Bongkar Kotak: USB WiFi Adapter TP-LINK TL-WN722N + Short Review

Internet sekarang ini rasanya sudah menjadi kebutuhan yang bisa dibilang penting. Apalagi untuk yang punya hobi ngeblog (blogger ala-ala) dan rutin akses berbagai akun sosial media seperti saya. Kalau enggak ada internet yang selalu tersedia dan bisa diakses kapan saja, plus unlimited, itu rasanya ibarat makan nasi rendang pake sumpit. Enggak puas blas!

Berhubung mulai pertengahan Maret 2016 ini saya sementara akan tinggal di Jakarta, maka saya harus mencari kos baru lagi. Syarat kos sudah bisa ditebak, dekat dengan kantor, aman, murah, bebas banjir dan ada internetnya. Syukurnya semua kriteria itu terpenuhi di kos saya yang sekarang ini. Kecuali di bagian murahnya itu tadi ya. Hanya saja masalahnya, di kamar saya yang serba tertutup ini ternyata sinyal WiFi yang bisa ditangkap laptop terbilang lemah. Cuma 1 bar saja. Jadi praktis koneksi terasa lambat, download kurang maksimal dan terkadang koneksi putus pas lagi asik-asik internetan.

Dengan masalah tersebut, maka saya coba untuk cari solusi yang paling cepat, praktis dan mudah. Menarik kabel LAN dari router jelas saya coret karena ribet dan bikin makin berantakan. Beli antena baru untuk dipasang di WiFi router sempat terpikirkan, tapi karena banyak yang bilang kurang signifikan maka saya coret juga. Terfikir untuk pasang repeater, tapi ini juga kabarnya menurunkan kualitas signal yang ‘dipanjangkan’ itu. Jalan terakhir, beli USB WiFi receiver atau adapter untuk laptop!

Review Harga TP Link TL-WN722N

Setelah browsing kesana-kesini, saya dapat rekomendasi dari teman untuk memilih USB WiFi Adapter dengan merk TP-Link tipe TL-WN722N. Alasannya sederhana, ukurannya yang kecil dan compact, ada antenanya dan harganya yang masih berada di angka 100 ribuan (cek harga). Dengan alasan tersebut, maka saya segera membeli di salah satu toko online dengan metode CoD. Dan karena ada teman yang juga butuh, jadinya saya langsung beli 2 unit!

Bongkar Kotak: TP-Link TL-WN722N USB WiFi Adapter

Untuk produk dengan harga 100 ribu rupiah, saya merasa kalau kemasan TP-Link TL-WN722N ini terbilang wah. Kotak luar penuh dengan gambar, keterangan dan spesifikasi produk, sampai nomor kontak technical support dari TP-Link juga ada. Beda banget dengan waktu saya beli flashdisk OTG yang juga 100 ribuan. Yah, mungkin karena USB Wifi Adapter juga punya kelengkapan yang lebih banyak. Begitu kotak kardusnya dibuka, ternyata di bagian dalam terdapat kardus lagi yang lebih kokoh. Wah, kalau gini dijamin produk di dalam terlindungi dengan baik deh!

Untuk isi paket penjualan juga ternyata cukup banyak dan lengkap. Terdapat 1 unit USB WiFi Adapter TL-WN722N yang dikemas dalam busa padat, 1 notes manual guide / instalation guide, 1 notes technical guides, 1 CD Driver dan 1 kabel USB yang panjangnya mungkin sekitar 1 meter. Untuk produknya sendiri, saya suka dengan bentuk, built quality dan juga impresi dari TP-Link TL-WN722N ini. Kesannya seperti barang mahal dan canggih. Apalagi dengan antenanya itu tadi!

Mini Review: TP-Link TL-WN722N USB WiFi Adapter

Setelah dua hari pemakaian, jujur saya merasa sangat puas dengan kinerja USB WiFi Adapter ini. Meski awalnya ternyata tetap menangkap 1 bar sinyal saja, tapi qualitas koneksinya jauh lebih baik. Internetan lebih stabil dan kecepatan download lebih kenceng juga. Belakangan, sinyal yang tertangkap menjadi 2 bar. Mungkin komponen-komponennya sudah mulai ‘panas’ dan bisa bekerja dengan lebih optimal.

Oh iya, saat awal instalasi saya memang sempat was-was karena pada box tertulis kalau product ini sudah support untuk digunakan hingga OS Windows 8.1. Padahal saya sendiri menggunakan OS Windows 10 terbaru. Mencoba untuk mencari drivernya ke situs resmi TP-Link, tetap belum ada update driver dari mereka. Untungnya Windows 10 lagi-lagi menunjukkan kemampuannya dalam hal easy to use. Tanpa harus repot-repot menggunakan CD driver atau download driver, Windows 10 langsung melakukan instalasi driver dan USB WiFi Adapter langsung siap untuk digunakan!

Conclusion: Dengan harga hanya 100 ribuan, buat saya produk TP-Link TL-WN722N ini sangat memuaskan. Produknya keren, instalasi mudah dan bisa bekerja dengan sangat baik. Ditambah lagi, produk ini mendukung untuk kegiatan sedikit ‘nakal-nakalan’. Tapi itu kata teman saya, masih belum sempat saya coba. Kapan-kapan deh!

Tulisan Lainnya

Tips Merawat Dan Menggunakan Laptop Agar Lebih Awe... Untuk seorang mahasiswa, blogger, internet marketer dan berbagai profesi lainnya, laptop adalah sebuah alat yang sangat penting. Apalagi kalau seperti...
Review Penggunaan Xiaomi Mi Band Indonesia Setelah sekitar satu minggu menggunakan Xiaomi Mi Band, akhirnya saya memutuskan untuk membuat review Mi Band ini. Agak lama juga dari sejak saya beli...
Review Pemakaian LG V20 Indonesia, Kamera dan Soun... Setelah pemakaian selama kurang lebih 3 tahun, akhirnya saya memutuskan untuk mengganti hape harian Oneplus One dan Sony Xperia SP yang selama ini say...
Belajar Merakit Komputer Gaming Sendiri Kamu pernah merakit komputer sendiri? Saya belum pernah. Sampai beberapa waktu lalu saya memutuskan untuk merakit komputer baru dikarenakan laptop yan...

No Responses

Leave a Reply

badge