Tips Membeli Laptop Baru Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Untuk mahasiswa, blogger, pegawai dan juga banyak profesi lainnya, komputer jinjing atau laptop adalah benda yang bisa disebut sebagai sebuah kebutuhan. Mungkin ada yang menganggap kalau personal computer (PC) lebih baik. Tapi dengan alasan praktis dan lebih mudah dibawa, laptop bisa dibilang jauh lebih unggul. Kecuali kamu tipe orang yang betah gendong PC dan layarnya kemana-mana. Ehm, percayalah, saya pernah kenal beberapa orang yang seperti ini.

Laptop juga ada banyak jenis-jenisnya, tergantung dari harga dan spesifikasinya. Dengan banyaknya kriteria tersebut, tentu kalau kita mau beli laptop baru, jelas harus sesuai dengan kebutuhannya pula. Dan menentukan kebutuhan dengan keinginan ini rupanya lumayan bikin pusing juga. Setidaknya, itu yang baru saya alami tadi siang. Untuk itu, saya mau sedikit berbagi saja bagaimana memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Tips Beli Laptop Murah Terbaik Sesuai Kebutuhan

ilustrasi : pcadvisor.co.uk

#1 Tentukan Kebutuhan Kamu Akan Laptop
Sebelum memilih model dan spesifikasi laptop, maka kita harus tahu kebutuhan kita akan laptop itu buat apa. Apakah untuk mengolah dokumen seperti words excel atau power point, apakah untuk rendering seperti bikin video dan grafis, atau untuk gaming. Perbedaan kebutuhan itu tadi akan membuat kebutuhan spesifikasi laptop yang berbeda-beda pula.

Contohnya, kalau kamu cari laptop untuk kebutuhan kuliah, maka mungkin kamu hanya butuh laptop dengan prosesor low to medium, kartu grafis onboard dan RAM 2 hingga 4 GB. Istilahnya sih yang penting bisa dipake kerjain tugas, nonton film dan denger lagu. Kecuali kalau kuliah kamu di bidang desain, maka kamu akan butuh prosesor medium to high serta kartu grafis dedicated dan RAM yang cukup besar.

#2 Susun Daftar Spesifikasi Yang Kamu Mau
Udah tahu kebutuhan, biasanya sudah tahu juga ancar-ancar kemampuan laptop yang dibutuhkan. Dengan dasar tersebut, kamu bisa mulai untuk membuat rincian spesifikasi laptop yang kamu mau. Jangan lupa juga untuk menyusunnya berdasarkan prioritas. Misalnya, priortias prosesor Intel dan AMD, lalu antara quad-core dan minimal dual-core blablabla gitu lah.

Daftar spesifikasi ini akan sangat bermanfaat ketika kamu mulai memilah-milah laptop itu nantinya. Karena biasanya dalam satu buah laptop, ada saja bagian yang tidak sesuai dengan keinginan kamu. Misal prosesornya sudah i5, tapi ternyata hardisknya cuma 500GB. Padahal kamu pengennya yang 1TB gitu. Dari situlah, kamu bisa melihat prioritas kamu tadi mana yang lebih penting buat kamu. Prosesor atau hardisk. Ya kurang lebih begitulah.

#3 Pastikan Budget Yang Kamu Sediakan
Namanya beli laptop baru, jelas butuh duit yang lumayan juga. Setelah tahu kebutuhan kamu dari menjawab pertanyaan nomor 1 di atas tadi, maka kamu harus melihat juga budget yang kamu punya. Kalau budget kamu unlimited sih tahap ini bisa dilewatin. Malah mungkin, tips-tips lainnya langsung eliminasi aja. Tinggal datang ke toko laptop dan bilang : minta laptop dengan spesifikasi paling tinggi. Selesai deh.

Tapi dengan ketersediaan dana dan kebutuhan hidup lainnya, maka kamu harus memastikan dulu berapa budget yang kamu siapkan untuk beli laptop baru ini. Pentingnya tahap ini adalah supaya kamu tidak mudah tergoda dengan laptop-laptop yang diluar kebutuhan kamu tadi. Ingat, kalau urusan barang teknologi sih biasanya di atas barang canggih masih ada yang lebih canggih.

Oh iya sedikit tambahan tips nih, kalau mengalokasikan budget kamu juga harus menyesuaikan dengan spesifikasi yang sudah kamu siapkan tadi. Misalnya lagi, kamu pengen spesifikasi prosesor i7 dan VGA dedicated, tapi dana kamu 4 juta. Itu agak-agak sulit loh!

#4 Mulai Survey dan Jalan-Jalan!
Nah, beli laptop jangan buru-buru. Mulailah kamu berburu laptop-laptop yang masuk kriteria kamu tadi. Buat daftar lagi laptop yang masuk kategori kamu dari berbagai merk dan tipe. Biasanya sih, satu merk saja ada beberapa tipe yang bisa memenuhi kriteria kita tadi. Di tahap ini, kamu bakal dapat banyak pilihan. Dan kalau memang dirasa perlu, enggak ada salahnya juga kok memasukkan beberapa target laptop second dalam daftar ini. Biasanya dengan budget yang sama, kamu bisa dapat laptop bekas dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Setelah punya daftar itu, kamu bisa memulai untuk mengeliminasi satu-persatu dari pilihan yang ada. Eliminasinya ini sendiri bisa berdasarkan dari prioritas spesifikasi, budget yang terbatas atau juga like or dislike. Misal, kamu enggak suka merk X dan kurang demen warna Y. Ya begitulah. Nanti pilihan semakin menyusut deh!

Oh iya, saat survey ini sebisa mungkin usahakan kamu mencoba laptop tersebut yah. Untuk beberapa orang, ternyata hal-hal detail sangat mempengaruhi kepuasan setelah membeli laptop. Biasanya sih yang paling penting itu kenyamanan keyboard saat dipakai mengetik. Entah kenapa, saya sendiri kurang cocok dengan beberapa merk laptop kalau soal keyboard.

#5 Nego, Beli, Bayar, Bawa Pulang
Kalau sudah tahu laptop yang mau kamu beli, tinggal datang ke tokonya dan transaksi deh. Kalau saya sendiri, biasanya saya nego-nego dulu untuk menurunkan sedikit harga. Walau cuma turun 50 ribu rupiah, tapi buat anak kos itu penting banget loh. Saat nego, jangan lupa juga untuk minta bonus gitu. Kalau tokonya ramah, enggak jarang kita dapat bonus mouse atau pelindung layar. Kan lumayan tuh!

Sepertinya, itu beberapa tips untuk membeli laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan juga dana yang kamu punya. Mungkin ada beberapa yang keliru atau juga terlewat saya tuliskan. Jangan ragu untuk koreksi dan menambahkan ya di bagian komentar di bawah postingan ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat.


Tulisan Lainnya

Tips Cara Menyeduh Kopi Tubruk Khas Indonesia Meski berulang kali dilarang untuk sering-sering minum kopi, tapi entah kenapa larangan itu sulit untuk saya turuti. Sudah beberapa kali ke dokter men...
Harga BBM Akan Naik (Lagi)?? Dari sekian banyak kebijakan pemerintah yang diberitakan, kenaikan harga BBM bersubsidi mungkin bisa dibilang sebagai isu paling panas. Gimana enggak,...
Bepergian Naik Pesawat, Harus Tahu Hal Penting Ber... Pagi ini saya baru saja melihat satu lagi hal yang menarik ketika berada di kabin pesawat dan sedang mencari tempat duduk. Di lorong (isle?) barisan k...
Kenali Jenis Kaki Sebelum Memilih dan Membeli Sepa... Sebelum saya memiliki hobi lari pagi dulu, saya tidak pernah tahu kalau kaki manusia itu ternyata ada tipe - tipenya. Saya kira, yang namanya kaki ya ...

2 Comments

Leave a Reply