Review : Probox, Powerbank Dengan Sanyo Battery Cell

Awal bulan Juni kemarin, saya mencari powerbank untuk ponsel Android Sony Xperia SP saya. Seperti pernah saya bilang di postingan tips memilih powerbank beberapa waktu lalu, maka saya mencoba mencari powebank dengan kriteria tersebut. Antara lain sih cell Jepang dan kapasitas minimal 5000mAh (kapasitas baterai Xperia SP kalau tidak salah 2350ย mAh). Setelah browsing dan mencari sana sini, saya memutuskan untuk mencari powerbank Enerpad 5600 Li-Ion.

Sayangnya merek Enerpad agak sulit didapat, baik secara online ataupun offline di Surabaya. Sempat ketemu penjual yang punya stok Enerpad, tapi dia hanya punya versi Li-Po. Jadi kurang tertarik. Sampai ketika saya jalan – jalan di Plaza Marina Surabaya, saya iseng – iseng untuk cari Powerbank yang cocok. Akhirnya ketemu powerbank merk Probox yang menurut kotaknya menggunakan cell baterai merk Sanyo Jepang. Hmm…apa benar ya. Iseng – iseng akhirnya saya beli satu powerbank Probox 7800 mAh warna ungu. Harganya saat saya beli 375.000 rupiah.

tips beli powerbank probox

Powerbank Probox 7800 mAh ini memiliki 4 lampu LED indikator baterai, 1 buah tombol power, 1 input, dan 2 USB output 1,2 ampera dan 2,1 ampere. Fitur keamanannya juga cukup menjanjikan, jika kita mencharge ponsel hingga penuh 100%, maka powerbank ini akan otomatis mati sendiri. Beberapa fitur lain dapat anda baca di situs resmi Probox. Dalam paket penjualannya, saya mendapat 1 unit powerbank, 1 pouch warna senada, kabel cas untuk berbagai merk ponsel, buku manual dan garansi.

Malamnya powerbank tersebut saya cas (charge) dengan menggunakan cas bawaan Sony Xperia. Kebetulan dalam paket penjualannya, Probox tidak memberikan kepala charger. Sehingga saya harus menggunakan charger yang sudah dimiliki dari bawaan ponsel. Dari pertama beli, powerbank ini saya charge mulai pukul 10 malam dan baru penuh sekitar pukul 5 pagi.

Hari berikutnya adalah uji kinerja dari Powerbank Probox 7800 ini. Saya gunakan untuk mencharge Xperia SP saya di posisi baterai 12%, dan penuh dalam waktu kurang lebih 2,5 jam. Selanjutnya, bergantian teman saya meminjam powerbank ini dan berhasil mengisi penuh baterai 1 buah BB Gemini dan 1 unit iPhone 4. Saat itu, posisi lampu led indikatornya masih tersisa 1 lampu lagi. Berarti masih ada sisa dan dapat dicharge lagi.

spesifikasi powerbank probox 7800

Nah, kemarin saya coba kembali uji kekuatan dari powerbank ini menggunakan Xperia SP saya sendiri. Baterai ponsel saya pakai sampai posisi 4% dan saya charge sampai posisi hampir 100%. Kemudian saya pakai lagi sampai habis, dan charge kembali. Namun baru sampai posisi 86%, LED powerbank ini sudah berkedip, mendandakan power hampir habis. Jadi powerbank Probox 7800 ini kira – kira bisa mencharge Xperia SP saya sebanyak 1,9 kali saja. Namun sekedar catatan, pengujian dilakukan dengan kondisi ponsel dinyalakan dan pemakaian normal. Chatting, twitter + sesekali main game Clash of Clans.

Secara keseluruhan, saya cukup puas dengan kinerja POwerbank Probox 7800 mAh ini. Walaupun agak kecewa karena hanya mampu mencharge ponsel saya sebanyak 2x, karena perkiraan saya harusnya 7800 mAh mampu mencharge Xperia SP saya sebanyak minimal 2,5 kali. Namun saya rasa itu sudah cukup untuk membackup baterai ponsel saya selama perjalanan.

Update Review Powerbank Probox!
Setelah beberapa kali pemakaian dan uji coba, ternyata kinerja powerbank ini cukup memuaskan. Jika dalam kondisi ponsel di off atau airplane mode, maka powerbank ini dapat mencharge Xperia SP saya sebanyak 3 kali penuh dari posisi 10 – 15%. Artinya, powerbank dengan kapasitas 7800 ini mampu mengisi baterai ponsel Xperia saya yang berkapasitas 2350mAh. Kinerja yang terbilang cukup memuaskan!

Sedikit tips untuk yang ingin mencari Powerbank merk Probox, pastikan ada membeli di toko atau seller yang terpercaya. Saya sempat membaca artikel ada Probox palsu dengan kinerja yang sangat mengecewakan. Jadilah customer yang bijak dan cerdas. Jika anda ingin mengecek harga powerbank Probox secara Online, anda dapat lihat disini.ย Semoga bermanfaat!

Related Articles

17 thoughts on “Review : Probox, Powerbank Dengan Sanyo Battery Cell”

  1. gan, kmrn saya beli probox 7800mah. dicharge pertama 7 jam penuh, trs buat charge hp asus zenfone 4s dengan kapasitas batre 1750mah kok cuma bisa charge 1,5 kali ya. trs q tanya ke tokonya, katanya harus charge lebih lama lagi (bisa sehari semalam). lalu power bank nya q charge 17 jam, pdhl sebelumnya kondisi powerbanknya msh 2 lampu indikatornya hidup. terus q buat charge lagi, dan cuma bisa ngecharge 2,2 kali aja. klo hp udah penuh kok powerbanknya gk mati sendiri ya. ini powerbanknya yg eror apa palsu??? apa emang kaya gni, cz q agak ragu gan. thx

    1. Saya kurang paham juga cara membedakan cara yang palsu dan asli. Probox saya yang 7800 masih bisa charge Oneplus sekitar 2x hingga full. catatan, tidak sambil dimainkan sih. Soal yang mati sendiri, entah kenapa kok kalau charge yang Xperia SP tidak mau mati sendiri. Kalau charge hape lain, masih mau. Bisa juga karena hape Xperia saya baterainya sudah eror dan gak bsa charge sampai 100%.

    2. power bank di test pakai ampere meter, benar atau tidak real kapasitasnya…..

      setelah itu itung pakai itungan diatas…..

  2. Banyak yang keliru dan menganggap seluruh kapasitas PowerBank dapat dipakai seluruhnya. Pada kenyataannya, hanya bisa dipakai sekitar 56% saja. Berikut penjelasannya:

    “PowerBank was designed to provide 5V power output from 3.7V Li-ion battery.

    So during the voltage increase process, there will be a 30% capacity lost. And when your device receive a 5V power, it also requires a voltage decrease process to make it become 4.2V in order to charge batteries. So there will be another 20% capacity lost. So the actual usable capacity will be around 56% of the marked capacity on the PowerBank. For example, if you PowerBack is marked with 7800mAh, its actual usable capacity should be around 4360mAh (7800*56%).

    Therefore, it can charge a device equipped with 1400mAh battery for about 3 times (4360 / 1400)”.

    1. dari pengalaman saya sih, powerbank 7800. Baterai 2100.
      Bisa 3x charge sampai full dengan kondisi baterai mulai charge rata – rata 13%.

      Sepertinya lebih dari 60% kapasitas baterai bisa dipakai
      ๐Ÿ™‚

    2. Cara menghitung Actual Capacity Power Bank
      (disini saya langsung contohkan untuk probox 7800mah)

      7800mAh x 3,7V = 28860W

      28860W x 90% (Conversion Rate) = 25974W

      25974W / 5V = 5194,8mAh

      Jadi, Actual Capacity atau Kapasitas yang diterima gadget kita dari Probox 7800mAh sekitar 5194,8mAh

      Cara perhitungan ini berlaku untuk semua Merek Power Bank

      Hanya saja ada sedikit perbedaan antara power bank satu dengan yang lainnya, yaitu:

      – Volt Baterai Power bank antara 3,6V – 3,8V. Untuk Probox 7800mAh ini menggunakan Baterai Sanyo dengan Volt 3,7V.

      – Persentase Conversion Rate antara 85% – 95%. Untuk Probox 7800mAh ini menggunakan Conversion Rate 90%. Persentase Conversion Rate ini berbeda-beda tergantung kualitas dari Chipset dan rangkaian yang ada di Motherboard Power Bank tersebut.

  3. Kalau power bank probox yg asli cukup sulit mencarinya tp terkadang mrek probox jarang yg asli sekali meskipun harga mahal!!! Jadi apabila sy bli probox 7800mah saya chrge ke hp samsung grand duos 2100mah bisa brapa kali chrege??? MOHON INFONYA YA

    1. memang, makanya harus hati2 untuk bisa dapat yang asli. Kalau ragu, mending jangan dibeli. kalau soal kemampuan charge, dikira2 aja. Kalau cas dalam kondisi hape dimatikan, saya rasa bisa 3x untuk probox yang 7800,

    1. memang awalnya saya cari enerpad, tapi barangnya saya nggak ketemu. jd kalau berdasar pengalaman, probox cukup rekomended.

      oh oya, batre xperia saya ternyata 2350mAh. jadi lumayan kok kinerja si Probox ini
      ๐Ÿ™‚

      1. ok terima kasih jawabannya.
        Kalo begitu sebisa mungkin cari yg enerpad dulu ya, hehe.
        Ane ngincer enerpad jg si.
        tp y kalo g’ dpt, sepertinya probox cukup recommend jg y.
        ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *