa membandingkan harga yang ditawarkan masing-masing toko. Mau lebih mudah? Tinggal manfaatkan fitur sort atau urutkan, mulai dari yang paling murah!
  2. Pilih produk berkualitas dari kreator lokal
    Untuk membuat Ramadhan Ekstra, tidak ada salahnya pula untuk membantu mengangkat hasil kreasi dari para kreator lokal. Eits, produk dari kreator lokal yang ada di Tokopedia memiliki kualitas yang tidak kalah bersaing dengan barang-barang branded, tapi tentu saja bisa didapat dengan harga yang lebih miring!
  3. Cari toko online terdekat dengan lokasi kamu
    Setelah kamu mendapatkan barang incaran kamu dengan harga yang terbaik, jangan lupa juga untuk memperhitungkan masalah ongkos kirim. Meskipun murah tapi kalau jaraknya jauh pake banget, bisa saja akhirnya kamu justru bayar lebih mahal. Pilih toko yang punya jarak terdekat dari lokasi kamu. Kalau memang butuh barang itu dengan cepat, pilih yang satu kota dan memiliki pilihan pengiriman same day service!
    Anyway, sedikit tips tambahan nih. Untuk menghemat ongkos kirim saat belanja online, cobalah berbelanja dari satu toko untuk beberapa jenis barang. Misalkan mau beli oatmeal dan dry fruit, cari toko yang menyediakan kedua barang tersebut. Jadi, barang kamu bakal dikirim dalam satu paket. Ya tentunya dengan memperhitungkan akumulasi berat dari barang-barang itu tadi.
  4. Pilih metode pengiriman paling efisien
    Dalam melakukan pengiriman barang yang kamu beli, Tokopedia memberikan beberapa alternatif pengiriman, mulai dari pengiriman secara konvensional hingga kurir instan melalui jasa transportasi online. Dalam memilih metode pengiriman ini, kita dapat membandingkan biaya ongkos kirim terbaik diantara metode pengiriman yang ada untuk menghemat belanja online kita. Selain itu, metode pengiriman juga menentukan berapa lama kira-kira barang itu bakal sampai di tangan kamu nantinya.
  5. Pilih cara pembayaran yang tepat
    Salah satu kemudahan berbelanja online di Tokopedia adalah dalam hal cara pembayaran. Berbagai metode pembayaran dapat kamu gunakan, mulai dari Saldo Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, cicilan, hingga pembayaran melalui minimarket. Memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi keuangan tentu dapat menghemat pengeluaran saat berbelanja online.
  6. Manfaatkan promo dan diskon
    Nah, ini dia tips yang paling gampang untuk bisa belanja online hemat di Tokopedia. Untuk yang belum tahu, Tokopedia sering mengadakan promo-promo belanja online yang bisa menghemat pengeluaran kita saat belanja online. Dan di Bulan Ramadhan ini, Tokopedia bakal menggelar rangkaian promo untuk membuat Ramadhan kali ini makin Ekstra.
    Enggak cukup disitu aja, supaya makin lebih Ekstra, kabarnya Tokopedia sudah menyiapkan kejutan rahasia di tanggal 25 Mei 2018 nanti untuk membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra lagi. Kebayang dong bakal ada festival belanja online Black Friday ala Tokopedia gitu?

Nah, tips belanja online hemat di Tokopedia yang sudah saya tuliskan itu bisa kamu coba untuk merasakan Ramadhan Ekstra di Tokopedia. Kalau saya sendiri sih sudah menyiapkan barang-barang incaran untuk Ramadhan dan Lebaran di Wishlist akun Tokopedia saya. Sembari berandai-andai, ada kejutan apa ya di Ramadhan Ekstra Tokopedia kali ini. Apalagi di tanggal 25 Mei 2018 nanti. Duh…..siapin tabungan buat jajan dulu ah!

iKurniawan

Menulis pengalaman tentang jalan-jalan, makan-makan dan bersantai mereview gadget sambil menikmati secangkir kopi. Senang bercerita santai dalam tulisan di iKurniawan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker