Cara Belanja Online Aman di Tokopedia

Belanja online mungkin sudah semakin jadi trend gaya hidup orang jaman sekarang. Kalau dulu, belanja rasanya nggak afdol kalau enggak langsung ke pusat pertokoan, keliling-keliling sampai kaki keriting dan tawar-menawar supaya dapet harga murah. Sekarang semuanya beda. Kita cukup klik sana-sini, lihat-lihat barang, tertarik ya langsung order.

Ada beberapa alasan orang belanja online. Diantaranya sih pilihan banyak, harga bersaing dan kita enggak perlu capek keliling pertokoan cuma buat cari barang yang harganya selisih seribu rupiah. Walau begitu, ada juga orang yang takut untuk belanja online karena beberapa alasan. Salah satunya, takut kena tipu!

Untungnya, sudah banyak marketplace online yang memperhatikan keamanan konsumen. Salah satunya adalah Tokopedia. Meski bukan pemain baru, tapi saya sendiri baru beberapa hari yang lalu iseng mencoba belanja online di Tokopedia ini. Rasa penasaran tentang gimana caranya, gimana bayarnya dan juga adanya Chelsea Islan yang jadi model iklannya akhirnya memaksa saya membuat akun dan melakukan transaksi pertama di toko online yang warnanya kok ya hijau semua.

cara belanja online aman di Tokopedia

Cara Belanja Online di Tokopedia

Dari beberapa tempat belanja online yang pernah saya coba, Tokopedia mungkin bisa dibilang transaksinya cukup mudah dan juga aman. Untuk itu, sekarang saya coba membuat beberapa langkah untuk berbelanja di Tokopedia ini. Anyway, asumsi saya kamu sudah punya akun di Tokopedia yah. Kalau buat akun sih pasti bisa donk…

Cari Barang Yang Mau Dibeli
Hal pertama yang kita perlu kerjain pastinya mencari barang yang mau kita beli. Kalau ternyata kamu sudah punya referensi mau beli barang apa, dengan penjualnya siapa, ya tinggal buka aja link referensi tersebut. Soalnya banyak penjual di Tokopedia yang mempromosikan store Tokopedia mereka di blog atau media sosial.

Pilih Tombol Beli
Kalau sudah melihat-lihat barang hasil pencarian tadi, dan sudah dapat barang yang mau dibeli, maka langsung klik tombol BELI. Nanti akan muncul pop-up yang meminta kita mengisikan alamat dan jasa pengiriman yang akan digunakan. Di sini kita harus mengisi alamat dengan lengkap dan jelas. Kalau enggak, sistem enggak bisa melanjutkan proses. Sudah selesai disini, maka lanjut klik di bagian bawah pop-up tadi : Beli Produk Ini

Pilih Metode Pembayaran
Untuk metode pembayaran, Tokopedia menerima proses transfer bank, Mandiri clickpay, BCA Klikpay dan juga Mandiri e-Cash. Pilih yang kamu bisa pakai. Kalau saya sendiri sih pakainya transfer bank lewat internet banking. Di tahap ini, cek juga apa yang kamu beli sudah benar atau belum.

Transfer Uang
Kalau soal transfer uang sih rasanya enggak masalah, pasti sudah bisa. Jumlah transfer sesuaikan dengan yang disuruh dengan sistem Tokopedia. Biasanya sistem akan memberikan angka unik di belakang nominal transfer kita. Dan PASTIKAN anda transfer ke rekening Tokopedia, bukan ke rekening seller. Dengan begini, maka anda akan lebih aman dalam berbelanja!

Tips belanja online aman di tokopedia

Konfirmasi Pembayaran
Kalau kamu pakai metode transfer bank kayak saya, maka kamu harus melakukan konfirmasi pembayaran dulu. Cara konfirmasi juga cukup mudah, tinggal isi-isi aja kolom yang sudah disediakan oleh sistem. Secara detail, konfirmasi pembayaran ini meminta detail rekening yang kamu pakai buat transfer tadi kok.

Tunggu Barang Datang
Nah, ini bagian yang paling malesin. Ya namanya belanja online, kita emang harus sabar nunggu barang datang. Karena prosesnya kan lumayan panjang. Setidaknya ya butuh 2 sampai 5 hari untuk barang sampai ke tangan kita. Anyway, jangan khawatir kalau barang enggak dikirim. Di Tokopedia, sistem akan melakukan refund uang kita kalau seller enggak mengirim barang pesanan kita dalam waktu 5 hari sejak konfirmasi pembayaran kita buat!

Konfirmasi Terima Barang
Kalau barang yang kamu beli sudah sampai, cek dulu kelengkapan dan kesesuaiannya. Kalau sudah pas, jangan lupa untuk konfirmasi terima barang di Tokopedia. Inget, dana yang kamu transfer baru masuk rekening Tokopedia. Setelah kamu konfirmasi terima barang, barulah Tokopedia yang meneruskan dana ke seller tadi.

Nah, itu dia cara belanja online di Tokopedia dengan aman dan nyaman. Selamat berbelanja. Dan kalau artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ya ke temen-temen kamu!

Tulisan Lainnya

Pengalaman Belanja Online Di Tokopedia Dengan Go-J... Satu hal yang untuk saya cukup mengurangi keunggulan dari belanja online adalah menunggu kurir datang dan lamanya waktu pengiriman. Jangankan untuk ya...
Access Trade, Partner Baru Blogger Untuk Mendapatk... Sebagian orang menekuni hobi mereka untuk ngeblog ternyata bukan sekedar menyalurkan passion saja. Karena rupanya bagi sebagian orang tersebut, ngeblo...
Cara Mudah Bayar Belanja di Tokopedia? Indomaret S... Ketika kita memutuskan belanja barang secara online, dimanapun tempat kita belanja itu, pasti kita akan dipilihkan dengan yang namanya metode pembayar...
Pengalaman Pasang Internet FirstMedia Untuk Kamar ... Naiknya harga paket internet mobile di beberapa operator ternyata sukses bikin saya lumayan pusing juga. Kalau harga naik dengan kapasitas kuota yang ...

No Responses

Leave a Reply

badge