Mau Beli Kamera, Pilih DSLR, Mirrorless atau Pocket?

Saya ingat waktu di era tahun 90-an dulu, kamera bisa dibilang sebagai barang yang cukup mewah. Enggak semua orang punya dan enggak mudah pula untuk belinya. Paling enggak, di masa itu saya jarang liat orang kemana-mana bawa kamera dan foto-foto. Malah di berbagai tempat wisata, sampai ada jasa foto polaroid yang laris manis karena banyak orang yang butuh alat untuk mengabadikan momen wisata mereka.

Sekarang ini, kamera udah seperti gadget wajib buat sebagian besar orang. Makanya pabrikan ponsel juga berlomba-lomba memberikan spesifikasi kamera yang menarik di ponsel buatan mereka. Tapi tetap saja, kamera adalah kamera. Kadang kamera ponsel juga menemui batasannya untuk memenuhi kebutuhan foto kita. Jadi, tetap butuhan kamera yang beneran.

Masalahnya, kamera ada banyak jenisnya. Ada kamera SLR, kamera DSLR, mirrorless, kamera pocket, action camera dan juga polaroid. Jadi sering juga kita dengar pertanyaan “enakan beli DSLR atau mirrorless ya?” dan sejenisnya. Dan berikut ini sedikit penjelasan versi blog iKurniawan yang mungkin bisa bantu kamu nentuin jenis kamera yang mau kamu beli!

tips alasan beli kamera DSLR

ilustrasi : scott-s-jarvis-photo.tumblr.com

#1 Kamera DSLR (Digital Single-Lens Reflex)
Kamera DSLR mungkin jadi favorit banyak orang ketika memutuskan untuk beli kamera dengan alasan belajar fotografi. Dan memang, menurut saya pribadi kamera ini untuk yang berminat serius di dunia fotografi. Bisa dibilang hampir semua kebutuhan tentang dunia fotografi bisa diakomodir sama kamera DSLR. Mulai dari melahap semua ‘aliran’ fotografi sampai banyaknya peralatan pendukung. Yah, ini pendapat saya sih.

Kalau kamu punya minat khusus di bidang fotografi, atau bahkan berminat jadi fotografer pro, maka sangat dianjurkan untuk memilih kamera DSLR. Dengan kamera DSLR, kamu bisa mengeksplor lebih luas tentang dunia fotografi sampai kemudian kamu benar-benar paham tentang banyak hal. Kalau sudah di titik ini, nanti juga tahu sendiri limit dari kamera atau lensa yang kamu pakai.

Oh iya, kamera DSLR dan perangkatnya ini ada banyak merk dan tipe serta kelas-kelasnya. Mulai dari Nikon, Canon, entry-level hingga full frame, lensa wide sampai tele dan lainnya. Mungkin kapan-kapan saya bikin tulisan terpisah deh mengupas kamera DSLR ini.

Alasan dan Tips Beli kamera Mirrorless

Ilustrasi Kamera Mirrorless

#2 Kamera Mirrorless (Micro Four Thirds)
Buat saya, kamera mirrorless ini seperti versi kompak dari DSLR. Kalau saya tidak salah sih, kamera mirrorless memiliki fitur fotografi yang tidak jauh berbeda dengan DSLR. Jadi bisa juga digunakan untuk mempelajari seluk-beluk fotografi. Walaupun kabarnya, kamera ini masih sedikit ‘kalah’ dibandingkan dengan DSLR. Tapi tetap, tergantung tipe kamera yang dibandingkan.

Keunggulan dari mirrorless ini adalah dia lebih kompak itu tadi. Jadi sangat cocok untuk kamu yang butuh kamera dengan fitur fotografi lengkap, tapi mudah dibawa kemana-mana. Misalnya untuk yang suka travelling atau para travel blogger yang suka mengabadikan tujuan perjalanan mereka dengan lebih…..er, ya pokoknya lebih aja gitu.

#3 Kamera Pocket atau Prosumer
Pilihan Kamera Pocket Murah TerbaikKalau kamu butuhnya kamera yang kompak, mudah dibawa-bawa dan sekedar untuk foto-foto fun aja, mungkin lebih tepat dengan kamera pocket ini. Ukurannya yang cenderung lebih kompak ditambah harganya yang relatif terjangkau, seharusnya mampu memenuhi kebutuhan kamu akan kamera. Apalagi kamera pocket sekarang sepertinya sudah memiliki banyak fitur yang bagus-bagus.

Sedangkan untuk prosumer, saya kurang mengerti juga sih. Cuma kalau ndak salah ingat, kamera prosumer ini bisa dibilang sebagai kamera pocket yang memiliki fitur lebih lengkap seperti halnya DSLR. Jadi kamu bisa mengatur settingan kamera secara manual, hanya saja lensanya tidak bisa diganti-ganti. Contohnya adalah Canon G16 itu.

#4 Action Camera
Salah satu kamera yang lagi trend nih. Pelopornya jelas kamera GoPro nan fenomenal itu. Sekarang, sudah banyak jenisnya dengan berbagai merk dan harga. Mulai dari GoPro, SJCam, Brica, Xiaomi Yi, bahkan sampai kamera Mito Click.

Kamera ini sendiri sebenarnya lebih tepat kalau kamu suka merekam aktifitas outdoor atau untuk kegiatan-kegiatan fun kamu. Lengkapnya sih, sudah saya tuliskan disini : Alasan Kamu Perlu Beli Action Camera.

#5 Kamera Polaroid
jual polaroid MurahKamera polaroid ini buat saya kamera yang cute dan menarik. Kita bisa lihat langsung cetakan hasil foto yang kita ambil. Jadi enggak salah juga kalau disebut sebagai instant camera. Harganya terbilang murah loh, mulai dari 700 ribuan juga ada.

Errr…saya enggak pernah pakai kamera ini. Sempat mau beli, tapi sepertinya akan boros dengan membeli kertas polaroidnya. Jadi enggak bisa bicara banyak deh soal kamera yang satu ini. Dikira-kira aja ya.

Itulah sedikit penjelasan tentang kamera dan juga peruntukannya. Saya sendiri saat ini menggunakan kamera DSLR (yang lebih banyak diam di drybox), kamera ponsel dan kamera Xiaomi Yi. Sedang mempertimbangkan untuk menggantikan DSLR dengan mirrorless juga sih, nunggu ada rejekinya saja.

Nah, setelah baca tulisan ini, kira-kira kamu mau beli kamera yang mana?

Tulisan Lainnya

Pemadaman Bergilir PLN, Sampai Kapan Nih? Listrik mungkin bisa dibilang sebagai kebutuhan primer untuk mayoritas orang saat ini. Bagaimana tidak, hampir semua kegiatan kita sekarang ini membut...
5 Hal Penting yang Harus Anda Perhatikan Sebelum M... Apakah Anda pernah berada di situasi di mana Anda mengetahui bahwa AC Anda sedang mengalami kerusakan tetapi Anda terlalu takut untuk mencari tahu apa...
Dukung Calon Presiden Jagoan Boleh Saja, Asal̷... 9 April 2014 kemarin, Indonesia baru saja melaksanakan Pemilihan Umum untuk memilih wakil rakyat yang akan duduk di kursi-kursi legislatif pemerintaha...
Menjadi Pemimpin, Meraih Prestasi dan โ€œMelaw... Beberapa hari ini kampus lagi diramaikan dengan video rekaman wawancara Ibu Walikota Surabaya di sebuah acara televisi, kalau enggak salah acaranya it...

4 Comments

Leave a Reply