Istilah – Istilah Dalam Proses Mengecat Model Kit

Waktu itu saya pernah menulis tentang jenis cat untuk model kit plastik. Dan untuk mendapatkan hasil pengecatan yang maksimal, ada baiknya untuk mengenal beberapa istilah lain dalam proses mengecat model kit. Tapi ini hanya bayangan kasar saja, berdasarkan apa yang saya baca dan peroleh dari berbagai komunitas model kit.

Sanding / Wet Sanding
Kalau melihat dari istilahnya, memang sepertinya cukup membingungkan apa itu proses sanding atau sering juga ada tahap wet sanding. Sederhana saja, ini adalah proses mengamplas. Beberapa sumber dan senior model kit menyarankan untuk melakukan wet sanding sebelum memulai proses pengecatan model kit. Tujuannya, untuk menghilangkan minyak yang membuat part model kit terlalu licin, sehingga cat susah untuk menempel dengan baik.

Cari melakukan wet sanding cukup mudah. Basahi model kit yang akan di cat, juga termasuk amplas yang akan digunakan. Biasanya digunakan amplas grid 1500 – 2000. Lalu amplas body model secara perlahan saja, jangan terlalu ditekan kuat. Kalau perlu, bisa gunakan sabun yang strukturnya halus.

Sanding, atau mengamplas, juga dilakukan beberapa modeler untuk tiap lapisan cat yang mereka buat. Termasuk setelah lapisan primer, mist coat, top coat hingga clear coat. Tujuannya ada yang untuk memperhalus permukaan, menghilangkan kulit jeruk (orange peel), sampai menghasilkan lapisan cat yang sangat halus dan mengkilap (glossy).

kegunaan cat primer

Cat Primer
Penggunaan lapisan cat primer ada banyak kegunaan. Diantaranya adalah untuk menghasilkan warna model sesuai yang diinginkan. Contoh sederhana, mengecat warna biru diatas primer putih akan menghasilkan warna biru cerah, jika menggunakan primer abu – abu atau hitam akan menghasilkan warna biru gelap.

Selain itu, ikatan antara cat dengan primer akan lebih kuat dan tidak mudah lepas jika dibandingkan cat yang disemprotkan langsung ke body. Untuk yang menggunakan cat berjenis lacquer, primer sangat penting untuk melindungi body model dari solvent lacquer yang dapat merusak plastik.

Misting
Arti misting menurut kamus adalah adalah berkabut atau gerimis. Dalam proses mengecat model kit, misting kurang lebih memang seperti membuat lapisan kabut pada body model kit. Caranya adalah dengan menyemprotkan cat ke body model kit secara merata, namun cukup satu lapisan tipis saja. Biasanya lapisan misting juga tidak terlalu menutupi body model, asal sudah terlihat terkena cat saja sudah cukup.

Tujuan dari proses misting ini adalah untuk mengurangi jumlah cat yang mengenai body mode secara langsung. Jadi, lapisan cat berikutnya yang akan kita semprotkan tidak mengenai body, melainkan menempel pada lapisan misting. Setelah lapisan misting ini kering, barulah kita dapat menyemprotkan cat ke seluruh body hingga memperoleh warna dan ketebalan yang diinginkan.

Namun saya masih kurang jelas, apakah jika kita sudah menggunakan lapisan cat primer, tahap misting ini masih harus dilakukan? Atau dapat langsung mengecat seperti biasa saja?

Flat, Semi Gloss dan Gloss
Istilah ini sepertinya sudah umum dan banyak diketahui orang. Flat, atau dull, adalah cat yang tidak memantulkan cahaya. Sederhananya, cat berwrna flat tidak mengkilap sama sekali. Sedangkan untuk yang semi gloss, cat terlihat agak berkilap. Kalau gloss, sudah pasti cat yang licin dan terlihat menkilap karena memantulkan cahaya.

Mungkin video ini bisa jadi contoh bagaimana cara wet sanding dan mengecat untuk pemula di model kit. Yah, works well for me
🙂

Itulah beberapa istilah dasar dalam proses pengecatan plastic model kit yang saya pelajari. Belum semuanya saya terapkan. Baru sebagian kecil untuk menambah pengetahuan dan pengalaman. Jika ada yang kurang, atau ada yang salah, sangat menyenangkan jika mas bro semua mau menambahkan di kolom komentar di bawah postingan ini. Semoga bermanfaat ya.

Tulisan Lainnya

Review Gundam Converge Limited Edition Kalau enggak salah saya pernah bilang kalau saya sejatinya bukan penggemar Gundam. Nonton anime-nya saja cuma 2 serial, yang mungkin nanti saya bikin ...
Model Kit Gundam, Pilih Asli BANDAI Atau Palsu / B... Meski bukan builder atau modeler, saya senang melihat orang merakit dan memodifikasi model kit Gundam mereka. Hal itu bisa saya dapatkan dengan cara m...
Asiknya Belajar Bermain Rubik! Rubik, mungkin adalah salah satu mainan yang keren, menarik tapi juga sekaligus cukup membuat pusing. Dalam 5 tahun terakhir, mungkin sedikitnya saya ...
Serunya Berburu Mainan Hot Wheels Untuk yang demen mengoleksi die cast, pasti sudah enggak asing dengan yang namanya Hot Wheels. Nah, kalau kamu belum tau apa itu Hot Wheels, sederhana...

Leave a Reply

badge