Belajar Pola Hidup Sehat Untuk Hidup Yang Berkualitas

Pola hidup sehat, atau juga mungkin bisa disebut sebagai gaya hidup sehat adalah sebuah pilihan yang sangat mempengaruhi kualitas hidup kita. Baik untuk jangka pendek atau juga untuk jangka panjang. Dari pemikiran saya, gaya hidup sehat adalah sebuah langkah nyata yang dapat kita lakukan untuk meminimalisir tubuhd dari ancaman penyakit berbahaya yang dapat timbul jika kita tidak melakukan pola hidup sehat. Mungkin yang paling populer adalah tingginya kolesterol yang memicu penyakit jantung, darah tinggi hingga penyakit stroke.

Dari apa yang saya baca, untuk menerapkan gaya hidup sehat kita dapat membaginya dalam beberapa kategori. Yang pertama adalah dari jenis dan kandungan dari makanan yang kita konsumsi. Sebagian besar penyakit berbahaya kabarnya sangat dipengaruhi dengan apa yang masuk ke tubuh kita. Jadi memilih makanan yang sehat dan memenuhi kebutuhan tubuh akan gizi dan mineral adalah langkah yang tepat untuk memulai itu semua. Untuk memenuhi kebutuhan makanan akan gaya hidup sehat, mungkin berikut ini beberapa yang perlu untuk diperhatikan.

Gaya Hidup Sehat dengan Sayur dan Buah

Sayuran dan Buah
Sayuran dan buah seringkali diremehkan dan malas untuk kita (atau saya) konsumsi. Alasan saya akan hal ini adalah hidup di area kos-kosan agak sulit menemukan kedua makanan tersebut. Padahal, konsumsi sayuran dan buah dalam jumlah yang cukup sangat penting untuk memenuhi kebutuhan serat yang sangat berguna dalam melancarkan sistem pencernaan tubuh. Serat dalam sayur dan buah juga akan membersihkan kotoran dalam sistem pencernaan yang dapat merugikan. Salah satunya adalah membuang lemak.

Konsumsi sayuran dan buah dalam jumlah yang cukup setiap hari juga akan membantu untuk mengikat dan membuang kolesterol jahat (LDL) sehingga tidak sampai terserap oleh tubuh. Kolesterol jahat yang tidak terkendali akan menjadi penyebab utama penyumbatan arteri, sehingga dapat menyebabkan tingginya resiko stroke dan juga penyakit jantung.

Dengan tingginya manfaat sayuran dan buah tersebut, maka mulai sekarang rasanya kita harus memperhatikan kecukupan asupan dari kedua makanan tersebut.

Makanan Protein Tinggi
Protein sangat berfungsi untuk melakukan recovery dan menyusun sel-sel tubuh yang rusak. Selain itu, protein juga merupakan zat yang dibutuhkan untuk membangun otot. Untuk memenuhi kebutuhan akan protein, anda dapat mengonsumsi jenis makanan seperti daging, ikan, kacang-kacangan, kedelai dan beberapa makanan lainnya. Untuk melakukan recovery tubuh, maka protein adalah zat yang harus dipenuhi dalam makanan pola hidup sehat kita.

Vitamin dan Mineral
Ada banyak jenis vitamin dan mineral yand dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan metabolisme serta menjaga agar semua organ tubuh bekerja dengan normal. Sebut saja contohnya kalsium, zat besi, fosfor, zinc dan masih banyak lagi yang lainnya. Begitu pula dengan jenis-jenis vitamin seperti vitamin A, B6, B12, vitamin C dan juga lainnya. Jika kita ingin menerapkan konsumsi makanan untuk pemenuhan gaya hidup sehat, maka kita harus mulai mengonsumsi makanan yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut.

Air Putih Yang Cukup
Banyak orang yang meremehkan kebutuhan tubuh akan air putih. Padahal, tidak sedikit iklan komersil dan juga artikel yang sudah menuliskan pentingnya air putih untuk tubuh. Memang sih, beberapa artikel juga menyebutkan jika ini bukan soal air putih, namun pemenuhan kebutuhan tubuh akan cairan saja. Dan sejatinya, ada angka kecukupan cairan tubuh yang harus dipenuhi. Rata-rata memang kebutuhan cairan tubuh orang dewasa akan sekitar 8 gelas per-hari. Namun sejatinya, ada angka yang harus dipenuhi tergantung berat tubuh kita masing-masing. Namun untuk mempermudah pola hidup sehat, mari kita mulai dengan minum air putih 8 gelas per hari tersebut.

Olahraga Teratur Untuk Gaya Hidup Yang Lebih Sehat

Olahraga Untuk Gaya Hidup SehatSudah bukan rahasia lagi jika olahraga adalah salah satu kunci gaya hidup sehat yang sangat penting untuk diterapkan. Dari berbagai penelitian disebutkan bahwa saat kita berolahraga, tubuh akan memproduksi endorphin yang dapat membuat tubuh dan pikiran merasa lebih bahagia. Selain itu, olahraga teratur juga akan membuat otak mampu berfikir lebih cepat, memperkuat masa otot dan juga tulang, menaikkan metabolisme serta berbagai manfaat baik lainnya.

Olahraga teratur yang dimaksud bisa apa saja, tergantung hobi, minat dan juga waktu yang kita miliki. Jika memang lebih suka olahraga di gym, maka lakukan hal tersebut secara rutin. Jika tidak, anda bisa bermain sepakbola, basket, renang atau bahkan sekedar lari pagi secara rutin (manfaat lari pagi). Apapun olahraga yang kita pilih, sebaiknya lakukan setidaknya 3 kali dalam seminggu dengan porsi latihan sedikitnya 30 menit.

Istirahat Yang Cukup

Setelah melakukan banyak aktifitas, tubuh pasti membutuhkan waktu istirahat sebagai pemulihan atau recovery. Selain itu, tubuh akan memproduksi beberapa hormon-hormon baik selama kita tidur. Idealnya, tubuh membutuhkan tidur yang berkualitas sekitar 6 sampai 8 jam pada malam hari.

Mungkin untuk awal penerapan gaya hidup sehat yang dapat kita lakukan, hal di atas bisa dicoba. Hal lain seperti jauhi rokok, alkohol dan zat terlarang sepertinya sudah bukan rahasia lagi. Yang agak sulit mungkin pada masalah pembatasan konsumsi makanan berminyak dan lemak tinggi saja. Tapi semuanya tentu dimulai dari yang bisa kita lakukan terlebih dahulu. Mari mulai gaya hidup sehat dari sekarang.


Tulisan Lainnya

Manfaat Coklat Hitam Untuk Kesehatan Coklat adalah salah satu makanan favorit saya, dan saya juga yakin sebagian besar orang menyukai makanan yang biasanya disajikan dengan rasa yang mani...
Makanan Sehat Untuk Teman Begadang Di musim piala dunia begini, begadang rasanya sudah jadi santapan orang sehari - hari. Apalagi buat anda yang penggemar berat olahraga sepakbola, dita...
Menambah Tinggi Badan Dengan Yoga? Bisa Kok!!! Masalah tinggi badan memang menjadi hal yang belakangan semakin sensitif, baik untuk cewek ataupun cowok. Buktinya dibandingkan zaman Joshua masih nya...
Cara Minum Whey Protein Yang Baik Untuk Membentuk ... Beberapa waktu lalu, saya pernah membuat postingan tentang apa itu whey protein. Secara sederhana, whey protein adalah suplemen yang memiliki kandunga...

One Response

Leave a Reply