Steelseries Rival 100 PC Bang Edition: Unboxing dan Quick Review

Untuk para gamers, pasti sudah enggak asing lagi dengan merk Steelseries. Brand yang satu ini memang cukup tenar dengan peripheral gaming yang berkualitas, khususnya untuk PC Gaming. Contohnya saja headphone gaming, keyboards dan tentu saja mouse. Dan kali ini saya penasaran untuk mencoba salah satu perangkat gaming keluaran Steelseries, yaitu Rival 100 PC Bang Edition!

Dari forum gaming yang lumayan ramai, katanya sih mouse Steelseries Rival 100 adalah salah satu mouse yang paling diminati. Selain karena seri Rival ini punya build quality yang baik, sensor dan kinerja yang diberikan juga cukup memuaskan di level harganya. Menariknya, Steelseries kemudian merilis edisi Rival 100 PC Bang yang katanya merupakan VERSI MURAH dari Rival 100 yang sudah menjadi favorit banyak gamers. Karena penasaran, akhirnya saya meminang deh mouse gaming yang satu ini!

Unboxing Mouse Steelseries Rival 100 PC Bang

Packaging dan Isi Kotak Steelseries Rival 100 PC Bang Edition

Dari segi packaging atau kemasan, memang benar-benar memberikan kesan gadget berkelas dengan harga murah. Berbeda dengan packaging mouse gaming yang biasa dikemas mewah atau gahar, mouse Steelseries Rival 100 PC Bang ini justru cuma dikemas dengan kotak kardus berwarna coklat sederhana. Di bagian depan tertulis merk dan tipe mouse. Sementara di bagian samping kanan terdapat beberapa keterangan spesifikasi dari mouse. Jujur saja, untuk yang mementingkan penampilan, maka kemasan mouse Steelseries Rival 100 PC Bang ini benar-benar kurang menjual.

Baca juga: Game Paling Ditunggu di Tahun 2016

Berlanjut ke isi kotak, sekali lagi benar-benar seadanya. Dalam kemasan Steelseries Rival 100 PC Bang ini hanya terdapat mouse yang dibungkus dengan kantong bubble wrap dan selembar kertas petunjuk. Jadi jangan berharap ada kemasan elit serta isi yang menggiurkan begitu membeli dan membuka kotak ini. Kalau Steelseries ingin menunjukkan kesan “apalah arti kemasan, yang penting isinya”, maka wajar kalau saya berharap banyak dengan kualitas produknya!

Isi Paket Unboxing Steelseries Rival 100 PC Bang

Review Singkat Mouse Steelseries Rival 100 PC Bang Edition

Kesan pertama saya ketika melihat dan memegang langsung mouse ini adalah : “gini doang yak mousenya?”. Maklum, belum pernah beli mouse gaming bermerk. Warnanya yang full black dengan logo Steelseries pada bagian palm membuat mouse ini terlihat cukup garang sekaligus sederhana. Untuk build quality sendiri sepertinya cukup kokoh dan tidak terlihat ringkih. Sayangnya beban mouse ini terbilang ringan, sementara saya cenderung menyukai mouse yang agak berat. Enggak terlalu masalah juga sih.

Selanjutnya dari segi fungsi, mouse Steelseries Rival 100 PC Bang ini memiliki 6 tombol. Dengan bahasa sederhana saja, ada dua yang standar (klik kanan dan kiri), scroll button (middle click), satu tombol di bawah scroll yang biasanya dipakai untuk mengatur CPI, dan dua tombol macro di sisi kiri mouse atau tempat jempol untuk right-handed user. Yups, untuk yang kidal sepertinya akan cukup kesulitan untuk mengakses dua tombol macro ini. Untuk spesifikasi mouse Rival 100 PC Bang ini sendiri saya peroleh dari berbagai sumber.

  • Width: 67.13 mm
  • Height: 120.6 mm
  • Depth: 38.12 mm
  • Weight(w/cord): 120 g
  • Siding: Textured plastic
  • DPI Steps: 250, 500, 1000, 1250, 1500, 1750, 2000, 4000
  • Programmable Keys: 6
  • Sensor: Optical 3059-SS (custom)
  • Cable Material: Rubber
  • Cable Length: 2m
  • IPS: 140
  • Mouse Acceleration: 20 g
  • Lift Off Distance: 1.5 mm
  • Sensor: Avago S3059SS

Enggak pakai lama, saya langsung mencoba mouse ini di laptop untuk bermain Call of Duty: Modern Warfare. Ternyata tombol CPI tidak dapat digunakan dan mouse secara default berada di settingan 1000 CPI. Untuk bisa melakukan setting keseluruhan tombol dan menggunakan fitur lainnya, kita harus mengunduh dan menginstall aplikasi Steelseries Engine di website resmi mereka. Dan dari aplikasi tersebut, kita bisa melakukan semua settingan yang kita mau. Mulai dari settingan CPI1 dan CPI2 serta setting tombol macro untuk digunakan dalam game atau aplikasi tertentu. Menarik, karena sebelumnya saya belum pernah menggunakan mouse dengan fitur seperti ini.

Setelah melakukan setting mouse, barulah mouse ini benar-benar terasa pas untuk digunakan. Mengganti CPI dari yang rendah ke tinggi tinggal sekali klik saja. Mouse juga nyaman digunakan untuk saya yang biasa menggunakan grip palm dan juga claw. Kemudian ketika melakukan klik kanan dan kiri, rasanya cukup memuaskan. Tidak terlalu keras atau lembek, benar-benar pas saja rasanya ketika ‘click’.

Overall, dengan harganya yang berada di kisaran 300 ribuan, mouse ini buat saya cukup memuaskan. Tanpa ada fitur kosmetik yang berlebihan, namun punya fitur fungsional yang memuaskan. Memang sih, di kelas harga tersebut maka Steelseries Rival 100 PC Bang ini akan berhadapan dengan Logitech G300s yang punya fitur lebih banyak dan harga lebih murah. Tapi buat yang mau mencoba mouse yang katanya ‘gamers’, khususnya yang hobi main game FPS, maka mouse ini sangat direkomendasikan deh. Untuk review yang lebih lengkap, boleh dilihat review dari agan di KasKus berikut ini : Rival 100 Series Review by Massacare.

Baca juga: Review Xiaomi Bluetooth Gamepad


Tulisan Lainnya

Memilih Flash Disk OTG Saya butuh flashdisk baru. Benda kecil yang fungsinya untuk menyimpan dan membawa file penting ini rasanya makin dibutuhkan saja. Apalagi flashdisk sa...
Mencari Mouse Wireless Terbaik Dengan Harga Terjan... Rasanya kalau sedang jauh dari keluarga, hampir setiap hari (bahkan tiap jam) saya berkutat di depan laptop. Entah itu sekedar browsing, nonton film a...
Komputer atau Laptop Untuk Edit Video Youtube, But... Beberapa waktu lalu saya merakit komputer atau PC baru. Karena dirakit untuk memenuhi kebutuhan yang lumayan berat, jadinya pemilihan sparepart juga a...
BlueStacks, Jalankan Aplikasi Android Di Komputer ... Main game di Android itu memang sangat menyenangkan. Namun sayangnya, untuk handheld yang kategori boros baterai, bermain game akan membuat baterai te...

Leave a Reply