Mengenal Kopi, Perbedaan Espresso, Cappuccino, Latte dan Lainnya!

Untuk yang suka nongkrong di coffee shop atau kedai kopi, pasti sudah enggak asing dengan banyaknya jenis-jenis minuman dari kopi. Mulai dari kopi tubruk, espresso, latte, cappuccino dan banyak lagi lainnya. Tapi untuk yang belum terlalu akrab, berikut ini saya coba untuk menuliskan beberapa jenis minuman dari kopi.

Espresso
Apa itu minuman kopi EspressoMungkin ini adalah basic dari semua minuman varian kopi. Espresso adalah kopi hitam pekat yang dibuat dengan bubuk kopi yang halus dan disiram dengan air panas yang bertekanan tinggi. Katanya sih, espresso yang baik itu akan membuat kopi terlihat seperti memiliki lapisan keemasan pada bagian atas. Umumnya espresso disajikan dengan gelas ukuran kecil (one shot / single shot) yang diminum tanpa tambahan susu atau gula.

Long Black Coffee
Kita biasa mengenalnya dengan nama kopi hitam atau black coffee aja gitu. Tapi di beberapa coffee shop besar, nama resminya adalah long black coffee. Untuk membuatnya, air panas tidak mendidih disiapkan sebanyak 2/3 ukuran gelas sekitar 200ml. Setelah itu, barista akan memberikan double shot espresso. Untuk yang ini, yang memesan biasanya minum dengan menambakan gula sesuai selera.

Baca juga : Varian kopi asli indonesia

Cappuccino
Varian kopi berikutnya yang cukup populer adalah cappuccino. Dalam satu porsi capuccino dibuat dari campuran 1/3 bagian espresso, 1/3 bagian steamed milk dan 1/3 bagian busa susu (milk foam). Salah satu ciri dari cappuccino adalah porsi foam atau busa yang cukup tebal. Kabarnya, itulah yang membuat minuman ini disebut cappuccino karena busanya seperti topi pada minuman tersebut.

Perbedaan Latte dan CappuccinoLatte
Untuk yang kurang suka dengan pahitnya kopi, maka latte pilihan yang tepat. Banyak yang menganggap antara cappuccino dan latte adalah varian yang sama. Tapi sebenarnya kedua varian ini adalah jenis yang berbeda. Latte adalah minuman yang mengkombinasikan antara espresso dan susu cair. Untuk perbandingannya sendiri, ada cukup banyak versi dan pendapat. Hanya saja, dalam latte porsi susunya cenderung lebih banyak dari espresso. Sehingga rasa susunya lebih terasa dan meredam rasa kopi. Anyway, latte ini adalah varian yang sering disajikan dengan adanya gambar-gambar menarik atau biasa disebut latte art. Tapi kalau pesan latte, jangan berharap dapat sajian menarik ya. Karena bisa saja dapat yang standar. Yang penting kan rasanya.

Affogato
Kalau kamu melihat ada menu affogato saat akan memesan minuman di cafe, jangan ragu untuk mencoba minuman atau mungkin makan yang satu ini. Meski namanya agak mirip dengan avocado, tapi menu ini tidak ada kaitannya dengan alpukat kok. Affogato adalah es krim vanilla nikmat yang disiram dengan espresso yang pekat. Jadi paduan rasanya akan memberi sensasi yang baru untuk kamu yang belum pernah mencoba.

Baca Juga: Cara membuat kopi tubruk Indonesia

Itu dia beberapa jenis minuman kopi yang mungkin bisa kamu temukan dan pesan di coffee shop. Selain itu, tentu masih banyak lagi varian dari yang sudah disebutkan di atas. Tapi biasanya, itu adalah variasi dari menu basic itu tadi. Jadi memang tergantung dari caffeenya sendiri serta kreatifitas dari si barista.

Nah, kalau kamu sendiri sukanya minum varian kopi yang mana?


Tulisan Lainnya

OCD, Fenomena Diet Ala Master Corbuzier Obsesive Corbuzier Diets atau OCD, mungkin saat ini hampir sebagian besar orang pernah mendengar istilah itu. Sebuah lifestyle cara melakukan diet yan...
Dunia Blogger dan Plagiarisme Pertama saya akan mengakui, saya bukan seorang penulis atau blogger handal. Kebanyakan tulisan yang saya buat hanya sekedar self-reminder, sekaligus b...
Sudah Tua Kok Masih Main Game? Kamu pasti pernah mendengar, atau bahkan melontarkan pertanyaan sejenis ini. Sudah tua dewasa kok masih main game? Kayak anak-anak aja! Saya sendiri ...
Mengenal Jenis Kopi Lokal Asli Indonesia Kopi Asli Indonesia - Indonesia memang cukup dikenal di dunia sebagai negara penghasil kopi yang baik. Dengan letak geografis serta karakter tanah yan...

2 Comments

Leave a Reply