Latihan Kardio Untuk Kecilkan Perut, Hmmm….

Entah paradigma dan turunan darimana, tapi PNS itu identik dengan perut yang gendut. Hmm, saya tidak akan membicarakan soal hal negatif yang sering menyertai kalimat seperti diatas. Logika saya sih sederhana, ketika saya dikantor, hampir 8 jam penuh saya selalu duduk di loket pelayanan dengan aktifitas fisik yang minim. Ya sebatas menerima berkas, memeriksa dan memproses melalui komputer. Benar-benar kurang aktifitas fisik.

Dengan kondisi tersebut, wajar rasanya jika PNS jika tidak disertai kegiatan fisik diluar jam kantor akan membentuk perut menjadi besar dan, ehem…kurang asik. Maka dari itu, ada opsi beberapa olahraga sederhana yang tidak memakan banyak biaya dan waktu untuk mengecilkan perut. Olahraga tersebut termasuk kategori latihan kardio.


latihan untuk mengecilkan perut

Latihan Kardio Untuk Kecilkan Perut

Berjalan Kaki
Mungkin ini latihan kardio paling sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengecilkan perut. Jika jarak ke kantor tidak terlalu jauh, coba untuk berjalan kaki saja ke kantor. Agar lebih efektif, cobalah berjalan dengan langkah yang lebih cepat. Jika takut berkeringat saat tiba di kantor, simpan baju kerja anda dalam tas yang dapat anda bawa untuk dapat ganti di rest room kantor.

Berlari
Sepertinya lari sedang menjadi olah raga yang digemari banyak orang saat ini. Olahraga lari memang efektif untuk membakar kalori dan melatih semua otot tubuh, termasuk otot perut. Lari yang efektif tidak terbatas apakah harus outdoor atau indoor menggunakan treadmill, siang atau malam. Pilih waktu yang paling membuat anda nyaman untuk berlari dan mengeluarkan keringat.

Berenang
Berenang tidak hanya latihan yang membakar kalori, tapi juga melatih otot tubuh dan meningkatkan kekuatan tubuh. Berulang kali saya berenang, saya selalu merasa seperti terkuras tenaga melebihi saya berlari. Tapi berenang bisa dibilang pilihan yang paling menyenangkan setelah berlari. Efektif buat saya untuk mengecilkan perut, menambah stamina dan latihan nafas.

Bersepeda
Jika anda ingin membakar lemak dan kalori, sepeda ternyata juga termasuk latihan kardio yang sangat disarankan. Bisa bersepeda dengan keluar ruangan atau menuju tempat beraktifitas, atau menggunakan sepeda statis. Selain membakar lemak di tubuh ataupun perut, bersepeda juga bermanfaat untuk melatih otot kaki.

Nah, dari sekian banyak latihan yang dianjurkan, mungkin sudah waktunya kita untuk memilih salah satu (atau lebih) agar tubuh lebih fit dan perut menjadi tidak over lagi. Kalau saya, mungkin akan memilih berjalan kaki ke kampus, lari pagi saat libur kuliah, dan berenang ketika ada uang lebih. Kalau kamu lebih suka yang mana?

Related Articles

2 thoughts on “Latihan Kardio Untuk Kecilkan Perut, Hmmm….”

  1. salam kenal 🙂
    apakh ada wktu2 khusus utk mlakukn snam kardio ini ya gan ? n apkh perlu jga mmakai bju snam sperti senam2 yg lainnya ?
    oiya btw dmna yah toko baju senam yg menyediakn berbagai mcam bju senam yg murah n berkualitas ?
    makasih, salam sukses 🙂

    1. Saya bukan expert sih mas, cuma pernah baca dari artikel dan pengalaman teman – teman. Kalau tujuannya kurusin badan, coba kardio itu setelah latihan. Misal abis latihan beban atau fitness, maka 30 menit akhir lakukan kardio.

      Kalau puasa, maka saat mau berbuka coba kardio nya. intinya sih, supaya saat kardio, energi nya diambil dari cadangan lemak dalam tubuh. Semoga benar dan bermanfaat ya
      🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *