Memilih Penyedia Hosting Yang Baik Di Indonesia

Tips Memilih Hosting – Dalam membuat sebuah blog, hosting bisa dibilang salah satu point yang berperan penting untuk kesehatan dan kehidupan blog tersebut. Salah dalam memilih penyedia layanan web hosting akan berdampak negatif untuk blog kita. Contohnya memilih paket yang terlalu besar hingga mubazir karena tidak terpakai. Atau yang paling menyebalkan, hosting yang sering down sehingga blog susah diakses.

Karena banyaknya alasan tersebut, maka dalam memilih paket hosting kita harus memperhatikan beberapa hal yang ternyata cukup penting. Kita harus memperhatikan kualitas kinerja si penyedia hosting, space yang tersedia, bandwith yang kita dapat hingga kinerja dari customer service (CS) penyedia hosting tersebut. Apalagi untuk yang pemula seperti saya, ternyata bantuan dan respon dari CS penyedia hosting yang cepat tersebut benar – benar membantu saya ketika menemui masalah.

Tips Memilih Hosting Yang Baik

Untuk memilih hosting yang baik, agar tidak kecewa dan sia – sia, mungkin ada baiknya kita memperhatikan beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat memilih paket hosting.

tips memilih hosting Indonesia

Pertimbangkan Paket Yang Dibutuhkan
Ketika memilih paket hosting, maka yang akan dipikirkan pertama kali tentu dari kebutuhan kita sendiri. Berapa kapasitas penyimpanan (space) yang dibutuhkan untuk blog kita nanti. Apakah 250MB itu sudah cukup, atau ternyata kita membutuhkan space yang besar hingga mencapai tak terbatas karena akan membuat blog penuh gambar dan file lainnya.

Pilihan bandwith juga harus dipikirkan. Biasanya paket hosting disediakan dengan pilihan bandwith yang beragam. Mulai dari 1GB perbulan, 10GB per bulan, 50GB hingga bandwith yang dibebaskan (unlimited). Jika anda merasa blog anda akan ramai pengunjung, maka pastikan anda memilih paket dengan bandwith yang cukup besar.

Memilih paket berarti juga memilih harga. Semakin besar kapasitas dan bandwith yang disediakan, biasanya akan semakin mahal pula harganya. Meski tidak berlaku secara umum sih, karena ada beberapa penyedia hosting yang menyediakan bandwith besar dengan harga yang relatif murah. Untuk itu, anda bisa membanding – bandingkan harga paket yang disediakan dari berbagai penyedia hosting.

Kalau saya pribadi, saat membuat sebuah blog baru paket yang saya pilih adalah yang memiliki space 200MB dan bandwith 20GB. Dan sejauh ini, paket tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan saya. Kalau blog sedang ramai, saya bisa menambah kapasitas bandwith. Dan tentu saja, harus menambah biaya lagi. Tapi seperti yang saya bilang, untungnya provider hosting saya sangat fleksibel!

Perhatikan History Uptime dan Akses Server
Saya agak bingung bagaimana menjelaskannya. Tapi intinya, uptime itu adalah waktu server menyala dan dapat diakses oleh pengunjung atau bot mesin pencari. Biasanya, penyedia hosting akan memajang ‘jualan’ mereka dengan angka waktu uptime mencapai 99%. Tapi ada baiknya kita jangan langsung percaya. Ada beberapa situs penyedia layanan untuk mengecek waktu uptime dari sebuah website.

Selain waktu uptime, coba perhatikan pula bagaimana kemudahan akses blog atau website yang disimpan di hosting tersebut. Mungkin hanya sebagian kecil saja, tapi saya pernah menyewa penyedia hosting yang menurut saya cukup aneh. Dengan alasan saya menyewa hosting server yang berlokasi di Indonesia, maka blog saya tidak dapat diakses oleh pengunjung dari luar. Dampaknya, blog saya tidak dapat dijelajahi oleh bot mesin pencari, tidak dapat di-share ke sosial media seperti facebook dan twitter, bahkan saya sendiri kadang sulit mengakses jika menggunakan proxy atau vps.

Cari Review atau Rekam Jejak Hosting
Sekarang ini jamannya media sosial dan blog. Hampir semua kejadian dituliskan dan diceritakan orang di blog atau akun media sosial mereka. Maka jika kita ingin mencari informasi tentang review brand penyedia hosting, kita dapat mencarinya di google. Akan banyak blog yang mereview kinerja penyedia hosting yang kita cari. Kalau tidak ada reviewnya, ada baiknya kita harus lebih teliti lagi mencari informasi mengenai si penyedia hosting tersebut.

Lihat Respon Dari Customer Service
Nah, ini mungkin tips paling sederhana. Setiap penyedia hosting pasti memiliki customer service untuk melayani pelanggan mereka. Setelah anda memperhitungkan semua tips diatas, coba hubungi customer services yang biasanya terdapat di halaman website si penyedia hosting. Tanyakan hal yang masih membuat anda bingung, atau hal lain yang ingin anda ketahui. Customer Service yang baik biasanya akan membalas pertanyaan anda dengan cepat dan sangat perhatian dengan apa yang anda pahami atau tidak. Kalau bertanya – tanya sedikit saja dan CS sudah marah – marah, saya pribadi akan mempertimbangkan ulang. Bagaimana nanti kalau hosting saya bermasalah dan menghubungi dia?

Rekomendasi Hosting Di Indonesia

Saya memang belum terlalu banyak menggunakan jasa penyedia hosting. Mungkin kalau dihitung – hitung, baru 5 atau 6 penyedia hosting di Indonesia yang pernah saya pakai. Dari semua penyedia jasa tersebut, sampai saat ini saya masih mempercayakan blog saya pada penyedia hosting yang saya sewa pertama kali, yaitu Dracoola.

hosting terbaik untuk blog di indonesia

Dracoola adalah salah satu penyedia hosting di Indonesia yang sudah memiliki rekam jejak yang baik. Mereka menyediakan server hosting di Indonesia (IIX) dan di US dengan berbagai pilihan paket. Dan yang lebih menyenangkan, ketika bandwith bulanan saya habis, ternyata saya bisa menambah kapasitas bandwith saja tanpa harus melakukan upgrade paket yang saya gunakan.

Blog saya iKurniawan.com ini juga merupakan blog yang dihosting dengan paket Dusk-ID di Dracoola. Terbukti hingga saat ini, blog ini syukurnya belum pernah bermasalah dengan masalah lambatnya akses atau bahkan server down. Beberapa minggu lalu memang server blog saya sempat down karena pemadaman listrik di gedung server pusat. Namun respon customer service yang cepat, membuat backup blog saya dapat direstore dengan cepat ke server yang baru.

Overall, saya cukup merekomendasikan Dracoola jika anda ingin menyewa hosting yang baik, cepat, berkualitas dan dilayani dengan Bahasa Indonesia. Namun jika anda ingin mencari penyedia jasa hosting lainnya, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan tips memilih hosting yang sudah saya tuliskan.

Related Articles

4 thoughts on “Memilih Penyedia Hosting Yang Baik Di Indonesia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *