Mengenal Jenis Cat Untuk Model Kit Plastik

Beberapa waktu lalu saya pernah membuat post tentang perlengkapan hobi model kit untuk pemula. Dan saya juga sudah sampai di tahap 95% untuk menyelesaikan model kit pertama saya. Tidak bisa dibilang sempurna, tapi yah not bad lah untuk kelas pemula. Banyak pelajaran yang saya dapat, mungkin akan saya tuliskan di postingan tentang finished project berikutnya saja.

Disini saya mau bahas salah satu tahapan penting dalam membangun sebuah model kit, yaitu mengecat atau mewarnai. Kedengerannya sih simple, tinggal semprot pakai cat spray atau gunakan kuas. Untuk yang sudah expert sih ini gampang, apalagi sudah terbiasa menggunakan airbrush. Tapi untuk pemula seperti saya ini, ada baiknya mengenal jenis cat untuk model kit plastik terlebih dahulu.

Umumnya, ada 3 jenis cat yang banyak digunakan modeler untuk model kit mereka, yaitu cat lacquer, cat enamel dan cat acrylic (akrilik). Yang membedakan ketiga jenis cat ini pada dasarnya adalah solvent atau pengencer pemebentuk cat itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan ringkas tentang 3 jenis cat tersebut.

Tamiya Spray Cat Lacquer Model Kit

Cat Lacquer
Cat ini cukup populer digunakan para modeler. Ciri utama dari cat ini adalah baunya yang sangat menyengat. Hal itu dikarenakan cat lacquer menggunakan solvent organik. Contoh cat lacquer adalah spray can TS Tamiya seperti gambar diatas. Dan penting untuk diketahui bahwa solvent lacquer ini dikategorikan masuk golongan gas syaraf. Jadi penting untuk anda menggunakan masker saat menggunakan cat jenis ini!

Solvent organik yang terdapat pada cat lacquer juga terkenal memiliki efek merusak body plastik model kit. Jadi sebelum menyemprotkan cat pada model kit, pastikan anda sudah melapisi cat primer terlebih dahulu.

Meski memiliki efek buruk bagi model kit dan penggunanya, cat lacquer cukup populer diantara modeler. Alasannya adalah cat ini paling cepat kering diantara lainnya. Zat kimia yang terkandung pada cat juga membuat cat mampu mengikat kuat pada body model kit, sehingga memudahkan saat akan memoles setelah jadi. Cat ini juga memiliki partikel yang sangat kecil, sehingga dapat masuk ke sela – sela bagian model. Sangat baik untuk mengecat bagian detil atau part kecil model kit.

Jenis Cat Enamel Untuk Model Kit

Cat Enamel
Cat jenis enamel adalah cat yang solventnya menggunakan senyawa turunan bensin (minyak). Beberapa modeler malah mengatakan untuk mengencerkan enamel, kita dapat memanfaatkan minyak korek gas. Baiknya dari cat ini adalah lebih aman untuk tubuh serta bagian model kit itu sendiri, karena bensin tidak merusak plastik.

Namun cat enamel juga punya kelemahan, yaitu sulit kering dan cenderung memiliki hasil yang ‘tebal’. Hasil akhir dari part yang di cat menggunakan enamel terlihat seperti lebih lembek dibanding lainnya. Cat ini juga membutuhkan waktu yang sangat lama untuk kering sepenuhnya, bisa memakan waktu berminggu – minggu. Namun jika sudah sangat kering, cat akan melekat kuat pada body part model kit.

Cat tamiya acrylic untuk model kit

Cat Acrylic
Cat ini disebut sebagai cat water-based. Alasannya sederhana, pengencernya menggunakan bahan dasar air atau dapat dicampur alkohol 70%. Jika dibandingkan dengan lacquer, maka acrylic lebih aman bagi tubuh dan model kit. Namun seperti lacquer, cat ini juga cepat kering dan cocok untuk digunakan mengecat bagian besar model kit seperti body mobil.

Meski begitu cat acrylic kurang disukai modeler, khususnya modeler auto, karena kurang kuat mengikat pada body mobil. Body mobil yang menggunakan cat acrylic sulit untuk dipoles atau di-compound. Biasanya, mereka melapisi body mobil yang sudah di cat acrylic dengan cat clear berbahan enamel atau lacquer agar dapat dipoles lebih baik.

Itulah tiga jenis cat untuk model kit yang paling banyak digunakan. Mungkin ada banyak jenis cat lain, tapi di toko hobi, ketiga itu adalah yang paling populer.

Terima kasih sudah mampir di blog saya. Jika ada yang salah atau kurang mohon untuk bersedia memberikan komentar di bagian comment box di bawah postingan ini. Semoga bermanfaat.

Tulisan Lainnya

WIP Aoshima Model Kit Toyota Corolla KE70 Early Ve... Beberapa waktu lalu saya pernah membuat postingan tentang peralatan merakit model kit untuk pemula. Alasannya sederhana, karena saya memang sedang ing...
Serunya Berburu Mainan Hot Wheels Untuk yang demen mengoleksi die cast, pasti sudah enggak asing dengan yang namanya Hot Wheels. Nah, kalau kamu belum tau apa itu Hot Wheels, sederhana...
Istilah – Istilah Dalam Proses Mengecat Mode... Waktu itu saya pernah menulis tentang jenis cat untuk model kit plastik. Dan untuk mendapatkan hasil pengecatan yang maksimal, ada baiknya untuk menge...
Model Kit Gundam, Pilih Asli BANDAI Atau Palsu / B... Meski bukan builder atau modeler, saya senang melihat orang merakit dan memodifikasi model kit Gundam mereka. Hal itu bisa saya dapatkan dengan cara m...

33 Comments

  1. Heriyono
  2. Heriyono
  3. PICOLUS
  4. gustay
  5. gustay
  6. Dicky
          • Maiyo
  7. andhika aryaputra
  8. andhika aryaputra
  9. Gumi
      • Gumi
  10. celvin
      • celvin
          • celvin
  11. Pandhu
    • iKurniawan
      • Christian Wijaya

Leave a Reply

badge