Membentuk Kecerdasan Anak Dengan Musik

Musik dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak, mungkin hal itu sudah sering kita dengar. Dan karena alasan itu juga, saya meski tidak secara langsung mencoba untuk memperkenalkan anak saya pada dunia musik sejak awal. Tidak perlu langsung diberi bimbingan khusus atau ikut kursus musik, cuma memperkenalkan saja tentang musik.

Pernah ada sebuah penelitian di London yang melibatkan sekitar 4500 orang anak dengan usia 7 hingga 10 tahun. Semua anak ini diperdengarkan musik klasik secara rutin selama 6 hari. Musik yang diperdengarkan juga awalnya hanya instrumen sederhana, namun semakin hari musik yang diperdengarkan semakin kompleks. Hasilnya adalah adanya peningkatan daya konsentrasi otak anak serta kemampuan pendengaran yang lebih baik.

musik kecerdasan otak anak

Dari penelitian serupa yang juga dilakukan di London, anak yang secara rutin terlibat di lingkungan musik, entah bermain musik, bernyanyi atau mendengarkan, ternyata memiliki sifat suka menolong jauh lebih baik jika dibandingkan anak yang tidak terlibat dengan musik. Hasil penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa anak yang bermain musik ternyata memiliki kemampuan memecahkan masalah lebih baik jika dibandingkan anak yang tidak bermain musik.

Selain mendengarkan dan mengenal musik, mengajarkan anak bermain alat musik juga memberikan efek positif terhadap perkembangan motorik anak. Dari penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience, anak yang belajar memainkan musik, khususnya musik klasik, memiliki sensor motorik yang baik. Manfaat yang diperoleh juga terus dirasakan meski anak-anak tersebut sudah beranjak dewasa dan tidak meneruskan bermain musik lagi.

Pengaruh Jenis Musik Terhadap Anak

Jaman saya kecil dulu, anak-anak disuguhkan dengan lagu bergenre anak-anak. Liriknya juga bercerita tentang hal yang mudah dipahami oleh anak kecil. Namun sekarang hal ini cukup jarang kita temukan, yang ada justru anak-anak cenderung menyanyikan lagu orang dewasa. Malah tak sedikit juga lagu dengan lirik vulgar. Pengaruhkah dengan perkembangan anak?

Soal ini saya juga belum menemukan penelitian yang memberikan hasil pasti. Tapi beberapa artikel menyebutkan, menurut para psikolog jenis musik dapat mengarahkan sifat dan pola pikir anak. Apalagi untuk lagu yang liriknya agak menjurus ke dewasa, karena pola pikir anak yang serba ingin tahu akan mencoba menerjemahkan arti lagu itu dengan caranya sendiri. Hal ini yang akan membentuk pola pikir anak saat telah dewasa nanti.

Tulisan Lainnya

Kue Keju Renyah Untuk Latih Gigi Anak Mengunyah Waktu si kecil berusia hampir satu tahun dan giginya mulai tumbuh, istri saya mulai rajin untuk mencari artikel dan informasi tentang melatih anak men...
Mendidik Anak Tanpa Menggunakan Kata “JANGAN... Balita, khususnya ketika ia baru dapat bereksplorasi secara bebas itu menjadi momen yang sangat penting. Masa ini adalah masa dimana anak memiliki ras...
Memilih Mainan Untuk Si Kecil Punya anak kecil itu berarti kita harus belajar banyak memahami keinginan dan kesukaan mereka. Karena apa yang kita tunjukkan dan kita berikan, secara...
Membuat Donat Bersama Anak Di Dunkin’ Donuts... Sudah satu atau dua bulan belakangan ini, BabyQueen punya aktifitas baru di akhir minggu. Dia jadi rajin ikut kelas bermain dan belajar Little Nuri, B...

Leave a Reply

badge