Main Game di Macbook, Bisa Gak Ya?

Salah satu alasan saya tidak pernah melirik Macbook untuk menjadi laptop pribadi saya, selain karena mahalnya, adalah karena saya ragu dengan fleksibilitas produk Apple ini dengan kebutuhan dan hobi saya. Salah satunya adalah informasi yang ‘katanya’ Macbook tidak bisa dipakai untuk bermain game!

Meski terdengar kurang penting, tapi fakta bahwa Macbook kurang bersahabat bagi para gamers harus diakui benar adanya. Apalagi untuk gamers serius yang membutuhkan spesifikasi laptop yang cukup tinggi. Jadi wajar rasanya kalau banyak orang yang menganggap Macbook hanyalah untuk orang-orang bisnis dan kantoran saja.

Padahal, para gamers ini merupakan pangsa pasar yang tidak sedikit untuk dijelajahi. Tidak perlu sampai gamers serius yang membutuhkan spesifikasi AAA, cukup melirik para casual gamers saja rasanya sudah merupakan pasar yang menggiurkan. Bayangkan, berapa banyak eksekutif muda yang butuh hiburan dengan bermain game di antara jeda waktu rapat yang padat merayap?

Saya sendiri awal menggunakan Macbook Air M1 tidak pernah berfikir untuk bermain game di laptop ini. Kebutuhan awal saya akan laptop yang ringan untuk dibawa-bawa dinas ke lapangan, mengesampingkan kebutuhan saya untuk bermain game.

Sampai pada akhirnya saya pindah tugas dan sangat sedikit kesempatan dinas ke lapangan, sehingga kebutuhan itu perlahan terhapuskan. Dan ketika suntuk mau main game di laptop, eh ternyata laptop keluaran Apple ini tidak friendly sama para gamers!

Lalu, bagaimana cara bermain game di Macbook?

ilustrasi makemac.com

Setelah browsing mencari informasi kesana-kesini, saya menjadi tahu kalau beberapa tipe Macbook cukup mumpuni untuk dipakai bermain game yang tidak terlalu AAA. Jadi solusi pertama agar kamu bisa bermain game di Macbook cukup jelas, punya duit banyak dan beli Macbook tipe spesifikasi tinggi!

Untuk yang duitnya tipis-tipis dan memiliki Macbook tipe basic, salah satu cara untuk bermain game dengan lancar adalah dengan mencari game dengan genre web-based. Selain cenderung ringan dan tidak membutuhkan spesifikasi yang tinggi, sebagian besar game web-based tidak mengharuskan kamu untuk melakukan instalasi ke Macbook. Jadi modal browser dan internet, voila, kamu bisa main game!

Sayangnya, game jenis web-based ini kadang membutuhkan waktu untuk grinding karakter agar menjadi kuat dan berpengaruh di game. Dan ini butuh waktu yang cukup lama. Kalau kamu tidak punya cukup waktu untuk sering bermain dan grinding secara rutin, maka kamu harus punya banyak duit untuk membeli pernak-pernik di dalam game. Jadi…..ya gitu.

Nah, kalau cara yang saya pilih adalah dengan bermain game-game web-based sederhana saja. Biasanya situs sejenis ini memiliki beragam jenis game yang dapat dimainkan sesekali untuk mengusir kebosanan dan mengisi waktu senggang yang tidak terlalu lama. Istilahnya, mini games.

Salah satu situs yang cukup sering saya kunjungi adalah Plays.org. Ketemu secara tidak sengaja saat mencari-cari di internet, situs ini ternyata cukup seru juga. Selain sangat ringan untuk dibuka, game yang tersedia juga sangat beragam deh.

Salah satu game di Plays.org yang lumayan sering saya mainkan adalah Endless Siege. Game ini merupakan game tower defense. Jadi kita diminta untuk menyusun jejeran tower bersenjata yang akan menahan laju barisan pasukan zombie. Tower-tower ini tentu saja bisa di-upgrade seiring dengan naiknya level zombie yang lewat. Jadi, makin lama makin seru.

Selain game Endless Siege, game lain yang sering saya mainkan adalah Knife Hit. Game ini sebenarnya sering dimainkan dulu di awal-awal menggunakan hape Android. Jadi rasanya hampir semua orang tahu game ini, yaitu melatih ketangkasan dalam melempar pisau. Tapi, tentu saja di layar komputer. Dan jujur saja, rasanya ‘response time’ dari klik touchpad dengan swipe di layar hape itu agak berbeda rasanya.

Sedikit kekurangan yang saya rasakan saat bermain game di Macbook Air ini adalah masalah layar yang menurut saya kurang luas. Tapi ini sudah menjadi resiko tentu saja. Ketika memilih opsi gadget yang lebih ‘portable’ dan mudah untuk dibawa-bawa, maka kelegaan layar menjadi hal yang harus dikorbankan.

Tapi, untuk mengisi waktu luang dan mengurangi kejenuhan, bisa dibilang main game di Macbook Air, khususnya dengan game-game di Plays.org ini terbilang memuaskan dan minim keluhan. Paling keluhannya adalah ketika sudah mulai ketagihan dan pilihan game tidak ada habisnya. Tiba-tiba baru sadar telah menghabiskan waktu beberapa jam keasikan main.

Gimana, bisa kan main game di Macbook Air?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here