Cara Mencari Keyword Yang Banyak Dicari Di Google

Tips Blogger : Kata sesepuh-sesepuh blogger, dalam dunia blog dikenal dengan istilah “content is a king”. Artinya adalah artikel atau postingan yang kita buat adalah raja, kunci, penentu apakah blog kita akan bisa mendapatkan pengunjung atau tidak. Dari artikel tersebut, kemudian pengunjung akan datang entah dari mesin pencari Google, atau juga dari tautan yang kita sebarkan di media sosial atau saat blogwalking.

Tapi menurut saya pribadi, enggak sembarang artikel yang bisa mendatangkan pengunjung ke blog kita. Khususnya pengunjung yang datang melalui mesin pencari seperti Google itu. Untuk mendapatkan pengunjung, artikel kita haruslah memiliki tema yang dicari oleh orang lain. Atau dengan kata lain, artikel kita harus memuat bahasan dan kata kunci yang sering dicari pengguna internet di Google. Atau istilahnya “keyword”.

Keyword atau kata kunci ini sendiri mungkin ada banyak istilah dan turunan-turunannya. Contohnya yang sering saya dengar adalah istilah seperti general keyword, niche keyword, micro-niche keyword, long tail keyword dan lainnya. Tapi intinya tetap sama, kata kunci yang membuat artikel kita muncul di halaman pencarian Google saat seseorang melakukan pencarian atas kata kunci tersebut!

Cara mencari keyword untuk blog

Keyword Yang Baik Itu Yang Bagaimana?

Keyword yang baik tentu ada banyak preferensinya, tergantung orang dan kebutuhannya masing-masing. Bisa saja keyword itu yang banyak dicari, bisa yang pesaingnya sedikit atau juga yang Cost Per Click (CPC) nya besar. Yang terakhir ini biasanya keyword untuk pemain Google Adsense.

Tapi kalau saya sendiri, keyword yang baik itu punya beberapa kriteria.

Pertama, keyword itu harus sesuai dengan kemampuan dan bahasan yang saya paham. Jadi bermodal keyword tersebut, saya jadi tahu mau menulis apa dan arahnya kemana. Walau prakteknya tulisan masih kurang jelas, ngalor-ngidul kemana-mana, tapi paling enggak ini adalah awalnya.

Kedua, keyword tersebut banyak dicari di Google. Suka atau enggak, Google adalah mesin pencari nomor satu di mata pengguna internet Indonesia. Jadi untuk mendapatkan pengunjung blog dari Google, saya harus memilih keyword yang memang banyak dicari di Google.

Ketiga, …….enggak ada. Sepertinya cuma modal dua itu saja saya memilih keyword. Soal pesaing banyak atau sedikit, mudah untuk muncul di halaman satu Google atau tidak, itu urusan nanti buat saya. Yang penting, kita sudah dapat keyword yang baik dulu. Karena keyword merupakan salah satu hal terpenting untuk membuat postingan blog yang SEO friendly!

Bagaimana Cara Mencari Keyword Yang Tepat?

Ada beberapa cara untuk mencari keyword yang tepat. Mulai dari yang gratisan, sampai yang kelas premium dengan tools berbayar. Karena saya ngeblog santai saja, maka saya menggunakan cara yang paling umum, gampang dan gratisan.

Mencari Keyword Blog Dengan Google Keyword Tools

#1 Google AdWords Keyword Planner
Google sebenarnya sudah menyediakan tools untuk membantu kita mencari keyword yang banyak dicari di Google. Namanya adalah Google AdWords Keyword Planner atau sering juga disebut Google Keyword Tool.

Cara menggunakannya juga mudah. Kamu tinggal masuk ke halaman Google Keyword Tool dengan akun gmail. Selanjutnya, pilih menu Tools > Keyword Planner.

Cara Menggunakan Google Keyword Planner

Kemudian pada bagian “Search for new keywords blablabla…” kamu klik. Maka akan muncul kolom pencarian keyword yang kita inginkan. Ketikkan tema blog yang ingin kita cari keywordnya. Selanjutnya klik Get Ideas. Dan kamu akan mendapatkan puluhan atau bahkan ratusan keyword yang bisa kamu pakai untuk dijadikan artikel blog.

Hasil Keyword Terbaik Untuk Blog

#2 Google Search Suggestion
Terkadang, keyword yang kita dapat dari cara #1 di atas belum cukup untuk membuat artikel. Alasannya, keyword yang kita ambil dalam satu artikel biasanya hanya satu saja. Makanya, kita membutuhkan tambahan keyword yang serupa, atau disebut juga keyword turunan.

Kalau saya sendiri, mencari keyword turunan lagi-lagi dengan cara yang gratisan. Yaitu dengan menggunakan hasil dari Google Search Suggestion. Caranya mudah saja. Misalkan saya memlih keyword “Cara memutihkan Wajah”. Maka masukkan keyword tersebut ke mesin pencari Google. Dan kamu akan dapat beberapa saran dari google terkait keyword yang kamu masukkan.

Keyword Suggestion Hasil Pencarian Google

Selain itu, kamu juga bisa scrolling ke bagian bawah dari halaman hasil pencarian tadi. Di bagian ini juga terdapat beberapa keyword yang cukup sering dicari orang di Google. Nah tinggal comot dan gunakan beberapa keyword tersebut dalam satu artikel.

Sepertinya segitu aja tips dan cara yang biasa saya lakukan untuk mencari keyword yang tepat dan banyak dicari di Google. Maaf kalau agak acak-acakan dan kurang jelas. Kalau ada yang salah, kurang tepat, atau mau diskusi, yuk tulis di kolom komentar.


Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *