Mengurus Buku Tabungan Bank Mandiri Yang Hilang

Buku tabungan Bank Mandiri saya hilang. Udah, gitu aja openingnya. Sebenernya udah lama sih ilangnya, sekitar 4 tahunan yang lalu. Tapi karena rekening ini memang cuma sekedar numpang lewat dan untuk kebutuhan bayar kartu kredit saja, jadi enggak begitu saya perdulikan. Transaksi-transaksi juga cuma lewat internet banking saja. Yups, saya juga enggak punya kartu ATM untuk rekening Bank Mandiri ini.

Karena sekarang saya mau mulai belajar menabung lagi, maka saya membutuhkan rekening khusus untuk tabungan. Daripada buka rekening baru, saya pikir lebih baik untuk menggunakan rekening bank yang sudah ada. Karenanya kemudian saya memutuskan untuk mengurus buku rekening Bank Mandiri saya yang sudah bertahun-tahun ini hilang. Toh saya pikir mengurus buku bank hilang ini enggak sulit-sulit amat. Yang dibutuhkan cuma KTP dan surat keterangan hilang dari kepolisian. Btw, jangan lupa baca tips belajar menabung ala iKurniawan yah.

Mengurus Surat Laporan Kehilangan di Kantor Polisi

Bikin Surat Keterangan Hilang Dari Kepolisian
Untuk langkah pertama, saya harus mengurus surat laporan kehilangan buku tabungan ini di Kantor Polisi. Yups, apapun alasannya, kalau buku rekening bank kamu hilang, maka kamu harus wajib kudu bikin laporan ke Kantor Polisi dulu. Tanpa surat keterangan dari Kepolisian, pihak bank enggak akan mau mengganti buku bank kamu. Kecuali kalau buku bank kamu robek, rusak dan kamu masih menyimpan bagian depan buku rekening yang ada data diri rekening kamu.

Karena saya berkantor di daerah Sawah Besar, maka saya mendatangi Kantor Polisi Sektor Sawah Besar yang terletak di Jalan Wahidin Raya. Agak was-was juga sih. Maaf sebelumnya, tapi pengalaman sebelumnya ketika Istri kejambretan, bikin surat kehilangan ini ternyata masih diminta ‘donasi’ juga. Untuk itu saya sudah menyiapkan sejumlah uang di kantong, berjaga-jaga saja kalau ada permintaan donasi juga.

Saat bikin laporan kehilangan ini, saya ditanya data diri, KTP, barang apa saja yang hilang dan nomor rekening bank bersangkutan. Enggak butuh waktu lama, surat keterangan kehilangan itu akhirnya jadi. Dan karena di ruang laporan itu, ada tulisan ‘Kami tidak menerima imbalan apapun atas jasa layanan yang kami berikan’, maka saya enggak perlu mengeluarkan donasi satu rupiah pun. Mantap deh Pak Polisi di Polsek Sawah Besar!

Datang Ke Kantor Bank Mandiri Cabang Terdekat
Di sekitar kantor saya, ada dua cabang Bank Mandiri yang beroperasi. Saya kurang memperhatikan apakah Kantor Cabang, Cabang Pembantu atau Operasional Kas, yang penting adalah itu merupakan kantor Bank Mandiri saja. Saya memutuskan untuk memilih kantor yang terdekat saja.

Karena kantor Bank Mandiri yang saya datangi ini menempel dengan salah Badan Keuangan milik pemerintah, nasabah yang datang rupanya relatif sedikit. Saya enggak perlu antri lama untuk ke Customer Service.

Untuk mengurus buku bank yang hilang, dalam hal ini Bank Mandiri, maka CS yang bertugas akan meminta tanda pengenal, kartu ATM dan surat keterangan laporan kehilangan yang sudah dibuat tadi. Karena ATM saya tidak ada, maka saya hanya menyerahkan kartu identitas dan juga surat laporan kehilangan yang sudah dibuat. Nantinya, petugas CS Bank Mandiri akan mencocokkan data kita, keterangan kita serta data yang mereka miliki.

Mengurus Buku Rekning Bank Mandiri Hilang

Kantor Bank Mandiri Pembuat Rekening Berbeda
Sedikit masalah adalah karena rekening Bank Mandiri saya dibuat di cabang Bank Mandiri Bandar Lampung. Jadi, Bank Mandiri yang saya datangi tidak bisa langsung mencetak buku rekening bank saya. Petugas CS itu harus mengirimkan permohonan pencetakan buku bank saya yang baru ke bank asal terlebih dahulu. Jika disetujui, barulah buku saya bisa dicetak disitu. Kalau enggak, ya dengan terpaksa saya harus ke kantor Bank Mandiri asal di Bandar Lampung.

Beberapa jam kemudian, saya ditelepon oleh CS Bank Mandiri Bandar Lampung untuk konfirmasi perihal permohonan pencetakan Buku Rekening Bank Mandiri saya yang baru. Setelah sedikit pencocokan data, maka permohonan saya disetujui. Enggak lama, saya kembali di telepon dari CS Bank Mandiri yang saya datangi. Dia menginformasikan kalau permohonan pencetakan Buku Bank Mandiri saya sudah disetujui dan dapat segera diambil.

Sore harinya, saya kembali ke Kantor Cabang Bank Mandiri untuk mengambil Buku Bank Mandiri saya yang baru. Ternyata mengurus buku bank yang hilang enggak terlalu ribet dan lama kok. Karena kebetulan rekening saya beda cabang saja yang membuatnya sedikit lama. Dan sekarang, saya sudah mendapatkan kembali Buku Bank Mandiri saya. Tinggal mengurus ATM baru saja nih! ~ iKurniawan.com


Tulisan Lainnya

Warna Favorit Punya Makna Tersendiri, Apa Iya? Setiap orang pasti punya warna favorit, begitu juga saya. Tapi rasanya berbeda dengan kebanyakan orang, warna favorit saya kok agak berubah-ubah ya. W...
Mendaki Semeru, Pagi Di Ranukumbolo Mahameru, mungkin nama puncak tertinggi di Pulau Jawa itu belakangan sering kita dengar. Bisa dibilang, film 5 cm menunjukkan sebuah efek yang cukup d...
Mengagumi Honda CB Retro Ada beberapa rekan saya yang bilang kalau saya punya 'keanehan' dalam selera. Entah itu selera berpakaian, berpenampilan, bahkan mungkin selera makan....
Happy Birthday To You Hampir semua orang merasakan kalau hari ulang tahun mereka adalah sebuah hari yang spesial. Hari dimana secara matematis, usia kita bertambah. Kenapa ...

Leave a Reply