Travelling

Liburan Di Taman Safari Indonesia, Cisarua Bogor

Bosan liburan di Jakarta, saya akhirnya memutuskan untuk nekat membawa Queen dan Bunda liburan ke Bogor. Tujuannya tempat yang cukup favorit di daerah Cisarua Bogor, Taman Safari Indonesia.

Kenapa saya bilang ‘nekat’?

Di hari normal, daerah puncak udah terkenal dengan reputasi macetnya ituh. Dan kami datang di tengah gabungan musim libur sekolah, natal dan tahun baru.

Liburan anak di Taman Safari Indonesia

Harga Tiket Taman Safari Indonesia, Bogor

Tak cuma di perjalanan, untuk masuk ke gerbang pembelian tiket Taman Safari Indonesia saja kami masih harus mengantri. Untungnya loket pembayaran cash (tanpa kartu debit/kredit) tidak terlalu ramai, jadi kami bisa masuk lebih cepat.

Untuk harga tiket, rupanya ada perbedaan harga bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Bagi wisatawan lokal, harga tiket taman safari untuk anak di bawah usia 6 tahun sebesar 210 ribu rupiah. Sementara untuk anak di atas 6 tahun dan dewasa harganya 230 ribu rupiah.

Beri makan hewan di Taman Safari Indonesia
Zebra di Taman Safari

Ada Apa Di Taman Safari Indonesia, Bogor

Ada berbagai jenis hewan, lengkap. Dan serunya, kita melihat mereka ada di area yang cukup alami. Beberapa di antaranya malah wahana khusus yang pengunjung diizinkan untuk memberi makan.

Pun demikian, tetap perhatikan peraturan dan arahan dari ranger yang bertugas. Kita tidak diperkenankan untuk memberi makanan yang non-alami dan tidak boleh turun dari kendaraan.

Aneka satwa hewan di Taman Safari Indonesia
Harga tiket masuk di Taman Safari Indonesia
Binatang Buas Beruang di Taman Safari Indonesia

Di area hewan buas, seperti harimau, singa dan beruang, kita harus menutup rapat jendela, mengunci pintu dan tidak boleh berlama-lama. Khawatirnya hewan buas tersebut ‘tertarik’ dengan keberadaan mobil kita jika terlalu lama berhenti.

Sayangnya, musim liburan membuat wahana safari menjadi sangat padat dan ramai. Macet di dalam ‘hutan’ sepertinya membuat hewan yang kami lihat bosan dan lebih memilih bermalas-malasan saja. Jadi kurang atraktif.

Foto Bareng Anak Macan Di Taman Safari Indonesia
Safari hewan Binatang Buas di Taman Safari

Selain melihat hewan di alam bebas, kami juga mengunjungi area Baby Zoo, wahana permainan anak dan tentu saja istana panda yang sedang jadi favorit.

Dan ketika kita menyebut Istana Panda, itu benar-benar seperti istana. Besar, megah dan merah. Keren!

Dan sekali lagi, sayangnya, saya baru tahu kalau Panda itu menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mager (males gerak). Jadi kedua panda yang dipisahkan kandangnya itu hanya rebahan, dan sesekali membalik badannya. Kemudian melanjutkan tidurnya.

Melihat Panda DI taman safari Indonesia
Liburan Melihat Panda Di Taman Safari Indonesia

Tips Liburan Ke Taman Safari Indonesia, Bogor

#1 Pilih Waktu Yang Tepat
Sebenarnya karena namanya ‘berlibur’, agak sulit juga menemukan waktu yang tepat. Apalagi diluar waktu liburan umumnya. Namun jika memilih waktu di hari atau musim liburan, pastikan kamu sudah menyiapkan segala sesuatunya. Khususnya untuk ‘modal bermacet-macetan’.

#2 Bawa Makanan Untuk Hewan Dari Luar
Setelah memasuki gerbang tiket, kita akan langsung masuk ke wahana safari. Jadi tidak ada lagi tempat untuk membeli makanan hewan.

Di jalan masuk menuju Taman Safari, banyak yang menjual wortel dan pisang. Kamu bisa membelinya disini.

Wahana Bermain Anak Di taman safari Indonesia
Naik KUda Poni di Taman Safari Indonesia

#3 Bawa Perlengkapan Anak
Area Taman Safari Indonesia ini terbilang luas, pakai banget. Kalau membawa anak kecil, penting untuk memperhatikan perlengkapan yang dibutuhkan. Misalkan saja makanan, cemilan, baju ganti dan stroller!

#4 Simpan Tiket + Struk Masuk Taman Safari!
Ini adalah tips yang penting banget. Saat akan pulang, saya baru tahu kalau struk pembelian tiket masuk itu termasuk karcis parkir. Jadi saat keluar nanti, akan diminta oleh petugas yang berjaga. Jadi, jangan sampai hilang ya.

Sedikit tips tambahan, usahakan untuk membawa mobil dalam kondisi bersih. Minimal ya kaca belakangnya saja deh. Karena saat mobil kita tinggalkan di lokasi parkir, ada petugas yang akan menempelkan stiker Taman Safari Indonesia di kaca belakang mobil kita sebagai kenang-kenangan.

iKurniawan

Menulis pengalaman tentang jalan-jalan, makan-makan dan bersantai mereview gadget sambil menikmati secangkir kopi. Senang bercerita santai dalam tulisan di iKurniawan.com

3 thoughts on “Liburan Di Taman Safari Indonesia, Cisarua Bogor”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker