WIP Aoshima Model Kit Toyota Corolla KE70 Early Versions

Beberapa waktu lalu saya pernah membuat postingan tentang peralatan merakit model kit untuk pemula. Alasannya sederhana, karena saya memang sedang ingin memulai hobi ini untuk mengisi waktu senggang. Dan seminggu belakangan ini, saya sibuk wara – wiri mencari perlengkapan – perlengkapan tersebut, serta alat pendukung lainnya seperti cat spray untuk menyelesaikan model kit pertama saya.

Sebagai pilihan awal, saya ingin membuat model kit yang sama dengan mobil Corolla DX yang juga sedang saya bangun. Kebetulan juga ada teman yang menawarkan jualannya, Aoshima KE70 Corolla Early Version. Jadilah model kit ini jadi pilihan awal untuk memulai hobi, sekaligus saya niatkan jadi pajangan di dashboard mobil saya nantinya.

perlengkapan merakit model kit pemula

Sebelum memulai memotong dan merakit model kit mobil ini, saya mencari banyak referensi dan tips untuk mengerjakannya. Kadang saya, dengan bahasa inggris pas – pasan, bertanya ‘how to’ kepada modeler yang sudah profesional di Instagram. Kalau dari hasil baca – baca sih sepertinya tidak susah amat, cuma perlu kesabaran dan ketelitian. Tapi ada tips paling bermanfaat buat saya yang diberikan modeler tersebut, kurang lebih artinya “untuk kit pertama, kamu pasti bakal bikin kekacauan. Nikmatin aja, kamu pasti bakal banyak belajar”.

Akhirnya setelah seminggu, model kit saya mulai keliatan bentuknya seperti apa. Awalnya saya mau mencoba langsung membuat custom front spoiler (lips / jenggot), sama custom spoiler (ducktail). Tapi saya urungkan, rasanya sudah cukup kekacauan yang saya buat. Kalau ditambah, khawatirnya mobilnya malah jadi enggak berbentuk Corolla DX. Lagipula, untuk dibuat sama seperti mobil saya aslinya, memang belum terpasang jenggot dan duck tail kok.

Setting ceper Model Kit Mobil

Ukur ban dan posisi sebelum fix

Beberapa tahap yang memakan banyak waktu adalah mengatur ketinggian mobil. Sebenernya mobilnya mau dibuat ceper dengan ban tipis. Tapi ternyata velg dan ban tipis itu dijual terpisah, dengan harga yang lumayan mahal. Jadi niat itu saya urungkan. Akhirnya saya mencoba menyetting ketinggian model kit mobil corolla DX ini dengan kondisi yang ada. Hasilnya, cukup memuaskan walau ada beberapa bagian yang harus dimodifikasi lagi.

Selanjutnya, mengecat interior dnegan menggunakan kuas dan cat enamel. Hasilnya, kacau balau. Cat menumpuk tidak rata, dan terlihat menggumpal. Rencananya saya mau membeli alk0hol 98% untuk melepas cat, dan mengulangi proses pengecatan interior lagi. Sementara untuk body, sudah saya primer dan menunggu untuk kering. Meski saya akui, ada beberapa bagian garis (molding line ya namanya?) yang susah untuk dihilangkan. Tinggal menunggu kering, baru kemudian saya cat untuk memberi warna.

membuat ceper model kit mobil corolla dx

Siap masuk bengkel Cat!

Meski masuk kategori kacauBalauTakKaruan, tapi untuk kit pertama sih rasanya nanti tidak terlalu mengecewakan. Tapi enggak tahu juga kalau sudah sampai hasil akhir nanti.

Tulisan Lainnya

5 Model Kit Gundam Favorit Yang Jadi Incaran Sejatinya, saya bukan modeler atau perakit model kit Gundam. Bahkan, saya bukan perakit model kit apa-apa. Cuma suka aja lihat hasil model kit yang di...
Mengenal Jenis Cat Untuk Model Kit Plastik Beberapa waktu lalu saya pernah membuat post tentang perlengkapan hobi model kit untuk pemula. Dan saya juga sudah sampai di tahap 95% untuk menyelesa...
Sering Dengar Musik Bikin Tuli / Budek? Ah, Masa S... Meski bukan seorang yang sangat mencintai musik, tapi buat saya mendengarkan musik itu seperti sebuah rutinitas yang menyenangkan. Bahkan dalam bebera...
Serunya Berburu Mainan Hot Wheels Untuk yang demen mengoleksi die cast, pasti sudah enggak asing dengan yang namanya Hot Wheels. Nah, kalau kamu belum tau apa itu Hot Wheels, sederhana...

One Response

  1. satya

Leave a Reply