Review : Probox, Powerbank Dengan Sanyo Battery Cell

Awal bulan Juni kemarin, saya mencari powerbank untuk ponsel Android Sony Xperia SP saya. Seperti pernah saya bilang di postingan tips memilih powerbank beberapa waktu lalu, maka saya mencoba mencari powebank dengan kriteria tersebut. Antara lain sih cell Jepang dan kapasitas minimal 5000mAh (kapasitas baterai Xperia SP kalau tidak salah 2350ย mAh). Setelah browsing dan mencari sana sini, saya memutuskan untuk mencari powerbank Enerpad 5600 Li-Ion.

Sayangnya merek Enerpad agak sulit didapat, baik secara online ataupun offline di Surabaya. Sempat ketemu penjual yang punya stok Enerpad, tapi dia hanya punya versi Li-Po. Jadi kurang tertarik. Sampai ketika saya jalan – jalan di Plaza Marina Surabaya, saya iseng – iseng untuk cari Powerbank yang cocok. Akhirnya ketemu powerbank merk Probox yang menurut kotaknya menggunakan cell baterai merk Sanyo Jepang. Hmm…apa benar ya. Iseng – iseng akhirnya saya beli satu powerbank Probox 7800 mAh warna ungu. Harganya saat saya beli 375.000 rupiah.

tips beli powerbank probox

Powerbank Probox 7800 mAh ini memiliki 4 lampu LED indikator baterai, 1 buah tombol power, 1 input, dan 2 USB output 1,2 ampera dan 2,1 ampere. Fitur keamanannya juga cukup menjanjikan, jika kita mencharge ponsel hingga penuh 100%, maka powerbank ini akan otomatis mati sendiri. Beberapa fitur lain dapat anda baca di situs resmi Probox. Dalam paket penjualannya, saya mendapat 1 unit powerbank, 1 pouch warna senada, kabel cas untuk berbagai merk ponsel, buku manual dan garansi.

Malamnya powerbank tersebut saya cas (charge) dengan menggunakan cas bawaan Sony Xperia. Kebetulan dalam paket penjualannya, Probox tidak memberikan kepala charger. Sehingga saya harus menggunakan charger yang sudah dimiliki dari bawaan ponsel. Dari pertama beli, powerbank ini saya charge mulai pukul 10 malam dan baru penuh sekitar pukul 5 pagi.

Hari berikutnya adalah uji kinerja dari Powerbank Probox 7800 ini. Saya gunakan untuk mencharge Xperia SP saya di posisi baterai 12%, dan penuh dalam waktu kurang lebih 2,5 jam. Selanjutnya, bergantian teman saya meminjam powerbank ini dan berhasil mengisi penuh baterai 1 buah BB Gemini dan 1 unit iPhone 4. Saat itu, posisi lampu led indikatornya masih tersisa 1 lampu lagi. Berarti masih ada sisa dan dapat dicharge lagi.

spesifikasi powerbank probox 7800

Nah, kemarin saya coba kembali uji kekuatan dari powerbank ini menggunakan Xperia SP saya sendiri. Baterai ponsel saya pakai sampai posisi 4% dan saya charge sampai posisi hampir 100%. Kemudian saya pakai lagi sampai habis, dan charge kembali. Namun baru sampai posisi 86%, LED powerbank ini sudah berkedip, mendandakan power hampir habis. Jadi powerbank Probox 7800 ini kira – kira bisa mencharge Xperia SP saya sebanyak 1,9 kali saja. Namun sekedar catatan, pengujian dilakukan dengan kondisi ponsel dinyalakan dan pemakaian normal. Chatting, twitter + sesekali main game Clash of Clans.

Secara keseluruhan, saya cukup puas dengan kinerja POwerbank Probox 7800 mAh ini. Walaupun agak kecewa karena hanya mampu mencharge ponsel saya sebanyak 2x, karena perkiraan saya harusnya 7800 mAh mampu mencharge Xperia SP saya sebanyak minimal 2,5 kali. Namun saya rasa itu sudah cukup untuk membackup baterai ponsel saya selama perjalanan.

Update Review Powerbank Probox!
Setelah beberapa kali pemakaian dan uji coba, ternyata kinerja powerbank ini cukup memuaskan. Jika dalam kondisi ponsel di off atau airplane mode, maka powerbank ini dapat mencharge Xperia SP saya sebanyak 3 kali penuh dari posisi 10 – 15%. Artinya, powerbank dengan kapasitas 7800 ini mampu mengisi baterai ponsel Xperia saya yang berkapasitas 2350mAh. Kinerja yang terbilang cukup memuaskan!

Sedikit tips untuk yang ingin mencari Powerbank merk Probox, pastikan ada membeli di toko atau seller yang terpercaya. Saya sempat membaca artikel ada Probox palsu dengan kinerja yang sangat mengecewakan. Jadilah customer yang bijak dan cerdas. Jika anda ingin mengecek harga powerbank Probox secara Online, anda dapat lihat disini.ย Semoga bermanfaat!

Tulisan Lainnya

Steelseries Rival 100 PC Bang Edition: Unboxing da... Untuk para gamers, pasti sudah enggak asing lagi dengan merk Steelseries. Brand yang satu ini memang cukup tenar dengan peripheral gaming yang berkual...
Bongkar Kotak: USB WiFi Adapter TP-LINK TL-WN722N ... Internet sekarang ini rasanya sudah menjadi kebutuhan yang bisa dibilang penting. Apalagi untuk yang punya hobi ngeblog (blogger ala-ala) dan rutin ak...
Review Penggunaan Xiaomi Mi Band Indonesia Setelah sekitar satu minggu menggunakan Xiaomi Mi Band, akhirnya saya memutuskan untuk membuat review Mi Band ini. Agak lama juga dari sejak saya beli...
Review Pemakaian LG V20 Indonesia, Kamera dan Soun... Setelah pemakaian selama kurang lebih 3 tahun, akhirnya saya memutuskan untuk mengganti hape harian Oneplus One dan Sony Xperia SP yang selama ini say...

17 Comments

  1. Mukti
    • Adi Tamvan
  2. Darnesha
    • iKurniawan
  3. JieBonz
    • iKurniawan
    • Yoga
      • iKurniawan
  4. Farhan96
    • iKurniawan
    • iKurniawan
    • iKurniawan

Leave a Reply

badge