Brain Food, Makanan Untuk Bantu Kecerdasan Anak

Kecerdasan anak ternyata dapat dipengaruhi oleh makanan yang ia konsumsi. Selain dikarenakan asupan gizi yang anak terima haruslah dalam kategori yang baik, ternyata beberapa jenis makanan terbukti dapat membantu pembentukan sel otak, memperbaiki fungsi otak serta meningkatkan daya ingat. Lalu apa saja jenis makanan untuk anak yang juga dijuluki “Brain Food” ini?

makanan baik untuk perkembangan otak anak

Makanan Untuk Otak Anak

Ikan Salmon
Daging ikan salmon memang sudah terbukti mengadung lemak Omega 3 serta DHA yang membantu pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Meski banyak juga jenis ikan yang mengandung Omega 3 atau DHA, namun belum ada yang dapat menandingi kandungan yang dimiliki oleh salmon.

Kuning Telur
Telur adalah salah satu makanan yang dijadikan sebagai sumber asupan protein yang baik untuk tubuh. Selain itu, kuning telur ternyata mengandung kolin, zat yang mampu meningkatkan daya ingat pada otak.

Gandum
Gandum adalah makanan yang kaya akan glukosa yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, gandum juga dapat menjadi sumber vitamin B yang bermanfaat untuk kesehatan sistem saraf.

Berry
Buah berry seperti strawberry atau blueberry ternyata mengandung anti oksidan serta vitain C tinggi yang dipercaya dapat mencegah kanker. Semakin pekat warna berry, maka semakin banyak pula nutrisi yang dikandungnya.

Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan adalah salah satu sumber untuk asupan protein dan karbohidrat kompleks serta kaya akan serat. Berdasarkan penelitian para ahli, kabarnya kacang tanah memiliki kandungan Omega 3 yang cukup tinggi yang penting bagi pertumbuhan otak.

Daging Sapi Tanpa Lemak
Zat besi adalah mineral yang sangat penting untuk menjaga energi serta konsentrasi anak di sekolah. Untuk memberikan asupan zat besi yang cukup, anda dapat memberikan daging sepi tanpa lemak untuk anak anda. Selain zat besi, daging sapi tanpa lemak juga mengandung mineral seng untuk membantu menjaga dan meningkatkan daya ingat anak.

Selain makanan-makanan yang disebutkan, maka jangan lupa juga untuk memberikan sayuran berwarna bagi anak anda. Karena sayuran memang sudah terbukti untuk memberikan asupan nutrisi dan anti oksidan yang dapat membuat sel otak menjadi lebih kuat dan sehat.

Semoga bermanfaat.

Disadur dari berbagai sumber
🙂

Related Articles

1 thought on “Brain Food, Makanan Untuk Bantu Kecerdasan Anak”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *