Tips Memilih Powerbank Untuk Gadget Anda

Powerbank mungkin bisa dibilang sebagai sumber daya listrik portabel yang mudah dibawa – bawa. Benda ini sangat membantu untuk kita yang memang tergantung dengan gadget yang kita miliki. Bisa dibilang, powerbank itu adalah charger portabel (battery charger) dan cadangan baterai untuk gadget kita.

Pentingnya powerbank dilihat produsen sebagai pasar yang potensial. Maka dari itu puluhan merk powerbank dari berbagai jenis sekarang sudah banyak kita temui di pasaran. Kapasitas yang ditawarkan juga beragam, dan sesuai dengan harga yang dibanderol. Namun apakah kita sadar kalau powerbank ternyata juga dapat membahayakan gadget kita?

Beberapa user pernah menceritakan pengalaman mereka menggunakan powerbank. Beberapa artikel juga menuliskan tentang bahaya penggunaan powerbank yang kurang tepat. Hal ini membuat kita harus waspada lagi saat akan memilih dan membeli powerbank. Maka dari itu, ada tips untuk memilih dan membeli powerbank berkualitas agar dapat meminimalisir resiko bagi gadget kita, dan tentu bagi diri kita sendiri.

tips memilih powerbank

ilustrasi google images

Tips Memilih dan Membeli Powerbank

Survey Merk Powerbank
Banyak orang yang bilang, yang branded sudah pasti bagus. Memang tidak salah, tapi juga harus hati-hati karena yang branded juga banyak yang palsu atau KW. Maka cari tahu info tentang merk powerbank yang anda incar. Saat ini, banyak merk powerbank yang meski bukan brand raksasa namun sudah terbukti bagus untuk digunakan. Namun jika brand yang anda incar sudah lama bermain di bidang elektronik dan baterai, maka itu lebih baik lagi.

Pilih Kapasitas Powerbank Yang Sesuai
Kapasitas powerbank dapat kita lihat dari spesifikasi yang dijelaskan. Biasanya tertulis 2000mAh, 3500mAh, 5200mAh dan sebagainya. Jika mungkin, pilih kapasitas minimum 2 kali lebih besar dari baterai gadget anda. Misal saya menggunakan xPeria dengan baterai 2000 mAh, maka saya akan memilih powerbank dengan kapasitas minimum 5000 mAh. Alasannya sederhana, kebanyakan powerbank atau mungkin battery cells nya tidak 100% sesuai dengan kapasitas. Jadi ada baiknya memilih powerbank dengan kapasitas 2,5x lipat dari kapasitas baterai gadget kita.

Lihat Cells Baterai Yang Digunakan
Powerbank sejatinya adalah baterai yang dapat di charge secara berulang – ulang. Maka dari itu, cells dari baterai yang digunakan sangatlah penting untuk mengetahui kualitas dan kapasitas si powerbank tersebut. Meski banyak powerbank dengan merk kurang terkenal, tapi tak sedikit dari mereka menggunakan cells yang bagus. Misalkan saja cells Sanyo, Samsung atau brand besar lainnya. Namun kabarnya, untuk urusan cells baterai ini, cells Jepang lah yang paling baik.

Pilih Powerbank dengan Fitur Keamanan
Beberapa powerbank memiliki fitur tambahan, namun banyak pula yang tidak penting. Misalkan bisa sebagai senter, wi fi atau lainnya. Pilih saja powerbank yang berfungsi sebagai portable charger, namun jika mungkin pilih yang memiliki safety protection. Biasanya powerbank jenis ini akan memutus arus jika sudah penuh saat di cas, dan berhenti menyalurkan arus jika baterai gadget yang di cas menggunakan powerbank sudah penuh.

Garansi Dan Harga
Bagian ini biasanya relatif dari masing – masing user. Ada yang rela memilih harga mahal karena sebanding dengan kualitas, ada juga yang mencari harga murah dengan kualitas baik. Perhatikan juga garansi yang ditawarkan, powerbank yang kualitas baik biasanya tidak ragu memberikan garansi dengan jangka waktu yang lama. Misalkan saja 6 bulan atau 1 tahun.

Tips Menggunakan Powerbank Untuk Gadget

Ada beberapa tips dan saran dari para pengguna powerbank yang sudah berpengalaman. Antara lain adalah meski powerbank sudah menyertakan kabel charge dengan macam – macam port gadget, sangat disarankan untuk menggunakan kabel charger original yang menyertakan gadget anda. Hal ini dikarenakan beberapa brand gadget sudah memiliki fitur keamanan pada kabel charge bawaannya, serta dapat menyalurkan arus yang lebih stabil.

Tips lainnya adalah coba untuk tidak menggunakan powerbank anda hingga baterainya benar – benar habis. Jika memang sudah tinggal sedikit, segera charge / cas powerbank anda kembali. Tujuannya adalah agar powerbank anda lebih awet dan dapat dipakai lebih lama.

Itulah beberapa tips memilih powerbank yang baik dan berkualitas untuk gadget anda. Semoga bermanfaat ya.

Tulisan Lainnya

Memilih Sepatu Untuk Lari Kemarin, saya dan beberapa orang teman pergi ke toko olahraga untuk mencari sepatu lari. Sebenarnya, saya hanya menemani teman saja yang sedang ingin ...
Tips Merawat Dan Menggunakan Laptop Agar Lebih Awe... Untuk seorang mahasiswa, blogger, internet marketer dan berbagai profesi lainnya, laptop adalah sebuah alat yang sangat penting. Apalagi kalau seperti...
Tips Cara Menyeduh Kopi Tubruk Khas Indonesia Meski berulang kali dilarang untuk sering-sering minum kopi, tapi entah kenapa larangan itu sulit untuk saya turuti. Sudah beberapa kali ke dokter men...
Smartphone Wiko Masuk Indonesia, Another iPhone Ki... Belakangan ini, entah kenapa, mulai muncul brand-brand smartphone yang dilabeli pasar dengan nama iPhone killer. Entah itu karena spesifikasinya yang ...

One Response

Leave a Reply

badge