Gambar Ilustrasi Untuk Blog, Cari Dimana Yah?

Situs Penyedia Gambar Foto Gratis

Kata para sepuh blogger, yang namanya bikin tulisan di blog itu kurang lengkap kalau enggak disertakan gambar ilustrasi. Gambar ini fungsinya kurang lebih bisa untuk memberikan penjelasan, ilustrasi dari inti tulisan yang kita buat atau malah cuma sekedar hiasan biar halaman postingan enggak melulu cuma diisi oleh tulisan. Dan masih ‘katanya’, tulisan yang disertai gambar ilustrasi ini lebih mampu membuat pengunjung betah berlama-lama ada di blog kita.

Untuk saya sendiri, sepertinya di blog iKurniawan ini saya masih kurang melakukan optimalisasi image atau gambar ilustrasi. Palingan masih terbatas pada nama dan alt title pada gambar yang saya coba sesuaikan dengan tulisan. Hanya saja memang setiap satu postingan, saya cuma menyertakan satu atau dua gambar saja. Alasannya sederhana, karena membebani hosting blog plus makan cukup bandwith untuk pengunjung.

Tapi, karena perkembangan internet di Indonesia menurut saya pribadi sudah sangat baik, maka saya mulai untuk meningkatkan penggunaan dan optimalisasi dari gambar ilustrasi blog. Salah satunya sih, menambah jumlah gambar ilustrasinya antara 2 atau 3 gambar per postingan. Dan untuk gambar-gambar yang saya gunakan biasanya tergantung dari jenis postingannya. Kalau review film sih, jelas dari situs film yang memang biasanya bebas untuk digunakan.

Sedangkan untuk postingan lainnya, gambar ilustrasi saya ambil dari berbagai sumber yang memang menyediakan stock image for free gitu. Gambar-gambar ini biasanya bebas digunakan, diolah atau disesuaikan sesuai kebutuhan postingan kita selama bukan untuk komersil. Walau beberapa ada juga yang mengizinkan untuk digunakan dalam kebutuhan komersil. Dan berikut ini, beberapa tempat yang mungkin bisa kamu kunjungi kalau sedang mencari gambar ilustarsi untuk blog.

Sumber Foto Gratis Untuk Postingan Blog

Situs Penyedia Foto / Gambar Ilustrasi Gratis

#1 Pixabay.com
Situs ini bisa dibilang jadi pilihan pertama buat saya kalau sedang mencari gambar ilustrasi untuk blog. Stok gambar yang tersedia bisa dibilang cukup variatif dan banyak pilihan. Dan hal yang paling saya suka adalah stok gambar cukup komunikatif, mudah dicari dengan keyword yang kita inginkan, plus tonal yang ada cenderung kalem dan elegant.

#2 Unsplash.com
Kalau di Pixabay kita bisa mencari gambar dalam segala bentuk, seperti foto, vektor atau ilustrasi, maka di Unsplash.com ini sepertinya lebih cocok untuk mencari gambar hasil foto saja. Koleksinya memang sangat banyak, tapi tentu saja yang ada dalam lingkup hasil jepretan kamera. Tapi meski begitu, tetap saja, sangat mudah mencari foto yang cocok dengan postingan yang kita buat kok!

#3 Picjumbo.com
Dari segi stok dan jenis foto yang dihasilkan, sepertinya Unsplash dan Picjumbo ini enggak jauh berbeda sih. Sama-sama menyajikan stock-photo yang dihasilkan dari kamera. Tonal yang ditampilkan juga sepertinya mirip-mirip. Tapi kelebihannya disini adalah adanya fitur ‘related’ dari foto yang sedang kita lihat. Jadi kalau kita kurang cocok dengan foto yang sedang kita lihat, maka di related image yang dimunculkan mungkin bisa jadi ada yang sesuai.

#4 Kaboompics.com
Untuk Kaboompics, keunggulan yang paling dirasakan adalah kemudahan mencari foto berdasarkan hashtags. Iyaps, agak-agak instagram-able gitu deh modelnya. Jadi misalkan kita mau cari foto untuk postingan tentang hal-hal berbau retro gitu, cukup cari aja #retro atau #vintage. Nanti bakal banyak deh pilihannya.

Sepertinya itu empat situs penyedia foto gratis untuk ilustrasi pada blog. Memang sih, ada cara yang lebih mudah lagi. Cari saja gambar di Google Image dengan keywords yang kita inginkan, bakal dapet banyak. Cuma KATANYA (lagi) nyomot sembarangan dari situs atau blog orang lain itu enggak etis. Kalau saya jujur masih sering begini, solusinya ya saya kasih saja keterangan image credits to… gitu. Jangan ditiru sih, saya emang blogger malas. Hehehe..

Nah, kalau kamu sendiri untuk ilustrasi blog cari gambar dimana? Atau malah hasil foto sendiri?

Tulisan Lainnya

Mengatasi Error Missing Entry-Title Google Webmast... Beberapa waktu lalu saya melakukan perubahan beberapa hal di blog iKurniawan.com ini. Mulai dari memindahkan hostingan sampai merubah tampilan dengan ...
Belajar Mengatur Keamanan Blog WordPress Dari Peng... Kata orang, pengalaman adalah guru yang terbaik. Apalagi untuk pelajaran yang terhitung penting dari pengalaman menyakitkan. Untuk yang punya blog, sa...
Plugins Related Posts Terbaik Untuk Blog Gado-Gado Salah satu alasan saya memilih wordpress self-hosting sebagai platform blog iKurniawan ini adalah karena mudahnya melakukan kustomisasi. Kalau pakai b...
Akhirnya Beli WordPress Premium Themes Untuk Blog Isi atau konten postingan memang bisa dibilang sebagai hal paling penting dari sebuah blog. Sebagus apapun tampilan log, tapi kalau postingannya cum...

One Response

Leave a Reply