Alasan Kenapa Kamu (Enggak) Butuh Sport Action Camera!

Kamu tau sport action camera?
Kamera ini identik dengan bentuknya yang kecil, kompak dan mudah dibawa kemana-mana. Dulu sih, populer dengan sebutan kamera GoPro. Tapi karena popularitas serta target pasar yang ternyata meluas, membuat banyak pabrikan gadget yang mulai merambah dunia sport action camera. Dan jelas, untuk menjangkau pasar yang berbeda dengan GoPro, pabrikan-pabrikan ini membidik pasar yang berbeda. Maka lahirlah ‘budget’ sport action camera. Yups, action camera dengan harga yang lebih terjangkau. Sebut saja misalnya SJCam, Brica dan yang lagi rame kamera Xiaomi Yi!

Seperti yang sudah-sudah sebelumnya, Indonesia merupakan pasar potensial karena banyak konsumen yang mudah latah atau ikut-ikutan. Fungsi aslinya yang untuk menemani aktivitas outdoor mulai beralih menjadi kamera selfie, kamera we-fie dan sejenisnya. Apalagi dengan pilihan produk dan harga yang lebih terjangkau, makin rame pertanyaan yang sering kita lihat di media sosial: “Pilih kamera pocket, DSLR atau action camera yaa?“.

Nah, untuk menjawab pertanyaan itu dan juga yang sejenisnya, maka saya mau bikin daftar alasan kenapa kamu (enggak) perlu untuk membeli sport action camera seperti GoPro, SJCam, Xiaomi Yi dan sejenisnya.

Kenapa Butuh Beli Kamera Aksi GoPro
Yaps, Kamu PERLU Beli Action Camera!

#1 Kamera Action Itu Kecil, Mudah Dibawa-Bawa
Ini adalah alasan banyak orang kenapa memilih beli action camera. Dimensi kamera yang cenderung kecil dan ringan ini mudah dibawa-bawa tanpa bikin berat. Buat cewek-cewek, kamera ini mudah masuk ke dalam tas harian bareng sama dompet. Buat cowok-cowok, action camera bisa diselipin dalam tas ariel atau bahkan masuk kantong jaket.

Padahal, ada loh kamera yang selalu kamu bawa-bawa tanpa sadar. Namanya kamera smartphone atau kamera hape. Kalau alasannya biar mudah dibawa-bawa, bukannya kamu selalu bawa ponsel kemana-mana. Jadi, kalau kamu mau beli kamera action biar gampang dibawa, ponsel kamu sudah memenuhi syarat itu!

#2 Lensa Action Camera Wide Angle, Fish-Eye, Asik Buat Selfie dan Wefie
Soal yang ini saya setuju banget. Hasil foto action camera dengan wide-anglenya dan efek fish-eye itu bener-bener menggoda. Kalau buat wefie atau foto rame-rame, jadi gampang untuk muat semua dalam satu frame.

Tapi….., ada loh cara untuk ngerubah kamera ponsel kamu jadi wide angle dan pake efek fish-eye. Namanya lens-clip atau sejenisnya. Kamu tinggal pasang alat ini di lensa kamera kamu, dan kamu sudah bisa dapat efek yang kamu mau cuma dengan modal kurang dari 100 ribu rupiah. Gimana?

#3 Blogger Nih, Butuh Kamera Untuk Dokumentasi
Kalau blogger, bingung sih mau komentarinnya. Tapi untuk keperluan dokumentasi dan kamu enggak mau pakai kamera ponsel, sebenarnya akan lebih tepat kalau kamu menggunakan kamera pocket saja. Di jaman sekarang ini, kamera pocket sudah punya teknologi dan hardware yang canggih-canggih. Jadi, foto yang kamu hasilkan juga bisa lebih menarik dan enggak kalah sama kamera DSLR loh. Contohnya kamera Canon Powershot G16.

#4 Saya Butuh Action Camera Buat Bikin Video Blog (Vlogging)
Kalau ini alasan kamu untuk beli kamera aksi, maka saya mungkin akan bilang: kamu sangat tidak butuh kamera action. Apalagi kalau kamu bikin video blog yang lebih banyak dilakukan di rumah atau kamar. Untuk video blog, kamu hanya perlu kamera apapun itu (ponsel atau pocket), tripod dan laptop untuk editing. Kecuali kamu mau bikin video blog dari kegiatan outdoor dan menjurus ke extreem. Misal, kamu hobi downhill, snorkling, diving, parasailing, stalking dll. Nah untuk kasus ini, baru deh kamu membutuhkan kamera yang sangat kompak dan tahan banting seperti action cam!

#5 Saya Sering Outdoor Sports
Nah kalau ini alasan kamu, maka kamu bener-bener butuh yang namanya action camera. Karena pada dasarnya, action camera memang diperuntukkan untuk hal-hal seperti ini. Makanya, perangkat action camera itu biasanya kita lihat untuk ditempelkan di handle bar sepeda, di helm atau kepala, di atap mobil dan sebagainya.

Tapi kalau kamu jarang banget beraktifitas yang ekstrem begitu, sepertinya sayang loh mengeluarkan uang cuma untuk beli kamera aksi yang akhirnya jarang kepake. Enakan minjem atau sewa kamera saja kali ya? (blogger kere).

Sepertinya, itu dia beberapa alasan kenapa kamu (enggak) butuh action camera. Tapi diluar itu, pasti tiap orang juga punya pertimbangannya masing-masing. Misalnya, “saya kelebihan uang, bingung mau dibeliin apalagi nih“. Kalau sudah begitu, ya kembali ke preferensinya masing-masing aja deh.

Jadi, apa alasan kamu sampai-sampai kamu butuh untuk beli kamera aksi?

Related Articles

7 thoughts on “Alasan Kenapa Kamu (Enggak) Butuh Sport Action Camera!”

  1. hadeuh.. semalem googling canon g16, kok bisa kebetulan sekarang baca artikel ini. mohon rekomendasinya dong kak. kamera terjangkau buat motret makanan (bukan dslr), yang gak mencolok dibawa ke kafe atau rumah makan. tapi yang bisa bokeh bokeh gitu, terus hasilnya foto makanannya bikin ngiler hahaha *pertanyaan apaan pula* btw pernah nyoba canon tipe g sebelumnya gak kak, kayak g12, g15? tengkyu

    1. Kebetulan saya belum pernah coba pocket sih. Cuma kalau mau bokeh-bokeh, kamera poket jaman sekarang kayaknya lancar aja. Apalagi kalau ada fitur macro dan bisa setting-setting aperture.

      Kalau canon seri G sih…jangan ditanya. Kamera keren itu
      😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *