Beberapa Plugin Penting Untuk Blog WordPress

Salah satu keunggulan dari blog dengan platform wordpress self-hosting adalah kebebasan kita dalam menginstall plugin-plugin yang kita butuhkan. Hal ini pula yang menjadi alasan saya lebih memilih wordpress dibandingkan dengan blogger. Plugin itu sendiri bisa berfungsi untuk menambah fitur, fungsionalitas blog, ataus sekedar mempercantik tampilan blog kita.

Ada banyak jenis plugin yang bisa kita pilih tergantung kebutuhan. Dari setiap fungsi plugin, ada banyak pula pilihan yang berbeda. Contohnya saja untuk kebutuhan SEO blog, ada AIO SEO dan Yoast. Keduanya memiliki fungsi yang sama, hanya saja nama dan pengembangnya berbeda.

Untuk itu, berikut ini beberapa plugin penting yang bisa kita pilih untuk blog. Mungkin ini bukan plugin wordpress terbaik yang ada di kelasnya, tapi plugin-plugin ini adalah yang paling sering saya gunakan pada blog dengan platform wordpress.

Pilihan Plugin Blog WordPress Terbaik

Plugin WordPress Terbaik Untuk SEO Blog

All In One SEO Pack dan WordPress SEO by Yoast: fungsi dari kedua plugins ini kurang lebih sama, yaitu untuk membantu memberikan title dan deskripsi pada blog dan juga pada postingan. Tujuannya untuk membantu agar blog kita nantinya lebih ramah dengan mesin pencari. Saya sendiri lebih sering menggunakan all in one SEO pack (AIO SEO). Baca juga postingan tentang : Tips SEO Mudah Untuk Blog

Google XML Sitemap: salah satu unsur blog yang baik adalah memiliki sitemap. Untuk yang kurang paham cara membuat sitemap, seperti saya, akan lebih mudah menggunakan plugins yang satu ini. Ada banyak pilihan plugin untuk membuat sitemap pada wordpress. Tapi plugin ini tetap menjadi pilihan saya.

W3 Total Cache atau WP Super Cache: saya mengenal plugin ini baru sekitar satu bulanan saja. Tidak semua fitur pada plugin ini saya pakai, hanya pada bagian minify saja. Plugin ini sejatinya digunakan untuk mempercepat loading blog agar tidak terlalu berat sehingga keburu ditinggal pergi oleh pengunjung.

SEO Friendly Images: Untuk yang blognya sering diisi dengan gambar-gambar, maka plugin ini juga terbilang cukup penting. Fungsinya adalah untuk memberikan nama gambar serta alt tag agar gambar pada blog kita memiliki kata kunci yang sesuai. Sehingga gambar tersebut bisa dilirik oleh mesin pencari.

EWWW Image Optimizer dan WP Smush It: Fungsi dari kedua plugin ini sama saja, yaitu mengoptimalisasi ukuran gambar agar tidak memberatkan loading blog dan juga enggak menuh-menuhin hostingan. Saya sendiri memilih EWWW Image Optimizer karena entah kenapa yang WP Smush It enggak bisa saya gunakan.

SEO ALRP: Plugin ini buatan orang Indonesia yang bernama Purwadi Kurniawan. Salah satu plugin terbaik untuk menampilkan related post dan juga auto internal links. Tapi saya cuma menggunakan fitur auto related post saja, karena plugin ini menampilkan postingan terkait dengan melihat isi dari postingan yang kita buat.

Plugin WordPress Untuk Menambah Fungsi dan Fitur Blog

Contact Form 7: plugin penting untuk membuat halaman contact form atau contact us. Jika ada pengunjung blog yang ingin mengirim kamu email, dia cukup mengisi form yang dihasilkan plugin ini. Nantinya, email tersebut akan diteruskan plugin ini ke email yang kamu inginkan dan tentu sudah disetting sebelumnya.

Akismet: Untuk yang blognya sering dikunjungi spammer, memakai fitur ini benar-benar membantu sekali. Akismet akan secara otomatis menghapus komentar spam yang masuk atau dicurigai sebagai spam.

SEO Facebook Comments: Kalau mau artikel postingan kamu menjadi viral saat ada yang menaruh komentar, pakai plugin ini tentu sangat membantu. Jadi setiap ada pengunjung yang berkomentar di postingan anda, maka link postingan kita akan muncul di wall facebook orang tersebut dan dilihat oleh teman-temannya.

Revive Old Post: kalau plugin ini saya baru tahu sekitar semingguan saja dari blogger RedCarra.com. Fungsinya untuk men-share postingan-postingan kita yang sudah lama ke sosial media. Jadi postingan lama tersebut tetap ada pengunjung yang datang saja.

Itu dia beberapa plugin penting untuk blog wordpress saya. Mungkin masih banyak plugin lain yang bisa digunakan tergantung kita butuhnya apa. Kalau kamu, apa plugin wordpress andalanmu?

Tulisan Lainnya

Cara Membeli Hosting di HawkHost Membeli hosting terbaik, atau lebih tepatnya menyewa jasa penyedia jasa hosting terbaik tentu menjadi pilihan untuk blogger yang ingin memiliki layana...
Akhirnya Pindah Hosting Ke Dracoola (Lagi) Untuk blogger yang memakai wordpress self-hosting, atau CMS WordPress, pasti sudah sangat dekat dengan moment cari-sewa-perpanjang hostingan. Kalau un...
Akhirnya Beli WordPress Premium Themes Untuk Blog Isi atau konten postingan memang bisa dibilang sebagai hal paling penting dari sebuah blog. Sebagus apapun tampilan log, tapi kalau postingannya cum...
Tips Membuat Postingan Blog Lebih SEO Friendly Untuk blogger yang sudah jago atau berpengalaman, mungkin sudah enggak asing dengan yang namanya SEO. Karena saya masih awam, jadi masih belajar juga ...

3 Comments

Leave a Reply

badge