Perlengkapan Hobi Model Kit Untuk Pemula

Waktu saya masih dinas di Kalimantan, saya mempunyai hobi merakit Gundam. Memang tidak terlalu banyak, dan tidak terlalu bagus hasilnya. Soalnya saya membeli dan merakit Robot Gundam waktu itu bukan karena hobi, tapi karena iseng saja kepengen punya Gundam untuk dipajang di meja kerja atau di atas PC kamar kos. Setelah saya dipindah ke Surabaya, robot Gundam itu juga saya hibahkan ke teman kantor.

Belakangan saya jadi kepingin untuk memulai hobi model kit (mokit) dengan sedikit lebih serius. Kalau dulu saya asal potong, tempel dan kemudian jadi. Sekarang kepengennya dipelajarin, dipotong, dihaluskan, dirakit, diwarnai dengan baik, kemudian jadi. Itu sih kepinginnya. Nggak tau juga kalau nanti pas ilang mood, jadinya malah beli – buka box – jual lagi. Skip!

Setelah membaca beberapa tutorial dan saran dari komunitas – komunitas hobi mokit, untuk memulai hobi model kit ini maka disarankan kita memiliki beberapa tools atau alat untuk memudahkan kita dalam merakit nantinya. Nah, dari hasil baca – baca tersebut, maka inilah beberapa perlengkapan merakit model kit untuk pemula.

Nipper
nipper alat pemotong model kits
Namanya buat saya terdengar asing, tapi sebenernya alat satu ini sering kita lihat. Bentuknya seperti tang, cuma dia memiliki ujung yang rata dan tajam pada bagian pinggir. Biasanya, ujung bagian pemotong ini juga ukurannya ramping dan kecil. Alat ini berguna untuk memotong bagian – bagian model kit dan memisahkannya dari sprue agar lebih mudah dan presisi. Kalau nggak punya nipper, kayaknya masih bisa diakali dengan gunting kuku atau gunting yang sangat tajam. Tapi ya itu, yang penting terbiasa dan hati – hati pemakaiannya. Kalau alat pemotong kamu enggak tajam banget, nanti potongan model kit kamu akan menimbulkan stress mark. Jadi tetap disarankan untuk menggunakan nipper khusus model plastik. Yang murah juga banyak kok, gak harus merk tertentu.

Art Knife
Art Knife Alat Hobi Model Kits
Bentuknya seperti gagang pensil, tapi pada bagian ujungnya memiliki mata pisau cutter yang bisa diganti – ganti. Hmm, ada juga sih yang pisaunya permanen dan nggak bisa diganti. Kegunannya untuk memotong lebih presisi, atau membuang sisa sprue di model serta menghaluskan bagian yang tidak rata. Perlu diperhatikan, ternyata pisau model ini ada yang khusus untuk plastik, ada juga yang untuk tanah liat atau bahan lainnya. Disarankan sih untuk menggunakan mata pisau yang khusus untuk plastik, karena lebih awet tajamnya.

Amplas
Kalau alat yang satu ini sih sudah familiar, jadi nggak perlu saya kasih contoh gambar. Untuk merakit model kits (mokits), sebaiknya siapkan amplas dari grade yang kasar (600) sampai yang halus ( >1000 ). Kegunaannya macam – macam, untuk menghaluskan sisa potongan, sisa putty, meratakan cat dan lainnya.

Lem Mokit
Tamiya Cement Lem Model Kit
Part yang satu dengan yang lainnya bisa ditempel menggunakan lem khusus mokit seperti Tamiya Cement. Mungkin ada alternatif lain, nanti saya coba eksplore lebih jauh. Tapi tidak disarankan lem super glue untuk pemula, khususnya al**co.

Pinset
Kalau ini kegunaannya sudah cukup jelas, untuk memegang part yang kecil. Selain itu, pinset sangat penting kalau kita mau menempelkan decals atau stiker pada model kit kita.

Untuk pemula di dunia model kits (mokit), perlengkapan tersebut sudah cukup. Kecuali kalau mau langsung mengecat model kit kita. Maka makin banyak yang harus disiapkan, misalnya saja cat primer, cat spray, air brush, masker, sarung tangan dan banyak lainnya. Tapi itu nanti kalau sudah lebih dalam. Sekarang, coba jalanin saja dulu apakah benar – benar tertarik dengan hobi ini. Semoga bermanfaat!

Tulisan Lainnya

Sering Dengar Musik Bikin Tuli / Budek? Ah, Masa S... Meski bukan seorang yang sangat mencintai musik, tapi buat saya mendengarkan musik itu seperti sebuah rutinitas yang menyenangkan. Bahkan dalam bebera...
WIP Aoshima Model Kit Toyota Corolla KE70 Early Ve... Beberapa waktu lalu saya pernah membuat postingan tentang peralatan merakit model kit untuk pemula. Alasannya sederhana, karena saya memang sedang ing...
5 Model Kit Gundam Favorit Yang Jadi Incaran Sejatinya, saya bukan modeler atau perakit model kit Gundam. Bahkan, saya bukan perakit model kit apa-apa. Cuma suka aja lihat hasil model kit yang di...
Asiknya Belajar Bermain Rubik! Rubik, mungkin adalah salah satu mainan yang keren, menarik tapi juga sekaligus cukup membuat pusing. Dalam 5 tahun terakhir, mungkin sedikitnya saya ...

10 Comments

  1. Dafha
  2. Adnan A.M
  3. any
  4. abdullah
    • iKurniawan
  5. gundam light
    • iKurniawan

Leave a Reply

badge