Tips Membeli Mobil Retro Corolla DX

Beberapa waktu lalu, ada salah satu pengunjung blog saya yang secara khusus menanyakan sedikit tentang mobil Corolla DX. Sebetulnya pertanyaan tersebut agak-agak tricky juga. Kebetulan saya bukanlah seorang pemain retro sejati, apalagi yang sudah selevel suhu-suhu di komunitas itu. Saya main Corolla DX karena kebetulan dari dulu kepingin mobil itu, dan sanggupnya juga cuma mobil tua. Hehehe..

Anyway, meski demikian saya mau sedikit berbagi tips memilih mobil Corolla DX yang mungkin bisa dipakai. Tips ini saya dapat dari teman-teman di Kaskus dulu yang dipadukan dengan pelajari yang saya alami langsung setelah membeli mobil Corolla DX ini. Dan semoga bermanfaat untuk teman-teman yang sedang berminat untuk meminang mobil retro yang sepertinya makin ramai diminati ini!

Tips Memilih Mobil Corolla DX

Siapkan Batasan Budget
Sama seperti memilih mobil lainnya, budget harus diletakkan pada prioritas pertama. Hal ini untuk membatasi pengeluaran kamu nanti ke depannya. Sejujurnya, mobil retro seperti Corolla DX ini enggak punya ‘harga pasar’. Semua benar-benar serba tergantung. Tergantung kondisinya, tergantung sejarah yang punya, sampai tergantung tipenya. Rentangnya mungkin kisaran antara belasan juta hingga 100 juta++. Yang satu itu, mungkin masuk level rare, seperti DX Coupe, Wagon atau 2 pintu!

Nah, orang yang beli mobil retro seperti Corolla DX ini juga punya kemauan yang beda-beda. Ada yang mau langsung tinggal pakai saja, ada yang cari sudah full restorasi kondisi mulus, ada yang maunya nanti rubah sedikit-sedikit, dan ada juga yang mau cari bahan saja untuk di restorasi sendiri. Semua itu, sangat mempengaruhi harga juga nantinya. Dan ingat, berapapun budget yang kamu punya maka pastikan kamu sudah menyisihkan dana untuk perbaikan juga!

Restorasi, Body atau Mesin?
Kalau kamu dapatnya mobil yang dalam kondisi full restorasi, seharusnya kamu enggak akan keluar duit lagi untuk perbaikan. Kalau sekedar perawatan sih, normal-normal saja. Tapi kalau kamu memiliki budget yang terbatas, maka sebisa mungkin pilihlah mobil dengan kondisi bagian-bagian body yang berkondisi baik. Cek semua panel-panel, sudut body mobil, nat yang masih menyatu dan lain-lain. Lebih bagus kalau body masih ‘ngaleng’. Jangan lupa lihat apakah sasis mobil masih lurus atau jangan-jangan sudah ‘miring’.

Untuk mesin sendiri, Corolla DX mengusung mesin Toyota 4K yang terbilang ‘murah’ spareparts dan masih berebaran di pasar. Perbaikan mesin yang berkondisi normal seharusnya tidak akan memakan banyak biaya. Kecuali kamu mau benar-benar merestorasi total mesin dan mengganti jeroannya. Apalagi kalau kamu berniat mengganti mesinnya dengan mesin yang lebih muda, maka sebisa mungkin pilih body berkondisi top. Jadi kamu tidak perlu keluar uang lagi untuk restorasi body. Dari pengalaman saya, benerin body total lebih mahal dari benerin mesin!

Kelistrikan
Meski enggak terlihat, tapi kelistrikan ini adalah hal yang vital dan fatal. Maka dari itu, cek dan pastikan kelistrikan mobil yang kamu incar dalam kondisi sehat, normal dan baik. Kalaupun ternyata kabel-kabel kurang rapih, asalkan masih ‘terbaca’ enggak masalah. Beberapa orang masih mempertahankan kabel-kabel mobil berusia 30 tahunan ini. Enggak masalah kalau memang terurus dengan baik. Tapi ada juga yang asal pasang kabel colong sana-sini. Akibatnya, jalur kelistrikan sudah mirip usus ayam ditumpuk-tumpuk. Sampai mau benerin lampu saja enggak tahu jalurnya lari kemana!

Kaki-Kaki DX
Mobil Corolla DX usianya sudah berkisar 30 tahunan. Jadi wajar kalau kaki-kaki sudah cukup lelah. Cek shockbreker, per, tie rod, ball joint dan sebagainya. Maaf enggak expert. Intinya sih, sebisa mungkin pastikan kaki kondisi sehat. Kalaupun perlu perbaikan, bukan perbaikan yang fatal dan membutuhkan biaya besar. Kalau saya pribadi, ganti tie rod atau joint sih enggak terlalu masalah. Lah kalau sudah harus ganti rumah shock atau as roda? Sudah carinya susah, biaya juga besar.

Tips Memilih Mobil Corolla DX

Printilan Aksesoris Itu Penting!
Meski terdengar sepele, tapi lama-kelamaan kamu akan sadar kalau ‘printilan’ aksesoris di Corolla DX ini cukup penting sebagai pemanis. Contohnya saja emblem tulisan Toyota Corolla DX di bagasi, list body mould, list chrome talang air dan juga pelipit pintu. Belum lagi kalau mau langsung pakai, perhatikan velg yang digunakan apakah sudah cocok atau perlu ganti velg lagi dan sebagainya. Sedikit info saja, jangan pikir barang yang saya sebutkan itu murah ya. Kecuali kamu enggak perduli dengan tampilan manis ala ori-looks, ya gak masalah sih di skip juga. Hehehe.

Fitur Yang Dimau
Ini sih sifatnya personal dan selera masing-masing. Kalau saya, asalkan mobil berkondisi sehat, body normal, mesin lancar, tidak overheat dan ada AC sudah cukup. Tapi beberapa orang juga ada yang cari mobil yang sudah dipasang multimedia, power steering dan aksesoris terbaru seperti power window atau juga central lock. Sekali lagi, ini selera saja kok.

Ajak Teman dan Test Drive!
Nah, apapun mobil bekas yang mau kamu beli, tips ini sepertinya harus dilakukan. Kalau kamu kurang paham mobil, maka ajak teman yang punya pengalaman soal mesin dan kondisi mobil bekas. Enggak harus pengalaman mobil retro, montir bengkel juga bisa tahu kok kondisi mesin mobil dengan melihat dan mencobanya. Dari situ, kamu bisa tahu estimasi kerusakan atau perbaikan yang harus dilakukan nantinya.

Kelengkapan Surat-Menyurat
Mobil tua juga harus punya surat-surat donk. Cek semua kelengkapan surat-surat yang ada dan ketertibannya sama pajak. Karena itu semua juga akan berpindah tangan ke kamu, dan kamu yang akan bayar itu nantinya. Cek kesesuaian STNK dan BPKB dengan nomor mesin dan rangka mobilnya. Kalau memang mobil dalam kondisi mesin baru atau sudah diganti, minta juga mesin lama karena tetap diperlukan untuk bayar pajak nantinya.

Terakhir, dimanapun kamu beli mobil itu dan dengan siapapun orangnya, bisnis adalah bisnis. Cek kondisi mobil hingga mendetail. Enggak perlu malu untuk tiarap di bawah mobil demi melihat sasis, atau ajak ke bengkel untuk minta di periksa. No heart feelings, tapi jangan langsung percaya kalau ada yang nawarin dengan kalimat “mobil rawatan ini, anak eks komunitas blablabla”. Bisnis is bisnis bro, kecuali orangnya benar-benar kamu percayai!

Nah itu beberapa tips kalau kamu mau beli mobil sedan retro Corolla DX. Mungkin tips ini juga bisa kalau mau beli mobil retro jenis lainnya. Kata orang-orang, jangan main retro kalau enggak mau mahal. Tapi buat saya, kalau mau sabar bisa kok dapat ‘murah’. Semoga bermanfaat dan semoga kamu semua juga bisa dapetin mobil retro sesuai yang kamu mau. Because we are #RetroAndProud!


Tulisan Lainnya

Modifikasi Swap Engine Mobil Retro Corolla DX Bagi pemilik mobil tua, mungkin masalah usia mesin adalah hal yang paling krusial. Kebanyakan para pemilik mobil retro seperti Corolla DX atau yang la...
Belajar Mengemudi Mobil Matic Bagi Pemula Saya bisa mengemudikan mobil, meski mungkin saya tidak akan menambahkan kata 'dengan baik dan benar'. Tapi setidaknya, sejak tahun 2009 lalu saya suda...
Memilih Air Radiator Coolant, Untuk Mesin Lebih Di... Radiator merupakan bagian penting dari sistem pendinginan yang digunakan pada mesin mobil. Air dari radiator akan mengalir memasuki sistem pendinginan...
Mobil Sedan Bergaya Retro Paling Diminati Mobil tua atau banyak juga yang bilang mobil retro mungkin tidak banyak kita lihat berada di jalan raya. Wajar saja, jika dibandingkan dengan fitur da...

No Responses

Leave a Reply