Untuk Main Game, Pilih Game Console Atau PC?

Kemarin saya sudah membuat postingan tentang alasan untuk pilih laptop atau PC. Kesimpulannya sih untuk saya, kalau workload lebih berat dan mobilitas enggak terlalu tinggi maka saya akan memilih desktop PC. Misalnya untuk rendering video dan main game. Namun ada lagi pertanyaan yang mungkin akan meneruskan pertanyaan itu tadi, kalau untuk main game, enakan pilih PC atau console game macam Xbox One dan Playstation 4?

Pertanyaan seperti ini sebenernya lagi-lagi soal preferensi masing-masing. Karena semua pasti punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kecuali kamu seorang fanboy yang cinta mati dengan perlengkapan gaming kamu, jelas kamu enggak akan bingung dengan pilihan di atas. Tapi untuk yang masih bingung dan belum bisa menentukan pilihan, mungkin tulisan berikut ini bisa jadi sedikit bahan pertimbangan.

Lebih Baik Console Game atau Komputer PC

Alasan Untuk Memilih Console Game Daripada PC

#1 Lebih Murah Dibanding PC
Sorry to say, tapi saya harus mengakui kalau secara keseluruhan maka membeli console akan lebih murah dibandingkan kamu ngerakit pc untuk game. Misalkan aja anggap kisaran rata-rata console game paling top saat ini (Xbox One dan Playstation 4) bisa kamu bawa pulang dengan 6 jutaan. Dibandingkan dengan PC, 6 juta kamu akan berada di low-to-middle class. Intinya, PC yang kamu rakit dengan budget 6 juta enggak akan bisa menjalankan game-game terbaru dengan maksimal.

#2 Lebih Compact dan Portabel!
Keunggulan lain dari console adalah bentuknya yang cenderung lebih compact dan portabel. Jadi kalau kamu punya console di kos kemudian mau mudik liburan, console bisa kamu bawa tanpa ribet-ribet amat. Atau ketika kamu mau minep tempat temen yang enggak punya console buat main bareng, tinggal bawa consolenya deh. Gampang kan?

#3 Main Game Tinggal Beli – Mainkan
Nah untuk yang kurang ngerti soal teknologi atau rada-rada gaptek, console sangat mudah digunakan. Kamu tinggal beli game yang mau dimaenin, bayar, bawa pulang, masukin console dan start game. Udah, gitu aja. Kamu enggak perlu ribet untuk instalasi dan lain-lain.

Soal game ini, kamu juga enggak perlu khawatir kalau console kamu enggak bisa memainkan game A B C dan D blablaba itu. Selama game itu ada dalam format console kamu, misal game untuk PS4 atau Xbox One, maka kamu sudah pasti bisa memainkannya. Kalau di PC, harus cek ulang deh specs PC kamu kuat apa enggak. Kalau kuat di level apa nih jalannya, acceptable, low, mid, high? Belum lagi masalah porting game yang kadang ngebuat game di format PC / Windows kerasa banyak bug dan kurang maksimal!

#4 Enggak Perlu Upgrade Cukup Lama
Terakhir nih, console game cenderung memakan waktu lama untuk bisa kena masalah out-dated. Coba deh diinget, perlu berapa tahun untuk Sony ngerilis Playstation 4 setelah dulu mereka rilis Playstation3? Bertahun-tahun lamanya Playstation 3 bertahan dengan game-game yang terus bisa dimainkan tanpa masalah. Bandingin sama PC yang dalam 5 tahun sudah berapa level peningkatan teknologi prosesor dan kartu grafisnya. Intinya, PC 5 tahun lalu sudah mulai ketar-ketir dengan game-game keluaran terbaru.

Nah, kalau kamu setuju dengan alasan-alasan di atas, maka enggak perlu bingung lagi. Boyong console yang kamu suka ke rumah dan mainkan. Tapi, buat yang masih ragu coba terusin baca. Saya bukan fanboy, jadi kita lihat dulu alasan kenapa kamu harus beli PC game!

kelebihan PC untuk main game dibandingkan console
ilustrasi : Flavio Ensiki

Alasan Untuk Memilih PC dibandingkan Console Game

#1 Gaming With Higher Graphic Experience!
Eh tulisannya bener gitu gak ya? Yah tapi kalian paham lah maksud saya. Sejauh yang saya tau, untuk game yang sama, PC sangat unggul di hal grafis dibandingkan console. Baik dari sisi detail grafis atau juga framerate yang dihasilkan. Bahkan, PC memungkinkan kamu untuk bisa main di resolusi tinggi sampai level 4K. Walau memang harganya juga jadi lebih mahal. Untuk bisa memperoleh grafis yang mulai terasa mengungguli console, kayaknya sih minimal kamu harus merogoh kocek minimal 20% lebih dalam lagi. Tapi untuk kamu pecinta game yang menikmati main game dari semua sektor, termasuk keindahan grafis, PC masih yang terbaik!

#2 Lebih Banyak Varian Game!
Kalau diliat-liat sih sebenernya tiap genre punya game eksklusifnya masing-masing. Tapi kayaknya sih game di PC masih jauh lebih banyak, mulai dari game dengan publisher besar sampai kelas indie bertaburan di PC. Ditambah lagi, beberapa game yang sangat popular memiliki platform eksklusif di PC. Contohnya ya DOTA2 deh dan Counter Strike.

Selain itu, PC juga banyak fanbase game tertentu yang bisa ngebikin patch atau modding dari game-game populer. Contohnya patch real-club untuk game PES dan modding GTA V yang beragam itu. Hal seperti ini yang bikin para PC Gamer sulit untuk beralih ke console.

#3 Update PC Bisa Bertahap!
Di bagian sebelumnya saya sudah bilang kalau PC lebih cepat out-dated dan bisa bikin kamu kesulitan untuk bisa main game terbaru. Tapi untungnya PC memungkinkan kamu untuk bisa melakukan upgrade secara bertahap. Misalkan awal tahun kamu bisa nabung untuk upgrade VGA, pertengahan tahun upgrade prosesor dan lainnya. Yah intinya kamu bisa ngebuat PC terus mengikuti perkembangan secara perlahan. Enggak langsung rogoh dalem-dalem buat beli baru. Dan spare part lama : tetep laku dijual buat nambah biaya upgrade.

4 It’s PC, which is Personal Computer!
Hal yang paling saya suka dari PC adalah sifatnya yang lebih personal. Jadi kalau punya PC, ya itu PC kita sendiri. Taruh di kamar, dipake buat apa, itu jadi kebebasan kita. Memang sih console juga bisa aja ditaruh di kamar. Tapi dari beberapa pemilik console juga saya tahu kalau beberapa di antara mereka menjadikan console sebagai alat hiburan keluarga yang ditaroh di ruang keluarga.

#5 Beware Of Steam Sale!
Sebelumnya memang sih saya juga bilang kalau harga game PC dan console enggak jauh berbeda. Tapi di PC ada yang namanya Steam Sale, masa di mana game-game original dijual dengan harga yang teramat murah. Untuk para gamer, waktu Steam Sale adalah waktu dimana tabungan buat beli game dikuras habis-habisan gitu deh.

“Eh ada loh keunggulan PC lainnya, dia multi fungsi dan bisa dipakai untuk banyak hal!”
Iya bener, ini malah bener banget. Tapi kan kita lagi bahas di sisi bermain game. Cuma kalau kamu bukan hardcore gamers, dan enggak butuh pure gaming, ya hal ini patut dipertimbangkan!

Nah, itulah kira-kira kelebihan dari masing-masing platform antara PC dan Console untuk bermain game. Saya sendiri sudah sangat lama enggak main game serius, jadi maaf kalau ada salah-salah di atas. Monggo diperbaiki dan kasih masukan di kolom komentar ya gaes.

Jadi, pilih PC atau console nih?

Related Articles

2 thoughts on “Untuk Main Game, Pilih Game Console Atau PC?”

  1. Thn 2010 rakit 3 pc biyaya rata2 3 jt / unit pc .rp 9 jt .socket mb.lga775.dual cord hdd 500gb .ram 4gb vga hd 5670 psu pure 400w casing stdr.Sudah cukup untuk menjalankan game2 sekelas ps3 dengan sting menysuaikan dengan kualitas sama ada beberapa game grapik ps3 malah lebih baik. tahun 2013 up vga kelas hd.7750 up procesor q 8400. second . 3 unit kurang lebih biyaya 2.5jt /bekas up di jual. kualitas grapik setara dengan ps3 bahkan beberapa game terasalebih baik dari ps3

    Thn 2010 Di thn yg sama beli 3 consule ps3 slim rp:3 jt / unit .rp,9 jt
    Ps3 Upgrade bajakan/jailbrek up hdd 500gb biyaya kurang lebih sama 2,5 jtn
    Ini memang Bukan contoh yg baik.! ! Keperluan untuk rental rumahan baik pc maupun ps3 sama2 mengunakan stik murah converter ps2 tidak memakai jaringan internet .tv 32 inch 6 unit .

    Thn:2015/ 2016 utuk game baru ps 3 sudah mulai tidak suport. nasib yg sama di alami pc rakitan ane intel q8400 ane sudah kewalahan dengan sepek game2 jaman sekarang. untung nya masih lumayan banyak game2 baru yg tidak menuntut sepek lebih tinggi utuk vga rasanya masih bisa di andalkan dengan seting menyesuaikan

    Rencana up. ke ps4 masih belum ada gambaran .mau tau kenapa? Game ps4 belum bisa bajakan.beli orginal belum mampu yg ada malah gulung tikar .hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *