Butuh Komputer, Pilih Desktop PC atau Laptop/Notebook?

Kalau kamu lagi kepingin beli komputer, pasti deh pernah ketemu dengan pertanyaan : enakan beli laptop atau komputer (PC) aja ya?
Karena dari saya pertama punya komputer sendiri sekitar tahun 2003, lalu ganti di tahun 2008, dan akhirnya ganti lagi di tahun 2012 juga selalu punya masalah yang sama. Mana yang lebih baik antara komputer Vs laptop. Dan dari pengalaman itu, saya mau coba sedikit menulis tentang hal ini. Siapa tau kamu bisa menjawab pertanyaan ini untuk diri kamu sendiri.

Seharusnya enggak terlalu sulit memutuskan pilihan antara desktop PC atau laptop ini. Karena kedua jenis komputer ini sepertinya memiliki segmentasi yang berbeda. Nah, biar lebih enak, mari kita coba mengenal kelebihan dan kekurangan masing-masing pilihan.

Pilih Laptop atau desktop komputer

Kelebihan dan Kekurangan Laptop / Notebook
Di mata saya, laptop adalah sebuah komputer yang didesain untuk tingkat mobilitas tinggi. Istilahnya sih, komputer yang lebih portabel. Keunggulan dari laptop jelas bentuknya yang kecil, mudah dibawa-bawa dan ringan. Jadi sangat cocok untuk digunakan oleh orang yang memiliki tingkat mobilitas tinggi, seperti kuliah atau ke kantor. Selain itu, sekarang ini harga laptop juga sudah relatif terjangkau kalau melihat spesifikasi yang ditawarkan. Jadi enggak ada alasan bilang “laptop mahal ah, enakan PC”.

Enaknya lagi soal laptop adalah fungsinya yang tetap bisa dinyalakan walau lagi enggak ada listrik atau ada pemadaman bergilir. Jadi kalau lagi asik-asik kerja seperti nulis blog ini dan tiba-tiba listrik padam, saya masih bisa menyelesaikan pekerjaan.

Tapi dibalik bentuknya yang portabel itu, laptop punya beberapa kekurangan buat saya. Pertama, untuk laptop yang di kelas medium-to-low rasanya enggak didesain untuk bekerja dengan intensitas tinggi. Bukan enggak bisa sih, cuma rada enggak tega aja. Contohnya bermain game yang memaksa laptop mengeluarkan kemampuan maksimalnya, atau rendering video yang punya kapasitas besar. Lain halnya untuk laptop high-end yang memang didesain untuk hal tersebut seperti ASUS ROG atau ACER Predator. Tapi harganya, benar-benar WOW!

Kekurangan lainnya adalah komponen di laptop enggak upgradeable (kecuali mungkin RAM). Jadi untuk yang demen ngikutin perkembangan teknologi, ketika teknologi salah satu komponen laptopnya sudah ketinggalan maka harus mengganti satu set komplit laptop itu.

Baca juga : Tips Memilih Laptop Baru Sesuai Kebutuhan

Kelebihan dan Kekurangan Desktop PC
PC atau personal computer adalah sebuah komputer….personal (apa sih?). Biasanya memiliki ukuran yang relatif besar dan tentu saja berat. Walau memang untuk pertama kali di tahun 2009 saya melihat ada PC yang punya ukuran relatif kecil. Tapi tetap saja, masih butuh monitor yang sangat tidak cocok untuk kebutuhan dengan tingkat mobilitas tinggi seperti dibawa ke kampus atau kantor.

Dan dengan bentuknya yang cenderung lebih besar, PC jelas punya keunggulan yang enggak dipunyai laptop. Pertama adalah kebebasan kita menentukan komponen PC untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget kita. Dengan kustomisasi yang sudah kita buat di PC itu, berarti PC yang kita punya memang didesain untuk mengerjakan apa yang kita butuhkan. Jadi enggak masalah mau dipakai main game hardcore atau rendering video yang memaksa komponen bekerja keras.

Kelebihan kedua adalah kemudahan kalau mau melakukan upgrade komponen. Biasanya untuk yang memilih PC dengan tujuan khusus, seperti gamers, ada saat dimana kita mulai merasa komponen di PC butuh diganti untuk mengikuti perkembangan game. Entah itu mengganti VGA, menambah RAM atau bahkan mengganti prosesor. Jadi, enggak harus langsung semua komponen deh kamu ganti. Bahasa anak kos, upgradenya bisa nyicil!

Nah, baik komputer PC atau laptop punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Menurut saya sih, itu di atas sudah saya tuliskan kelebihan dan kekurangannya dari kacamata saya yang mungkin bisa kamu pertimbangkan. Sekali lagi, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan, minat dan tentu saja budget yang kamu punya. Suka yang portabel biar bisa dibawa-bawa kuliah atau nongkrong, pilih laptop. Suka yang lebih personal, gampang dikustomisasi dan di upgrade, pilih PC.

Gimana, sudah tahu mau beli komputer apa jadinya? ~ www.ikurniawan.com


Tulisan Lainnya

Yuk Mengenal Komponen-Komponen Merakit Komputer / ... Menyambung tulisan sebelumnya tentang pilih PC atau konsol untuk game, kali ini saya mau ngajak kawan-kawan sama-sama belajar tentang komponen yang pe...
Casing Komputer Kok Nyetrum? Yuk Dibenerin! Kemarin saya membuat postingan tentang cara merakit komputer sendiri berdasarkan pengalaman dan apa yang saya pelajari. Sukses sih, komputer bisa nyal...
Mencari Mouse Wireless Terbaik Dengan Harga Terjan... Rasanya kalau sedang jauh dari keluarga, hampir setiap hari (bahkan tiap jam) saya berkutat di depan laptop. Entah itu sekedar browsing, nonton film a...
BlueStacks, Jalankan Aplikasi Android Di Komputer ... Main game di Android itu memang sangat menyenangkan. Namun sayangnya, untuk handheld yang kategori boros baterai, bermain game akan membuat baterai te...

3 Comments

Leave a Reply