Memilih Sepatu Untuk Lari

Kemarin, saya dan beberapa orang teman pergi ke toko olahraga untuk mencari sepatu lari. Sebenarnya, saya hanya menemani teman saja yang sedang ingin memulai kebiasaan olahraga lari. Sayang memang, sepertinya dia tidak menemukan apa yang dia cari. Sebenarnya, dia tidak jadi memilih sepatu karena tidak menemukan model yang dia suka.

Tapi untuk yang sedang mencari sepatu lari, model memang cukup penting untuk dipertimbangkan. Karena untuk saya pribadi, menggunakan sepatu yang menurut saya menarik, jadi menambah kepercayaan diri saja. Tapi tidak demikian untuk orang lain, itu hanya soal selera. Hanya saja, ketika kita memilih sepatu untuk berlari, ada baiknya kita memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu.

tips memilih sepatu lari

Tips Memilih Sepatu Lari

Kenali Tempat Dan Lokasi Lari
Ketika kita akan memulai kebiasaan olahraga lari, biasanya kita akan memiliki bayangan lokasi dimana kita akan berlari. Apakah itu track lari seperti stadion, aspal, jalan perumahan atau bahkan yang sedang trend yaitu trail running. Dengan mengetahui medan, maka kita tahu sepatu lari seperti apa yang kita butuhkan.

Hunting dan Coba Sepatu Saat Malam Hari
Saat sore atau malam tiba, kaki kita sudah banyak berjalan sehingga akan membesar dan mencapai titik dimana bentuk kaki telah menopang beban tubuh kita. Dengan demikian, kita dapat mencoba nomor sepatu yang sesuai dengan keadaan kaki kita setelah menempuh jarak lari tertentu. Saat mencoba sepatu lari, jangan lupa pula gunakan kaos kaki tebal atau yang akan kita gunakan saat berlari.

Sesuaikan Bentuk Kaki
Secara garis besar, bentuk kaki manusia ada 3 jenis. Yaitu flat, normal dan high arched. Bentuk kaki akan mempengaruhi kenyamanan saat memilih sepatu yang kita gunakan. Maka dari itu, kenali terlebih dahulu bentuk kaki kita, sehingga kita tahu jenis sepatu seperti apa yang akan kita cari agar lebih nyaman.

Itu adalah beberapa tips dan cara untuk memilih sepatu lari agar nyaman saat kita gunakan. Selain itu, tips lain adalah coba untuk tidak membeli sepatu yang terlalu ngepas. Lebihkan sekitar 1 ruas jari di ujung sepatu agar lebih nyaman.

Semoga bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *