Tips Lari Pagi dan Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Lari adalah salah satu olahraga yang paling murah dan mudah untuk dilakukan. Selain itu, lari juga terbukti memiliki manfaat untuk tubuh, khususnya jantung. Dengan alasan tersebut, maka saya sekitar setahun yang lalu memulai untuk rutin lari pagi sekitar 2 atau 3 kali dalam seminggu. Iya, saya khawatir ketika usia saya bertambah, kondisi tubuh saya cepat menurun. Jadi lebih baik menjaga dari sekarang kan?

Ketika baru akan memulai hobi olahraga lari pagi ini, semua terasa berat. Jangankan untuk memulai berlari, untuk bangun tidur lebih awal saja rasanya sangat malas. Padahal perlengkapan lari sudah disiapkan dari malam sebelumnya, tapi tetap saja godaan peraduan itu berat banget untuk dilawan. Makanya, sampai sekarang ini rutinitas lari pagi saya masih bolong-bolong. Kadang dilakuin, kadang ya enggak juga.

Padahal manfaat lari pagi itu besar banget, antara lain nih yang saya baca :

Membuat Jantung dan Pernafasan Lebih Kuat
Yups, lari adalah salah satu olahraga yang sangat direkomendasikan untuk memperoleh jantung dan pernafasan yang lebih kuat. Berlari akan membuat jantung bekerja lebih cepat memompa darah ke seluruh tubuh. Dengan demikian, tubuh akan terasa lebih bugar, dan jantung makin terbiasa bekerja lebih keras.

Lari Pagi Lebih Efektif Menurunkan Berat Badan
Nah, untuk yang mau menurunkan berat badan, maka lari pagi ini salah satu tips paling baik selain diet. Ketika kita bangun tidur, maka perut dalam kondisi yang kosong. Jadi, jika kita berlari dalam kondisi perut kosong ini, tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi. Meski begitu, ada baiknya kalau mau lari, perut jangan terlalu kosong. Coba diisi dengan segelas air putih, pisang, atau protein bar untuk penambah tenaga.

tips lari pagi sehatkan jantung

Selain dua manfaat diatas, masih banyak lagi manfaat yang kita dapat dengan rutin lari pagi. Maka dari itu, saya selalu berusaha untuk membuang rasa malas dan mencoba untuk bersemangat rutin lari. Ada beberapa tips lari pagi yang saya baca, dan berhasil saya praktekkan untuk membuang rasa malas lari itu tadi. Sekarang saya coba membagi tipsnya dengan rekan semua, dan semoga bermanfaat.

Persiapkan Perlengkapan Pendukung Lari Sejak Awal
Lari itu adalah olahraga yang membutuhkan perlengkapan sangat sedikit, cukup baju – celana dan sepatu lari. Tapi buat saya, perlengkapan itu masih harus ditambah dengan iPod atau pemutar musik dan sebotol air minum. Agar kita enggak males lari karena harus mencari-cari perlengkapan-perlengkapan tersebut, maka siapkan semuanya sehari sebelum weekend atau saat kita akan lari. Jadi, ketika pagi kita bangun, tinggal sikat gigi, pakai perlengkapan dan berangkat!

Pilih Rute Yang Menyenangkan
Rute lari kadang sangat menentukan semangat seseorang. Maka dari itu, pilihlah rute yang paling menarik dan menyenangkan. Untuk yang satu ini, tiap orang punya kriteria yang berbeda-beda. Ada yang suka lari di lintasan stadion, ada yang suka lari mengitari perumahan, atau ada juga jogging track yang memang sudah disediakan. Yah kalau memang kamu butuh semangat lebih, cari lokasi yang banyak cewek/cowok olahraga. Jadi sambil lari, kamu juga bisa cuci mata
๐Ÿ˜€

Cari Partner Berlari
Lari sendiri kadang bisa ngebosenin, apalagi kalau track yang kamu pilih sepi dari aktifitas orang lain. Jadi enggak ada yang lari selain kamu, sepedahan juga nihil, apalagi senam pagi. Kalau ada temen, kamu jadi ada partner untuk ngilangin bosen. Dan gak jarang, lari bareng temen juga bisa bikin ‘kompetisi’ kecil untuk menambah semangat kamu.

Ehm, secara pribadi sih saya lebih suka lari sendiri sambil denger musik. Lari bareng temen buat saya belum bisa, karena saya belum sanggup ikut ritme mereka yang udah terbiasa lari 5k apalagi yang full marathon
๐Ÿ˜€

tips sehat lari pagi

Bikin Target Pencapaian
Nah kalau yang ini sih opsional aja, buat motivasi kamu biar semangat. Misalnya saya, target saya adalah dalam setahun, saya harus sudah bisa lari non-stop 5km dalam waktu tempuh 30menit. Waktu pertama saya lari, saya cuma sanggup 2,2km dalam waktu 16 menit. Dan terakhir saya lari beberapa waktu yang lalu, capaian saya sudah 3.1km dalam waktu 22 menit. Enggak banyak berubah mungkin, tapi buat saya itu prestasi!

Nah, itu dia beberapa tips lari pagi, serta manfaat yang bisa kita dapetin. Semoga bermanfaat, dan tetap semangat olahraga ya!

Related Articles

4 thoughts on “Tips Lari Pagi dan Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh”

  1. tipsnya bagus jadi membuat kita pengen berlari, hehe. Hm.. mungkin kalau dari saya ada pengalaman. Kalau cari partner lari bagusnya 2-3 orang saja karena kalau banyak jadinya nanti kebanyakan ngobrol, larinya jadi malas. Pengalaman pribadi soalnya hehehe. Makasi yaa tipsnya

  2. wah blognya mas Kurniawan keren. Memang lari sangat penting buat kesehatan juga buat kesegaran tubuh. apalagi dengan era sekarang yang serba instan. jarang ada yang mau lari. daripada lari mending pakai sepedah / lainnya yang lebih cepat ๐Ÿ™‚ . Saya kemarin juga menulis diblog tentang saudaranya lari yaitu jalan. Yang ternyata dengan jalan dapat memperpanjang umur mas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *