Pengalaman Belanja Online Di BukaLapak

Kemarin saya untuk pertama kalinya bertransaksi online di situs marketplace BukaLapak.com. Memang sih, saya sendiri sudah punya akun BukaLapak cukup lama. Tapi waktu itu untuk berjualan, bukan belanja. Tapi karena kemarin kebetulan lihat promo kamera Xiaomi Yi di Instagramnya BukaLapak, jadi deh akhirnya nekat nyobain belanja. Udah lama pengen tuh kamera keren, tapi maunya beli dengan harga murah aja (baca juga deh: Tips Belanja Online Harga Murah).

Enggak pakai lama, saya langsung buka situs BukaLapak.com dan langsung menuju link promosi tersebut. Dari deskripsinya, barang yang dipromosikan dengan harga murah tersebut adalah Xiaomi Yi warna putih. Wah, pas seperti yang saya mau. Maka saya langsung klik beli, masuk keranjang belanja dan checkout deh.

Pengalaman Belanja di BukaLapak

Selanjutnya, ya kurang lebih sama dengan cara belanja di toko-toko online lainnya. Kita memilih alamat pengiriman, metode pengiriman dan metode pembayaran. Karena sudah enggak sabar, maka saya pilih metode JNE YES dan metode pembayaran dengan kartu kredit. Oh iya, BukaLapak ini juga menggunakan rekening bersama yang dikelola oleh pihak BukaLapak langsung. Jadi, dana kamu enggak akan diteruskan ke seller sebelum barang kamu terima.

Setelah melakukan pembayaran, maka muncul konfirmasi dan pemberitahuan bahwa barang akan dikirim seller maksimal 2×24 jam. Kalau enggak, maka dana akan dikembalikan. Karena berprasangka baik, saya pikir toh besoknya juga sudah akan dikirim ni barang. Tapi ternyata, menjelang 6 jam sebelum deadline status barang masih belum dikirim. Baru sekitar 4 jam sebelum deadline, saya ditelepon pihak penjual yang mengatakan kalau Yi warna putih sudah tidak ready. Adanya warna Hijau. Intinya, seller mengonfirmasi apakah tetap mau dikirim atau dicancel saja.

Karena alasan saya sudah melakukan pembayaran dengan kartu kredit yang ada fee lumayan dan tidak akan dikembalikan walau pembelian dibatalkan, maka saya tetap meminta dikirim saja Yi warna hijau itu. Lagipula, tetap saja harganya kalau dihitung-hitung tetap lumayan murah. Setelah telepon dari pihak penjual itu, beberapa jam kemudian status pembelian saya berubah menjadi barang sudah dikirim. Hmm, beli dengan memilih YES tapi 2 hari kemudian baru dikirim. Sama kayak pakai REG yah jadinya?

Pengiriman dengan paket YES memang sesuai dengan namanya. Keesokannya paket kiriman dari BukaLapak sampai ke pintu kos sekitar jam 7 malam. Salut deh buat Bapak JNE yang kirim sampai malam-malam. Dan paket yang dikirimkan juga dibungkus dengan baik. Di bagian luar dibungkus dengan plastik hitam berlapis-lapis. Lalu di dalamnya, dilindungi lagi sama kardus yang melindungi kotak asli Xiaomi Yi.

Paket Kiriman Belanja online di BukaLapak

Setelah memastikan barang yang dikirim lengkap dan berfungsi dengan baik, maka saya segera mengonfirmasikan bahwa barang sudah diterima di BukaLapak. Dengan demikian, maka dana akan langsung diteruskan ke seller. Dan transaksi saya di BukaLapak selesai deh. Barang benar-benar dikirim dan harga cukup murah. Namun sayang, respon seller yang saya dapat agak lambat. Menjelang deadline baru dikirimkan.

Kalau kamu, punya pengalaman belanja online di BukaLapak juga?

Tulisan Lainnya

Blogger, Dari Coretan Diary Sampai Kreatifitas Dun... Selasa, 27 Oktober 2015 Hari ini lini masa media sosial seperti Twitter dan Facebook rame dengan cuitan tentang Hari Blogger Nasional. Sedikit meliri...
Menikmati Kopi Toraja Dari Koffie Fabriek Aroma, B... Saya suka minum kopi. Tapi saya juga punya masalah dengan kopi. Lebih tepatnya, perut saya selalu berontak dan ngajak ke 'belakang' setiap kali saya m...
Pengalaman Mencoba Gojek Surabaya Sekarang ini rasanya siapa yang tak pernah mendengar tentang Gojek. Salah satu alterntif moda transportasi roda dua yang tengah naik daun. Bahkan hamp...
Belajar Mengatasi Anak Yang Suka Jajan Memiliki anak yang masih kecil, atau untuk saya khususnya yang masih di usia balita / batita, tentu masih asik-asiknya mengeksplorasi segala hal. Kond...

Leave a Reply