Makanan Minuman Penahan Kantuk Selain Kopi

Kopi bisa dibilang minuman paling populer untuk yang sedang ingin menahan kantuk saat bekerja atau harus tetap terjaga. Saya sendiri sering menikmati kopi panas saat mengerjakan tugas malam hari, atau es kopi kalengan saat sedang berkendara. Cukup efektif memang, mungkin dikarenakan kandungan kafein yang ada dalam tiap teguk kopi yang kita minum.

Tapi ternyata, ada beberapa makanan dan minuman lain yang juga berkhasiat untuk menahan rasa kantuk. Jadi untuk anda yang kurang menyukai kopi, anda dapat mencoba makanan atau minuman yang ada di bawah ini.

makanan minuman penahan kantuk

Makanan dan Minuman Penahan Kantuk

Permen Karet
Sebenarnya, permen karet tidak memiliki zat ataupun efek yang dapat mencegah atau menahan rasa kantuk. Namun aktifitas mengunyah permen karet akan membuat otot rahang dan mulut selalu bekerja. Hal ini yang kemudian akan menstimulasi bagian-bagian pada otak sehingga akan membuat anda tetap terjaga.

Teh Hangat
Teh hangat juga cukup ampuh diminum saat kantuk menyerang dan anda masih ingin tetap terjaga. Suhu hangat serta aroma teh yang anda hirup akan membantu membuat otak anda menjadi lebih rileks, sehingga anda dapat kembali fokus kepada pekerjaan anda.

Makanan Pedas
Makanan pedas akan membuat jantung kita yang mengkonsumsinya menjadi berdetak lebih cepat, sehingga seperti sedang berdebar keras. Beberapa orang bahkan akan mengeluarkan keringat ketika mengkonsumsi makanan yang pedas. Kondisi ini akan membuat aliran darah menjadi sedikit lebih cepat dari biasanya, sehingga anda akan dapat lebih terjaga. Namun makanan pedas tidak dianjurkan untuk anda yang memiliki riwayat penyakit maag, karena khawatir justru akan memicu maag anda datang lagi.

Air Putih
Air putih adalah minuman paling berkhasiat untuk menyegarkan dan menjaga kebugaran tubuh anda. Minum air putih saat mengantuk juga dapat membuat anda merasa lebih segar, apalagi jika anda harus mengambilnya terlebih dahulu di dispenser di luar ruang kerja anda. Cukupkanlah untuk mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari, atau sesuai dengan perhitungan berat dan massa tubuh anda untuk menjaga tubuh anda tetap bugar.

Itulah beberapa makanan dan minuman penahan kantuk, semoga bermanfaat!

Tulisan Lainnya

Ketika Tanggal Tua Itu Tiba + Tips Berhemat Untuk ... Walaupun saya berstatus semi-pegawai karena sedang cuti masa kuliah, saya juga punya status sebagai anak kost. Saya sewa kamar kos, mandiri mengatur s...
Belajar Mencuci Mobil Sendiri, Biar Lebih Hemat Saya adalah tipikal orang yang agak-agak males untuk mengerjakan sesuatu yang ada 'jasa' jualannya. Contohnya ya mencuci mobil ini. Sekarang ini usaha...
Makanan Sehat Untuk Teman Begadang Di musim piala dunia begini, begadang rasanya sudah jadi santapan orang sehari - hari. Apalagi buat anda yang penggemar berat olahraga sepakbola, dita...
Celana Jeans Kepanjangan? Digulung Atau Dipotong? Celana panjang dengan bahan denim, atau mungkin lebih populer disebut celana jeans, mungkin bagi sebagian besar orang merupakan item fashion yang waji...

Leave a Reply

badge