Mengenal Jenis Cat Untuk Model Kit Plastik

Beberapa waktu lalu saya pernah membuat post tentang perlengkapan hobi model kit untuk pemula. Dan saya juga sudah sampai di tahap 95% untuk menyelesaikan model kit pertama saya. Tidak bisa dibilang sempurna, tapi yah not bad lah untuk kelas pemula. Banyak pelajaran yang saya dapat, mungkin akan saya tuliskan di postingan tentang finished project berikutnya saja.

Disini saya mau bahas salah satu tahapan penting dalam membangun sebuah model kit, yaitu mengecat atau mewarnai. Kedengerannya sih simple, tinggal semprot pakai cat spray atau gunakan kuas. Untuk yang sudah expert sih ini gampang, apalagi sudah terbiasa menggunakan airbrush. Tapi untuk pemula seperti saya ini, ada baiknya mengenal jenis cat untuk model kit plastik terlebih dahulu.

Umumnya, ada 3 jenis cat yang banyak digunakan modeler untuk model kit mereka, yaitu cat lacquer, cat enamel dan cat acrylic (akrilik). Yang membedakan ketiga jenis cat ini pada dasarnya adalah solvent atau pengencer pemebentuk cat itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan ringkas tentang 3 jenis cat tersebut.

Tamiya Spray Cat Lacquer Model Kit

Cat Lacquer
Cat ini cukup populer digunakan para modeler. Ciri utama dari cat ini adalah baunya yang sangat menyengat. Hal itu dikarenakan cat lacquer menggunakan solvent organik. Contoh cat lacquer adalah spray can TS Tamiya seperti gambar diatas. Dan penting untuk diketahui bahwa solvent lacquer ini dikategorikan masuk golongan gas syaraf. Jadi penting untuk anda menggunakan masker saat menggunakan cat jenis ini!

Solvent organik yang terdapat pada cat lacquer juga terkenal memiliki efek merusak body plastik model kit. Jadi sebelum menyemprotkan cat pada model kit, pastikan anda sudah melapisi cat primer terlebih dahulu.

Meski memiliki efek buruk bagi model kit dan penggunanya, cat lacquer cukup populer diantara modeler. Alasannya adalah cat ini paling cepat kering diantara lainnya. Zat kimia yang terkandung pada cat juga membuat cat mampu mengikat kuat pada body model kit, sehingga memudahkan saat akan memoles setelah jadi. Cat ini juga memiliki partikel yang sangat kecil, sehingga dapat masuk ke sela – sela bagian model. Sangat baik untuk mengecat bagian detil atau part kecil model kit.

Jenis Cat Enamel Untuk Model Kit

Cat Enamel
Cat jenis enamel adalah cat yang solventnya menggunakan senyawa turunan bensin (minyak). Beberapa modeler malah mengatakan untuk mengencerkan enamel, kita dapat memanfaatkan minyak korek gas. Baiknya dari cat ini adalah lebih aman untuk tubuh serta bagian model kit itu sendiri, karena bensin tidak merusak plastik.

Namun cat enamel juga punya kelemahan, yaitu sulit kering dan cenderung memiliki hasil yang ‘tebal’. Hasil akhir dari part yang di cat menggunakan enamel terlihat seperti lebih lembek dibanding lainnya. Cat ini juga membutuhkan waktu yang sangat lama untuk kering sepenuhnya, bisa memakan waktu berminggu – minggu. Namun jika sudah sangat kering, cat akan melekat kuat pada body part model kit.

Cat tamiya acrylic untuk model kit

Cat Acrylic
Cat ini disebut sebagai cat water-based. Alasannya sederhana, pengencernya menggunakan bahan dasar air atau dapat dicampur alkohol 70%. Jika dibandingkan dengan lacquer, maka acrylic lebih aman bagi tubuh dan model kit. Namun seperti lacquer, cat ini juga cepat kering dan cocok untuk digunakan mengecat bagian besar model kit seperti body mobil.

Meski begitu cat acrylic kurang disukai modeler, khususnya modeler auto, karena kurang kuat mengikat pada body mobil. Body mobil yang menggunakan cat acrylic sulit untuk dipoles atau di-compound. Biasanya, mereka melapisi body mobil yang sudah di cat acrylic dengan cat clear berbahan enamel atau lacquer agar dapat dipoles lebih baik.

Itulah tiga jenis cat untuk model kit yang paling banyak digunakan. Mungkin ada banyak jenis cat lain, tapi di toko hobi, ketiga itu adalah yang paling populer.

Terima kasih sudah mampir di blog saya. Jika ada yang salah atau kurang mohon untuk bersedia memberikan komentar di bagian comment box di bawah postingan ini. Semoga bermanfaat.


Related Articles

35 thoughts on “Mengenal Jenis Cat Untuk Model Kit Plastik”

  1. Kalo untuk clear ny. Pke apa ya suhu? Mokit uda di cat pkai car akrilik. Untuk melindungi cat sama stikernya mo.di clear. Bagus nya pakai apa ya thx..
    Maklum newbie

  2. Kalo untuk clear ny. Pke apa ya suhu? Mokit uda di cat pkai car akrilik. Untuk melindungi cat sama stikernya mo.di clear. Bagus nya pakai apa ya thx

  3. Gan…saya mau ngecat Revoltech…
    rencana pake primer tamiya….
    tp seumpama primernya saya ganti ditton…
    kira2 efeknya seberapa…?
    secara selama ini g pernah pake primer mahal

  4. Om mau tanya dong, baru beli mr color yg warna merah, kuning, biru, putih nah disampingnya ada tulisan primer..
    Apa bisa di cat langsung tanpa primer dulu?

  5. gan mau tanya, kalo misal ngepaint modelkit buat primernya pake mr.color primer (setau saya lacquer) lalu ditimpa dengan cat mr.color lacquer lagi apa bisa?

      1. iya mas, yang saya masih bingung kan primernya mr.color bahannya dasar lacquer tuh. jadi apa bisa jika mengecat warna yang berbahan dasar lacquer juga di atas primer lacquer? atau seperti ini : primer (lacquer) -> warna yang saya inginkan ( lacquer) apa bisa seperti itu? maklum masih newbie dalam dunia cat mokit .. trims

        1. iya gak apa kok. Memang seharusnya begitu.
          Primer dulu lacquer baru cat warna lacquer

          makin tipis lapisan cat ataupun primer, makin bagus. Biar gak mudah gores kit nya
          πŸ˜€

  6. om,mau nanya kalo ngecat gundam pake cat akrilikkan bisa.
    kalo,akriliknya yang buat anak misalnya: TITI,FABER CASTEL,DLL. itu bisa ga?

  7. om,mau nanya kalo ngecat gundam pake cat akrilikkan bisa.
    kalo,akriliknya yang buat anak misalnya: TITI,FABER CASTEL,DLL. itu bisa ga?

  8. Mau nanya om, apa bedanya ya cat Acrylic Epoxy (Rj London) sama Acrylic Lacquer (Pylox, diton, suzuka, Gp500 dll) ? soalnya saya cat mokit pake Acrylic Epoxy( Rj London) hasilnya tebal-tebal gt, beda waktu pakai Acrylic Lacquer (Diton) nyemprot nya halus.

      1. dikalengnya tulisannya gt sich om, Acrylic epoxy gt, kalau diton , pylox, suzuka itu di kalengnya ditulis Acrylic Lacquer.. pas saya aplikasikan buat 2 layer aja udh tbl banget.

  9. Gan..saya mau tanya nih..kalau untuk cat model kit..
    cat primer nya bagusan diton,rj atau pilox?
    trus untuk cat atas nya bagusan diton , rj atau pilox?
    soalnya bngung jg gan..ada yg blg jgn cat mokit pke pilox..
    mohon saran nya..
    thanks

    1. Kalau pengalaman, lebih enak pakai diton gan. Lebih halus aja sempritannya. Pylox memang kurang untuk mokit, karena semprotannya agak besar2.

      Tapi ad yg bilang juga pylox sekarang sufah halus. Cuma saya belum coba yah.

      1. siang gan..terima kasih atas saran sebelum nya..
        saya mau tnya lgi nih gan..
        brrti recommended nya diton ya gan?
        bagaimana dengan RJ?
        kira” bagusan mana sma Diton ya gan?
        terima kasih

          1. siang gan..maap nih ane bru buka lgi thread nya..heheh
            makasih gan atas saran nya gan…
            ooo..iya..kalo cat gunpla pke primer diton..trus pake cat tamiya color yg gold..itu bklan pengaruhin hasil cat gak ya gan?
            thanks gan πŸ™‚

  10. Itu ada kata kata stelah dicat acrilic terus di lapisi cat clear enamel atau laquer emang bisa bagus gan?, kan setahu saya kalau lapisan teratas itu lebih baiknya cat acrilic soalnya solvennya yg ga terlalu kuat gan, maaf mohon kejelasan aja, biar saya tambah ilmu πŸ™‚

    1. saya juga kurang paham detail sih. Kemarin ada tingkatan lapisan cat gitu, tapi saya lupa simpan..
      nanti kalau dapet, saya share lagi.
      Saya lebih sering pakai lacquer full gitu
      πŸ™‚

  11. Mas, saya pernah liat kaleng cat Diton yang katanya juga bagus buat modelling terutama Gundam. Tapi tulisan di kalengnya itu malah Acrylic Lacquer.

    Jadinya itu cat bahannya acrylic atau lacquer atau campuran dari kedua duanya?

    1. Oh iya, kebetulan saya pernah tanya sama salah satu penjualnya. Katanya, ini adalah cat Lacquer. Saya sendiri baru mau pesen sama dia sih.

      Ciri kalau mau tau ini lacquer atau Acrylic, lacquer punya bau yang sangat menyengat. Mirip dengan bau Tamiya Cement.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *