Tips Membuat Postingan Blog Lebih SEO Friendly

Untuk blogger yang sudah jago atau berpengalaman, mungkin sudah enggak asing dengan yang namanya SEO. Karena saya masih awam, jadi masih belajar juga sedikit-demi sedikit. Nah untuk yang masih bingung dengan apa itu SEO, itu adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Sederhananya, SEO adalah cara yang dapat kita lakukan untuk membuat blog atau postingan kita lebih friendly terhadap mesin pencari seperti Google, Yahoo dan kawan-kawannya.

Masalahnya, meski terdengar sederhana tapi SEO tidak sesederhana yang terlihat. Khususnya untuk mesin pencari Google. Algoritma dari mesin pencari nomor satu di dunia tersebut selalu berkembang dan berinovasi, sehingga metode SEO juga menjadi abu-abu. Saya lupa di mana saya menyimpan filenya, tapi saya pernah mendapatkan file pdf tentang tips SEO mudah dari pdf yang dibuat oleh Google sendiri. Nah, sekarang saya akan mencoba menuliskan beberapa tips yang masih saya ingat tersebut.

Tips Cara SEO Mudah Blogger dan WordPress

Tips SEO Mudah Untuk Blogger dan WordPress

Penempatan Keyword Dengan Tepat
Dari setiap postingan yang kita buat, tentu ada kata kunci atau keyword yang kita bidik. Nah untuk membuat postingan kita menarik di mata mesin pencari, kita harus dapat menempatkan keyword tersebut di posisi yang tepat. Untuk blogger yang berpengalaman, mereka sangat menyarankan peletakkan keyword pada nama domain. Misalkan anda membuat blog tentang rumah, maka domainnya diberi nama rumahsaya.com atau tentangrumah.com.

Namun untuk blog gado-gado atau personal seperti iKurniawan.com ini tentu hal itu sudah gugur. Namun bukan berarti saya tidak bisa membuat postingan dengan SEO di dalamnya. Cara lain adalah dengan menggunakan judul postingan yang menempatkan keyword di dalamnya. Misalkan saya mau membuat postingan tentang rumah minimalis, bisa saja saya beri judul: Ide Desain Rumah Minimalis. Dengan cara ini, kita juga sudah memenuhi syarat tambahan lainnya yaitu menempatkan keyword pada post url. Karena url postingan saya tentu akan kurang lebih menjadi: ikurniawan.com/ide-rumah-minimalis-dua-lantai.

Gunakan Title, Heading, Subheadings dan Deskripsi
Saat membuat postingan, usahakan untuk meletakkan satu kata kunci pada title dan juga subheadings. Dan usahakan juga untuk menempatkan kata kunci yang berbeda-beda pada masing-masing bagian. Kalau bahasa para expert tadi, pakai keyword turunan atau long-tail keyword. Misalkan pada title atau heading saya membuat judulnya: Ide Desain Rumah Minimalis, maka pada subheadings (atau mungkin h2) saya akan menggunakan: Ide Desain Rumah Minimalis Dua Lantai.

Optimasikan Gambar Pada Postingan
Kalau postingan yang kita buat juga tercantum gambar pendukung, maka pastikan untuk menempatkan keyword pada nama gambar dan juga “alt tag” pada gambar tersebut. Dari segi pencarian oleh mesin pencari, ketika ada yang mencari: gambar rumah minimalis, maka gambar dengan nama file rumah-minimalis.jpeg atau rumah-minimalis-keren.jpeg akan lebih mudah muncul dibandingkan dsc_0069.jpeg.

Selain itu, gunakan pula alt tag yang sesuai pada properties gambar. Biasanya untuk blog dengan platform blogger atau wordpress, anda dapat menemukan kolom alt name untuk diisi saat memasukkan gambar ke dalam postingan. Untuk alt tag sendiri, supaya enggak bingung samakan saja dengan nama gambar kita.

Link Dalam Postingan
Seringkali kita menempatkan link dalam postingan kita untuk mendukung isi dari tulisan. Hal itu tidak ada salahnya, justru sangat baik. Hanya saja pastikan link yang kita masukkan tersebut adalah link yang baik dan terpercaya. Penggunaan link keluar yang baik adalah yang menuju situs-situs dengan reputasi baik di mata mesin pencari. Contohnya mungkin Wikipedia, YouTube atau media sosial seperti Facebook dan Instagram. Intinya sih situs dengan reputasi baik atau mungkin authority site yang baik. Hindari memberi link ke situs-situs terlarang yang dibenci mesin pencari atau Google. Tak perlu saya sebutkan jenisnya, saya rasa kita sama-sama paham saja.

Selain itu, jangan lupa pula untuk menempatkan link ke postingan anda lainnya yang memiliki tema serupa. Misal anda memiliki postingan A, postingan B dan postingan C yang sama-sama membahas tentang rumah. Maka ‘selipkan’ satu link ke postingan A dan atau postingan C dalam postingan B yang sedang anda buat. Jangan lupa gunakan pula kata kunci yang sesuai dengan postingan A atau C tersebut.

Nah, itu beberapa tips membuat postingan blog yang lebih SEO friendly agar lebih baik di mata mesin pencari. Tapi dari semua itu, yang paling penting tentu saja artikel yang berkualitas, unik dan bukan hasil copas. Memang sih saya belum ekspert, tapi postingan ini saya buat agar kita sama-sama belajar saja. Semoga bermanfaat ya!

Tulisan Lainnya

Akhirnya Beli WordPress Premium Themes Untuk Blog Isi atau konten postingan memang bisa dibilang sebagai hal paling penting dari sebuah blog. Sebagus apapun tampilan log, tapi kalau postingannya cum...
Beberapa Plugin Penting Untuk Blog WordPress Salah satu keunggulan dari blog dengan platform wordpress self-hosting adalah kebebasan kita dalam menginstall plugin-plugin yang kita butuhkan. Hal i...
Cara Membeli Hosting di HawkHost Membeli hosting terbaik, atau lebih tepatnya menyewa jasa penyedia jasa hosting terbaik tentu menjadi pilihan untuk blogger yang ingin memiliki layana...
Akhirnya Pindah Hosting Ke Dracoola (Lagi) Untuk blogger yang memakai wordpress self-hosting, atau CMS WordPress, pasti sudah sangat dekat dengan moment cari-sewa-perpanjang hostingan. Kalau un...

3 Comments

Leave a Reply