Mencoba Update OS Windows 10 Terbaru

Beberapa waktu lalu, saya pernah cerita kalau akhirnya saya memasang jaringan internet untuk kamar kos saya. Alasannya, internet dengan media tethering hape bikin jebol kantong dan baterai ponsel. Dan keputusan saya ini enggak salah-salah amat. Internet yang cepat jadi memudahkan saya untuk banyak hal. Internetan, forum, youtube, download film, cari bahan skripsi dan tentu saja update-update software dan anti virus.

Sebelumnya, Windows yang saya gunakan adalah versi Windows 7 original. Bukan sombong, tapi saya dapat versi original ini karena ini disediakan kampus yang bekerja sama dengan Microsoft. Nah, dalam update terakhir saya mendapatkan notifikasi untuk melakukan download Windows 10 terbaru. Menariknya, di notifikasi tersebut juga diberitahukan kalau upgrade ini juga gratis. Cihuy!!!

Download Windows 10 Pro Gratis

Awalnya agak ragu juga mau langsung upgrade ke Windows 10. Belajar dari pengalaman Windows 8 kemarin, rasanya banyak komplain tentang bugs, lelet atau lainnya. Namun setelah mencari-cari informasi dan membaca-baca review, akhirnya saya memutuskan untuk mendownload dan langsung melakukan upgrade Windows 10 terbaru.

Untuk proses download, update yang ada berukuran cukup besar sekitar 3 GB. Setelah proses download selesai, maka saya diminta untuk melakukan restart. Dalam proses restart tersebut, sistem secara otomatis melakukan instalasi dan setting Windows 10 ini. Waktu instalasi sedikit memakan waktu yang cukup lama. Tapi proses ini bisa ditinggal saja, tanpa harus ditungguin.

Selesai instalasi, Windows 10 Pro Edition 64 bit sudah berjalan dengan normal di laptop kesayangan saya. Rasanya cukup puas dengan tampilan ataupun kinerja Windows ini, terasa jauh lebih baik dari Windows 7 yang saya gunakan sebelumnya.

Review Singkat Windows 10 Terbaru

Tampilan Lebih Menarik
Impresi pertama tentu dari tampilannya. Dibanding Windows 7 yang saya gunakan dan Windows 8 yang teman saya gunakan, jujur saja Windows 10 memiliki tampilan yang lebih menarik. Tampilannya seperti menggabungkan apa yang orang sukai di kedua versi Windows tersebut. Contohnya saja kembalinya Start Menu yang hilang di Windows 8.

Ini Adalah Upgrade!
Hal yang cukup menyenangkan tentang upgrade ini adalah bahwa Windows 10 hasil download ini ternyata hanya melakukan upgrade dari sistem yang sudah kita gunakan. Semua aplikasi yang sudah diinstal dan semua file yang sudah tersimpan di My Documents aman-aman saja. Jadi, saya enggak perlu repot-repot menginstall aplikasi baru. Tapi demi keamanan, ada baiknya untuk melakukan back up file-file kamu.

Fitur Menarik
Selama 3 atau 4 tahun terakhir ini, saya selalu menggunakan Windows 7 dan enggak pernah melakukan upgrade. Dan di Windows 10 ini, rupanya ada fitur-fitur yang buat saya baru dan terasa cukup menarik. Diantaranya Microsoft Menu, Task View, Mirosoft App Store. Yang paling seru sih sepertinya fitur Cortana yang berfungsi seperti asisten pribadi di komputer. Bahkan di negara dengan bahasa yang sudah didukung, Cortana ini kabarnya bisa berfungsi seperti Siri pada iPhone.

Browser Terbaru : Microsoft Edge
Nah, beberapa waktu lalu sempat heboh dengan pernyataan Microsoft yang menghapus dan menghentikan pengembangan Internet Explorer. Dan sebagai tindak lanjut, rupanya Microsoft sudah menyiapkan browser baru yang bernama Microsoft Edge. Meski dibilang baru, tapi logonya sepertinya tidak ada perubahan dan masih menggunakan logo huruf E yang fenomenal itu.

Review Microsoft Edge Windows 10

Tampilan awal browser Microsoft Edge

Sedikit review tentang Microsoft Edge. Jujur saja tampilannya kali ini lebih bersih dan TERASA lebih ringan. Jelas lebih ringan dari Google Chrome yang fenomenal itu, dan sedikit lebih ringan dari Firefox. Beberapa fitur juga ada di browser Edge ini, seperti fitur share halaman yang kita baca, mode read atau baca, dan juga membuat note atau catatan kecil dari setiap halaman yang kita buka. TAPI, waktu saya mencoba membuat post blog, ada saat di mana apa yang saya ketikkan terlambat muncul di dashboard. Hmmm…

Overall, untuk update Windows 10 gratisan yang saya peroleh rasanya mungkin saya cukup puas dan tidak ada niat untuk downgrade lagi ke versi Windows 7. Menurut saya versi kali ini lebih ringan, interaktif dan modelnya menggabungkan apa yang biasa kita gunakan dengan tampilan lebih menarik. Enggak sia-sia deh menghabiskan kuota sekitar 3 GB untuk upgrade Windows ini. Mantap!

Related Articles

1 thought on “Mencoba Update OS Windows 10 Terbaru”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *