Mengenal Jenis Kopi Lokal Asli Indonesia

Kopi Asli Indonesia – Indonesia memang cukup dikenal di dunia sebagai negara penghasil kopi yang baik. Dengan letak geografis serta karakter tanah yang mendukung, tidak heran jika sebaran perkebunan kopi di Indonesia sangat merata. Bahkan hampir di tiap wilayah di Nusantara punya jenis kopinya masing-masing. Setiap jenis tersebut memiliki karakter yang berbeda-beda. Dan berikut ini, blog iKurniawan mencoba merangkum beberapa jenis kopi asli dari Indonesia yang cukup terkenal. Tak hanya yang dikenal di negeri sendiri, tapi juga yang sudah cukup mendunia!

Jenis Kopi Terbaik Asli Indonesia
ilustrasi : market-inspector.co.uk

Kopi Aceh Gayo
Kopi ini merupakan kopi yang berasal dari Tanah Gayo, Aceh Tengah. Kopi Aceh Gayo umumnya adalah dari jenis arabika dengan kualitas terbaik. Cita rasanya sendiri lebih pahit, namun dengan tingkat keasaman yang lebih rendah. Karakter lainnya adalah aroma kopinya yang lebih terasa tajam serta memberikan sedikit rasa gurih. Jenis kopi Aceh Gayo juga disebut sebagai komoditi terbesar kopi di Asia.

Kopi Sumatera
Kopi Sumatera merupakan salah satu jenis kopi yang paling terkenal di Indonesia, bahkan di dunia. Sebagian besar varian yang cukup dikenal adalah dari daerah Sumatera Utara dengan jenis Kopi Sidikalang, Kopi Mandheling dan juga Kopi Lintong. Selain itu, masih terdapat pula jenis kopi dari daerah sumatera lainnya yang memiliki sedikit perbedaan karakter.

Karakter Kopi Sumatera adalah dari cita rasa yang lebih berat dibandingkan jenis kopi lain yang ada, dengan karakteristik rempah dan tanah (earthy). Tekstur dari kopi sumatera cenderung lebih harus dengan aroma yang lebih tajam. Kualitas tersebut yang kemudian membuat kopi sumatera diminati di pasar Internasional.

Kopi Toraja
Kopi asli Sulawesi ini disebut-sebut memiliki karakter yang sama dengan kopi asal Sumatera. Meski begitu, Kopi Toraja memiliki karakter rasa yang lebih kuat dengan kadar asam yang lebih tinggi. Selain itu, kopi ini juga memiliki aroma earthy (tanah) yang cukup khas. Untuk penikmat kopi dengan aroma earthy dan tingkat asam yang tinggi, maka Kopi Toraja bisa dibilang sebagai pilihan terbaik,

Kopi Flores
Kopi Flores umumnya dihasilkan dari daerah pegunungan di Kabupaten Ngada. Tanah yang dikelilingi pegunungan tersebut memiliki kandungan andosols subur yang berasal dari abu gunung berapi. Kondisi ini yang kemudian membuat kopi berkualitas baik dapat tumbuh subur dengan karakternya sendiri. Kopi Flores, atau juga sering disebut Kopi Flores Bajawa memiliki karakter rasa yang fruity dan juga after taste yang mirip rasa tembakau.

Kopi Bali Kintamani
Tak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, Bali juga ternyata memiliki jenis kopi yang berkarakter khas. Cara berkebun yang menggunakan metode tumpang sari membuat pohon kopi ditanam bersamaan dengan tanaman lain. Hasilnya, kopi yang dihasilkan memiliki karakter dengan rasa buah yang segar. Selain itu, Kopi Kintamani juga termasuk dalam jenis kopi yang lembut dan tidak terlalu berat. Karakter dan kualitas Kopi Bali Kintamani ini rupanya cukup tinggi peminat. Bahkan, salah satu coffee shop ternama di dunia menjadikan jenis kopi ini sebagai salah satu andalannya.

Kopi Papua Wamena
Berasal dari wilayah Indonesia Timur, kopi asli Wamena ini tumbuh di ketinggian 1.500 mdpl dengan suhu sekitar 15-20 derajat. Dengan kondisi tersebut, Wamena menghasilkan kopi dengan cita rasa ringan serta aroma keharuman kopi yang kuat. Selain itu, kopi ini juga memiliki kandungan asam yang cukup rendah. Yang menjadikan kopi ini spesial adalah proses penanaman kopi yang terbilang organik, karena sama sekali tidak menggunakan pupuk dari bahan kimia.

Itulah beberapa jenis kopi asli Indonesia dengan karakter dan ciri khas masing-masing. Selain itu, tentu masih banyak lagi jenis kopi di Nusantara yang dapat kita nikmati. Nah, jadi apa kopi favoritmu?

Baca juga: Cara Menyeduh Kopi Tubruk.

Related Articles

5 thoughts on “Mengenal Jenis Kopi Lokal Asli Indonesia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *