Memilih Action Cam Murah Terbaik

Belakangan, eksistensi ponsel atau smartphone dengan tongsisnya untuk digunakan sebagai perangkat selfie mulai mendapat saingan. Siapa lagi pesaing tersebut kalau bukan action cam yang mulai menjamur. Untuk beberapa orang, action cam identik dengan GoPro. Yups, brand yang satu ini mungkin terbilang sudah punya nama sendiri di dunia kamera aksi. Meski begitu, kamera GoPro punya satu kelemahan yang cukup fatal. Harganya mahal!

Untuk kalangan pro, baik itu fotografer pro, penggiat olahraga ekstrim pro, event organizer yang juga pro atau bahkan selfie-er yang sangat pro, mungkin kamera GoPro ini cukup layak untuk dibeli. Fitur sudah lengkap, aksesoris melimpah dan tentu saja hasil foto dan video yang memuaskan. Saya sendiri kalau dinobatkan sebagai blogger pro, enggak akan ragu untuk meminang GoPro Hero+ 4 Edition.

Tapi, untungnya sekarang sudah ada banyak pilihan kamera aksi dengan merk lain dengan harga yang lebih terjangkau. Untuk kalangan yang bukan pro dan membutuhkan kamera aksi untuk sekedar fun atau dokumentasi pribadi, kamera-kamera tersebut tentu bisa dijadikan pilihan yang tepat. Dan dari pilihan yang ada, berikut ini beberapa kamera aksi murah terbaik yang mungkin dapat dipertimbangkan!

Harga Kamera Xiaomi Yi Murah Terbaik

Xiaomi Yi Action Camera (Kamera Aksi Xiaoyi)
Dari beberapa pilihan kamera aksi murah, mungkin produk keluaran Xiaomi ini ada di jejeran papan atas. Gimana enggak, harganya ‘cuma’ 1 jutaan aja. Banderolnya sih antara 1 juta sampai 1.6 jutaan, tergantung seller. Biasanya, yang harganya sudah nyaris dan lebih dari angka 1.5 juta itu adalah kamera Xiaomi Yi Travel Edition (paket standar + tongsis). Untuk pilihan warna sendiri ada dua, putih dan kombinasi hijau lime + biru.

Untuk spesifikasi kamera aksi Xiaomi Yi atau Xiaoyi ini sendiri sudah pernah saya bahas beberapa waktu yang lalu. Singkatnya, kamera ini memiliki resolusi 16 MP, slot microSD hingga 64 GB tanpa memori internal, dapat disetting dengan menggunakan aplikasi di ponsel Android atau juga iPhone dan mampu merekam video FullHD berkecepatan 60fps. Untuk full review, mungkin bisa dibaca di blog mas adham.

Kelemahan yang perlu dipertimbangkan adalah kamera ini masih resmi beredar di China. Jadi meski sudah ramai di Indonesia, itu merupakan penjualan importir yang diluar tanggung jawab Xiaomi Yi. Bahasa standar kita, ya garansi distributor. Itu juga kalau tokonya mau kasih garansi. Selain itu, aksesoris yang ada menurut saya masih kurang lengkap. Kalaupun ada, saya agak ragu dengan kualitas aksesoris tersebut. Salah seorang teman saya yang menggunakan aksesoris underwater untuk Xiaomi Yi mengeluh kalau bagian dalamnya housingnya berkabut meski baru dipakai 10 menit untuk main-main di kolam renang. Hmmm….

Kamera Aksi Murah Terbaik SJ4000

Kamera Aksi SJCAM SJ4000
Sebelum munculnya kamera aksi Xiaomi Yi, mungkin kamera SJCam menjadi ‘pesaing’ GoPro yang paling diminati. Harganya yang relatif lebih murah dan juga aksesoris yang terbilang lengkap, membuat kamera ini laris manis. Untuk harga kamera SJCAM SJ4000 saja sekarang sudah di angka 1.2 sampai 1.5 jutaan. Itu sudah lengkap dengan berbagai aksesoris seperti waterproof case dan beberapa mounting untuk helm, mobil atau handle bar.

Untuk spesifikasi, harus diakui memang sedikit di bawah kamera Xiaoyi. Resolusi kamera ini hanya 12 MP dan untuk video FullHD hanya mampu direkam dengan kecepatan 30fps. Untungnya, kamera ini juga punya kelebihan seperti adanya layar LCD untuk pengaturan dan juga output kabel HDMI.

Sementara, rasanya dua pilihan tersebut sudah cukup untuk dipertimbangkan kalau kamu sedang mencari kamera aksi terbaik dengan harga yang terjangkau. Tinggal disesuaikan kebutuhan saja. Mau yang spesifikasi agak tinggi, Xiaomi Yi bisa dijadikan pilihan. Tapi kalau mau yang full aksesoris di paket penjualan, tentu SJCAM SJ4000 pilihan yang tepat. Jadi, pilih yang mana?

Tulisan Lainnya

Cara Gunakan Xiaomi Bluetooth Gamepad di Laptop Kemarin saya sudah posting tentang unboxing serta review Xiaomi Gamepad secara singkat. Iya, saya emang enggak terlalu jago bikin review-review mendet...
Xiaomi Redmi 2, Upgrade Versi Lama Harga Masih Sam... Spesifikasi Android - Xiaomi rasanya sudah agak lama mengumumkan rilisnya handphone keluarga low-end terbaru mereka, Redmi 2. Sudah dipasarkan di nege...
Memburu Xiaomi Redmi Note Atau Cari Yang Lain? Beberapa minggu lalu kabarnya Om Hugo Barra kembali berkunjung ke Indonesia. Dan seperti kedatangannya yang lalu, kali ini Hugo kembali memperkenalkan...
Memilih Kamera Digital Yang Tepat Sesuai Kebutuhan Saya suka fotografi. Memang saya tidak jago di dunia fotografi, pakai kamera juga enggak pinter-pinter amat. Cuma saya sempat main kamera DSLR beberap...

Leave a Reply

badge