Kenali Jenis Kaki Sebelum Memilih dan Membeli Sepatu

Sebelum saya memiliki hobi lari pagi dulu, saya tidak pernah tahu kalau kaki manusia itu ternyata ada tipe – tipenya. Saya kira, yang namanya kaki ya sama saja. Ternyata bentuk telapak kaki itu tidak sama dan ada nama tipe kaki tersebut. Dan tipe atau jenis kaki ini sangat mempengaruhi kita yang sedang memilih sepatu olahraga, khususnya sepatu lari.

Pada dasarnya jenis kaki kita itu dapat dibedakan menjadi 3 tipe. Ketiga tipe tersebut dapat dilihat dari kemampuan kaki kita untuk menjejak atau menapak saat berjalan. Ketiga jenis tipe kaki itu adalah kaki rata atau flat feet, kaki normal atau neutral feet, dan kaki lengkung atau high-arched feet.

jenis dan tipe kaki

Tipe Kaki Rata (Flat Feet)

Tipe kaki flat feet ini dapat terlihat dari jejak kaki yang tidak mempunya lekukan dari ibu jari sampai ke tumit. Jadi seperti melihat bayangan kaki saja, dan kebetulan tipe kaki saya seperti ini. Biasanya orang dengan kaki tipe flat ini memiliki kebiasaan overpronator, yaitu melangkahkan kaki ke arah dalam saat berlari atau berjalan.

Sepatu lari yang cocok untuk orang yang memiliki tipe kaki flat dan overpronator ini adalah sepatu yang didesain untuk memberikan kestabilan lebih. Biasanya, dari beberapa website resmi sepatu olahraga, fitur sepatu untuk flat feet ini dituliskan memiliki spesifikasi ‘stability’ atau ‘motion control’.

sumber : dunialari.com

Tipe Kaki Normal (Neutral / Normal Feet)

Tipe kaki ini adalah tipe kaki yang banyak dimiliki oleh orang, tandanya adalah adanya lengkungan normal yang terbentuk antara jempol kaki dan tumit. Dan biasanya, orang dengan jenis kaki netral tidak punya masalah khusus saat berjalan atau berlari. Dengan demikian, maka jenis kaki ini dapat memilih sepatu dengan tipe apapun. Namun tidak disarankan untuk menggunakan sepatu yang didesain khusus untuk orang flat feet atau ekstrem high-archeed feet.

Tipe Kaki Lengkung (High Archeed Feet)

Cukup mudah untuk tahu jenis tipe kaki high-archeed ini, lihat saja lengkungan yang terbentuk antara ibu jari hingga tumit. Jika lengkungan besar dan menyisakan sedikit garis telapak kaki, atau bahkan membentuk 2 bagian kaki, maka anda tergolong jenis kaki lengkung ini. Orang yang berjenis kaki lengkung biasanya memiliki kebiasaan underpronator, atau berjalan kearah luar.

Sepatu yang cocok untuk orang dengan jenis kaki high-archeed feet adalah sepatu dengan tipe cushioned atau flexible. Sepatu ini biasanya memiliki bantalan yang cukup besar dan empuk untuk meredam hentakan kaki. Atau anda juga bisa merubah inner / sol bagian dalam sepatu anda dengan sol khusus untuk orang bertipe kaki lengkung.


Tulisan Lainnya

Belajar Mencuci Mobil Sendiri, Biar Lebih Hemat Saya adalah tipikal orang yang agak-agak males untuk mengerjakan sesuatu yang ada 'jasa' jualannya. Contohnya ya mencuci mobil ini. Sekarang ini usaha...
Tips Merawat Dan Menggunakan Laptop Agar Lebih Awe... Untuk seorang mahasiswa, blogger, internet marketer dan berbagai profesi lainnya, laptop adalah sebuah alat yang sangat penting. Apalagi kalau seperti...
Tips Memilih Headphone Yang Bagus Sekarang ini, hampir setiap kegiatan kita dilakukan dengan menyambi menikmati hiburan yang ada di komputer, laptop ataupun gadget yang kita bawa. Enta...
Cara Mengetahui Ukuran Sepatu Dengan Mudah Ada banyak cara yang dilakukan orang untuk mengetahui nomor sepatu yang cocok bagi kaki mereka. Salah satunya tentu cara paling favorit, yang juga pal...

Leave a Reply