Bepergian Naik Pesawat, Harus Tahu Hal Penting Berikut Ini!

Pagi ini saya baru saja melihat satu lagi hal yang menarik ketika berada di kabin pesawat dan sedang mencari tempat duduk. Di lorong (isle?) barisan kursi tepat di belakang saya, rupanya ada penumpang yang berselisih. Penumpang yang satu merasa keberatan karena kursinya sudah ditempati orang lain. Sementara si orang lain itu merasa lebih berhak duduk di situ, karena dia datang lebih dulu.

Saya enggak mau nge-judge deh tentang kedua orang tersebut. Mungkin yang sering naik pesawat juga sudah tahu salahnya dimana. Tapi ini adalah salah satu contoh tentang betapa kurangnya pemahaman konsumen, khususnya calon penumpang pesawat terbang tentang peraturan-peraturan yang ada kalau kamu mau naik pesawat. Dan kali ini, saya akan mencoba menuliskan beberapa peraturan penting yang wajib kamu ikuti untuk naik pesawat. Peraturan-peraturan yang juga paling sering tidak dipatuhi!

peraturan dan kewajiban penumpang pesawat
ilustrasi: cnn.com

#1 Perhatikan Barang Bawaan Kabin dan Bagasi
Orang naik pesawat memang identik dengan melakukan perjalanan jauh dan lama. Tidak selalu, tapi lebih cenderung saja. Jadi sangat dimaklumi kalau calon penumpang membawa barang yang relatif banyak. Mulai dari tas pakaian, koper, kardus, oleh-oleh, laptop dan sebagainya. Sekali lagi, ini adalah hal yang wajar.

Tapi akan menjadi tidak wajar ketika kamu tidak bisa memisahkan antara barang yang bisa dibawa ke kabin pesawat dan barang yang harus masuk bagasi. Setiap maskapai punya peraturan tentang barang maksimal yang bisa dibawa ke dalam kabin. Biasanya sih barang tersebut dibatasi dengan berat 7 kilogram (kalau tidak salah ya!) dengan dimensi tertentu. Beberapa maskapai menyediakan alat pengukuran dimensi juga kalau kamu ragu. Diluar ketentuan itu, ya barang kamu harus masuk ke bagasi.

Jadi, kalau kamu bawa barang banyak, mulai pisahkan mana yang mau dibawa ke kabin dan mana yang mau dibawa ke bagasi. Bawa barang banyak ke kabin hanya akan merepotkan kamu, penumpang lain dan juga kru pesawat. Selain makan jatah bagasi orang, kemungkinan besar barang kamu akan diambil kru untuk dimasukkan ke bagasi secara manual juga lebih besar!

Oh iya, untuk barang bawaan naik pesawat juga ada ketentuan-ketentuan dan jenis barang yang dilarang untuk dibawa. Contohnya klau benda tajam seperti gunting kuku, gunting, obeng hanya diperkenankan jika masuk ke bawaan bagasi dan dilarang masuk kabin. Barang-barang yang gampang meledak seperti aerosol (cat semprot dan sejenisnya yang bertekanan) atau barang mudah terbakar juga dilarang sama sekali untuk dibawa. Jadi kalau kamu bawa barang-barang ini, akan diambil di area pemeriksaan.

#2 Ketahui Detail Boarding Pass Kamu
Setelah kamu check-in, masukin barang ke bagasi, maka kamu akan mendapat boarding pass. Di boarding pass tersebut ada beberapa informasi penting yang harus kamu tahu. Diantaranya sih nomor Boarding Room, tempat kamu menunggu untuk disuruh naik ke pesawat. Boarding time, yaitu waktu dimana penumpang akan dipanggil untuk naik ke pesawat dan sangat disarankan kamu ada di boarding room saat ini terjadi. Dan juga Seat Number atau nomor kursi. Yups, nomor kursi.

Untuk yang belum pernah, naik pesawat itu sama seperti nonton bioskop. Kamu sudah dikasih nomor kursi tempat kamu seharusnya duduk. Dan kamu sangat tidak dianjurkan untuk tidak duduk di nomor tersebut, kecuali sudah bicara ke kru pesawat atau memang sudah tukeran dengan penumpang lain yang kursinya kamu ambil. Dan kalau kamu kepingin duduk di kursi tertentu, misal dekat jendela atau dekat lorong, maka mintalah lokasi tersebut ketika check-in. Beberapa maskapai mengizinkan hal ini. Kecuali sepertinya Air-Asia yang kalau mau milih kursi maka harus dilakukan saat pembelian tiketnya.

#3 Matikan Ponsel Ketika di Pesawat
Ini adalah salah satu peraturan yang paling sering dilanggar sama penumpang pesawat. Untuk diketahui, di kabin pesawat sangat dilarang untuk menyalakan ponsel atau alat elektronik lain yang memancarkan dan mencari sinyal. Menurut kru pesawat, hal ini akan mengganggu sinyal pesawat dan komunikasi dengan menara pengawas (ATC).

Memang sih, banyak penumpang yang beralasan kalau pesawat belum jalan, belum terbang, masih demo ini itu. Tapi coba deh, sepenting apa sih sms atau chat yang kamu kirim sampai harus melanggar peraturan yang membahayakan satu kabin pesawat. Lagipula, kalau kamu ketemu penumpang yang keras, kamu bisa ditegur dan dipermalukan karena melanggar peraturan. Ditambah, ini ada undang-undang yang memperkuat larangan menyalakan ponsel di pesawat. Hukumannya, denda dan kurungan penjara. Yakin mau dipenjara gara-gara main hape di pesawat?

#4 Jangan Bercanda Hal Sensitif!
Sepertinya ini pelanggaran yang lagi musim terjadi di dunia penerbangan kita. Ada penumpang yang merasa bercanda dengan mengatakan bawa bom, bisa meledak, ada bahan berbahaya dan sejenisnya di area bandara. Bahkan di kabin pesawat. Mungkin buat mereka itu lucu, tapi buat petugas bandara dan kru pesawat itu adalah ancaman bahaya yang harus diberi perhatian khusus.

Dari banyak berita yang beredar, bercanda seperti ini akan membuat kamu diperiksa secara menyeluruh kalau masih di area bandara. Semua barang penumpang akan dicek ulang, bahkan yang sudah check-in lebih dulu. Kalau kamu bercanda hal tersebut di kabin pesawat, maka pesawat akan dikosongkan untuk disterilisasi dan kembali di check ulang. Intinya, merugikan banyak pihak. Dan kamu sendiri akan berhadapan dengan yang berwajib, gagal terbang dan tentu saja ada kemungkinan mendekam di penjara!

Sepertinya itu beberapa hal penting yang harus kamu ketahui kalau mau bepergian naik pesawat. Enggak terlalu sulit untuk dipatuhi, tapi entah kenapa banyak banget penumpang pesawat yang masih enggak perduli dengan hal-hal sederhana tersebut. Padahal itu semua demi kenyamanan dan keselamatan bersama juga kok.

Anyway, semoga tulisan ini membantu menambah pengetahuan dan kesadaran kita bersama untuk jadi penumpang pesawat yang baik. Kalau ada yang mau ditambahin, silahkan dituliskan di kolom komentar ya! ~iKurniawan.com

Related Articles

1 thought on “Bepergian Naik Pesawat, Harus Tahu Hal Penting Berikut Ini!”

  1. emang tuh, becandaan bom tuh padahal becandaan kodian yg gak lucu, masih aja dipake. dipakenya di bandara lagi, gak penting banget, malah ngerugiin semua orang.

    kalo yg max bagasinya paling banyak maskapai apa ya mas? kalo cit* l*nk cuma 10 kg ya.. perasaan l*on a*r mah 20 kg.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *