Manfaat Creatine Untuk Suplemen Fitness dan Tubuh

Manfaat Creatine Untuk Tubuh – Untuk yang hobi pergi latihan di gym, atau fitness, pasti sudah cukup mengenal beberapa nama jenis suplemen. Salah satunya adalah suplemen creatine. Suplemen ini dikenal sebagai suplemen yang dapat meningkatkan stamina serta menambah energi untuk latihan. Selain itu, creatine juga bermanfaat untuk meningkatkan ukuran sel otot, sehingga cukup berguna kalau kamu ingin memperbesar masa otot.

Namun demikian, tidak sedikit pula orang yang menghindari creatine dengan berbagai alasan atau mitos yang ada. Begitu pula dengan orang yang sedang membesarkan tubuh, biasanya ikut menghindari suplemen yang satu ini. Padahal creatine memiliki cukup banyak manfaat diluar kebutuhan membangun otot. Berikut ini beberapa manfaat dari creatine untuk tubuh kita yang disadur dari DuniaFitness.

Manfaat Minum Creatine Untuk Fitness Otot

Creatine Bermanfaat Untuk Menambah Stamina dan Mempercepat Pemulihan (Recovery)
Dari berbagai penelitian disebutkan jika penggunaan creatine akan membantu untuk meningkatkan stamina, menambah tenaga serta membantu anda meningkatkan kualitas latihan. Bahkan dalam beberapa bidang olahraga, creatine sangat bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan juga kerusakan sel saat atlet melakukan latihan yang intens dalam jangka waktu yang lama.

Ada mitos yang menyebutkan jika mengkonsumsi creatine sebelum latihan akan menyebabkan kram pada otot, atau juga dehidrasi. Namun sejauh ini, belum ada penelitian yang dapat menkonfirmasikan hal tersebut.

Meningkatkan Metabolisme Glukosa
Menurut data yang ada, penyakit diabetes tipe 2 merupakan salah satu penyakit kronis yang cukup banyak diderita di dunia. Salah satu cara untuk mencegah atau mengurangi resiko terkena diabetes adalah dengan melakukan aktifitas fisik secara rutin (olahraga / latihan) serta mengatur pola makan sehat. Dalam penelitian lain juga disebutkan jika olahraga akan meningkatkan sesitivitas dari insulin, sedangkan creatine akan membantu meningkatkan performa anda saat berolahraga. Selain itu, konsumsi creatine yang dipadukan dengan latihan atau olahraga secara teratur dapat mengontrol kadar glukosa serta glikemik yang dimiliki oleh penderita diabetes tipe 2.

Creatine Bermanfaat Untuk Meningkatkan Kepadatan Tulang
Lebih dari 9 juta orang mengalami patah tulang yang diakibatkan oleh tulang keropos (osteoporosis) setiap tahunnya. Untuk mencegah hal tersebut, salah satu cara yang cukup efektif ternyata adalah dengan berolahraga. Penggunaan creatine saat berolahraga juga ternyata cukup membantun untuk meningkatkan kepadatan tulang. Hal ini dikarenakan peningkatan masa otot yang merupakan efek dari konsumsi creatine akan memaksa mineral yang mempengaruhi kepadatan tulang ikut meningkat.

Creatine Membantu Meningkatkan Kinerja Otak
Dalam latihan atau olahraga yang intens, otot akan merasakan kelelahan. Begitu pula otak yang bisa menjadi lelah jika merasakan jenuh latihan, atau juga tugas yang berat. Dalam sebuah penelitian disebutkan, konsumsi creatine dapat membantu mengurangi kelelahan mental dan juga meningkatkan oksigen dalam otak secara signifikan.

Creatine Bermanfaat Mengatasi Stres Oksidatif
Tak hanya pada tubuh bagian luar, radikal bebas ternyata juga memiliki efek buruk bagi pertumbuhan dan perkembangan otot tubuh. Hal ini tentu sangat meresahkan, apalagi jika anda sedang dalam proses membentuk dan mengembangkan masa otot. Namun sebuah penelitian menyebutkan jika penggunaan creatine dapat mempercepat proses pemulihan otot, mengurangi resiko kerusakan otot dan DNA, serta mengurangi stres oksidatif yang dialami oleh tubuh.

Manfaat Creatine Untuk Recovery Cidera Kepala
Dari penelitian yang ada, konsumsi creatine dalam dosis yang sesuai pada anak dan remaja yang sedang mengalami cedera otak traumatis ternyata dapat membantu mempercepat pemulihan, mengurangi rasa pusing serta lelah. Selain itu, creatine juga dapat meningkatkan perlindungan pada otak yang mencegah terjadinya pembengkakan atau peradangan pada otak.

Itulah beberapa manfaat dari suplemen creatine, baik untuk fitness, tubuh maupun otak. Konsumsi creatine memang memiliki banyak manfaat baik. Namun tetap perhatikan pula pola makan sehat dan lakukan latihan olahraga rutin untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Tulisan Lainnya

Memulai Fitness : Mengenal Bulking dan Cutting Untuk orang yang baru memulai fitness atau body building seperti saya, gagal dan berhenti di tengah jalan itu bukan sesuatu yang mengejutkan lagi. Keb...
Belajar Pola Hidup Sehat Untuk Hidup Yang Berkuali... Pola hidup sehat, atau juga mungkin bisa disebut sebagai gaya hidup sehat adalah sebuah pilihan yang sangat mempengaruhi kualitas hidup kita. Baik unt...
Menambah Tinggi Badan Dengan Yoga? Bisa Kok!!! Masalah tinggi badan memang menjadi hal yang belakangan semakin sensitif, baik untuk cewek ataupun cowok. Buktinya dibandingkan zaman Joshua masih nya...
Memilih Suplemen Fitness, Weight Gainer Atau Whey ... Beberapa waktu yang lalu saya pernah bilang, bahwa tubuh saya rasanya kurang proporsional. Sekedar mereferensikan aja, tinggi saya 172cm dengan berat ...

Leave a Reply

badge