Makanan dan Minuman Penyebab Kantuk

Kemarin, saya sudah memposting artikel tentang makanan minuman penahan kantuk. Nah, kali ini saya akan memposting artikel yang sebaliknya, yaitu makanan dan minuman yang katanya dapat memudahkan kita terlelap atau menyebabkan kantuk datang. Tujuannya adalah supaya kita dapat lebih waspada untuk mengkonsumsi makanan dan minuman ini disaat jam istirahat kerja ata sekolah. Kan bisa berbahaya kalau setelah istirahat, kita malah semakin terasa ingin tidur.

makanan minuman penyebab kantuk

Makanan Minuman Penyebab Kantuk

Buah Pisang
Pisang mungkin sudah banyak dikenal sebagai buah yang cepat menjadi sumber energi, buktinya banyak atlet yang mengkonsumsi buah ini saat istirahat di sela pertandingan. Tapi selain itu, kandungan magnesium dan potassium yang ada dalam buah pisang juga dapat membuat otot di tubuh kita menjadi lebih rileks. Ditambah kandungan triptofan yang mampu bereaksi menjadi serotonin dan melantonin, dapat membuat otak menjadi lebih tenang. Kondisi ini yang berpeluang membuat kita kemudian menjadi lebih mudah mengantuk.

Teh Hijau
Teh hijau adalah minuman yang memang sudah cukup dikenal dapat membuat tubuh dan pikiran lebih rileks. Hal ini disebabkan oleh kandungan theanine yang terdapat dalam teh hijau dan memiliki khasiat untuk membuat otak lebih cepat rileks. Maka dari itu, teh hijau dapat menyebabkan kita menjadi mudah mengantuk, ditambah lagi ternyata mengkonsumsi teh hijau setelah makan akan mengurangi kandungan zat besi dari makanan yang kita konsumsi sebelumnya.

Susu
Kita sudah sering dengar kan, “minum segelas susu untuk tidur anda yang lebih nyenyak”. Hal ini dikarenakan susu dan olahannya mengandung triptofan serta nutrisi tinggi. Jadi otak akan lebih cepat melepas stress dan menjadi rileks, sehingga kita akan mudah mengantuk.

Kacang Almond
Sepertinya jarang ada orang yang mengemil kacang almond, karena biasanya jenis kacang ini seringkali kita jumpai menjadi campuran coklat batangan. Kacang almond ternyata memiliki kandungan magnesium yang tinggi, sehingga mampu membantu relaksasi otot. Almond akan menghasilkan rasa kantuk pada diri kita dengan cara menghentikan siklus adrenalin pada tubuh kita. Selain itu, almond juga memiliki kemampuan untuk menjada kadar gula darah tetap stabil.

Itu adalah beberapa makanan dan minuman yang dapat membuat tubuh dan otak menjadi lebih rileks dan mengantuk. Jadi hati-hati jika anda ingin mencari cemilan makanan dan minuman di sela jam kerja dan sekolah ya. Semoga bermanfaat
🙂

Related Articles

1 thought on “Makanan dan Minuman Penyebab Kantuk”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *