Melirik Xiaomi Mi 4i, Flagship Di Bawah 3 Jutaan?

Pabrikan ponsel asal Tiongkok yang satu ini mungkin cukup sering dikritik fans mereka di Indonesia karena keengganan mengusung produk flagship mereka ke tanah air. Saat awal masuk Indonesia, banyak yang berharap kalau Xiaomi akan mengusung Mi 3 yang waktu itu memang menjadi produk dengan spesifikasi menggoda. Namun hal tersebut tidak terealisasi dan muncul isu kalau nanti akan langsung datang Mi 4 yang memang sedang dipersiapkan untuk rilis. Sayangnya, lagi-lagi itu cuma isu. Karena sampai saat ini dimana Mi 5 sudah mulai santer terdengar, Mi 4 belum ada produk resminya di Indonesia.

Menjawab kekecewaan tersebut, sepertinya kali ini Xiaomi akan mengobati harapan fans Xiaomi Indonesia dengan mengusung flagship terbaru mereka ke Indonesia. Produk terbaru itu bukanlah Mi5 yang katanya akan segera hadir, tapi Xiaomi Mi 4i yang baru saja diluncurkan secara global di New Delhi India pada 23 April 2015 kemarin. Lalu, bagaimana spesifikasi Xiaomi Mi 4i yang disebut-sebut sebagai ponsel flagship ini?

Harga Xiaomi Mi 4i Indonesia

Spesifikasi Android Xiaomi Mi 4i

Melihat ke segi desain, Xiaomi Mi 4i memiliki bodi berbahan polikarbonat dengan layar 5 inchi berjenis IPS LCD capacitive touchscreen dengan resolusi 1080 x 1920 pixels dan kerapatan 441 ppi. Dengan spesifikasi ini, layar Mi 4i saya perkirakan akan sangat jernih dan terlihat tajam. Sayangnya layar ini belum terlindungi dengan Gorilla Glass, meski dalam presentasinya Hugo menyebutkan jika pelindung untuk Mi 4i tetap dibuat oleh Corning.

Mengintip ke spesifikasi hardware, ponsel ini sudah mengusung prosesor 64 bit Qualcomm Snapdragon 615 Octa-core 1,7 GHz (quad-core 1.7 GHz & quad-core 1.1 GHz). Selain itu, dukungan kartu grafis Adreno 405 serta RAM 2GB dipastikan akan membuat sistem MIUI 6 yang berbasis Android 5.0 Lollipop dapat berjalan dengan mulus. Sayangnya ponsel dengan kapasitas memori 16GB ini tidak memiliki slot untuk penambahan media penyimpanan eksternal.

Untuk orang yang suka foto-foto gak jelas, maka kamera menjadi titik yang menarik perhatian saya. Hape Xiaomi Mi 4i ini mengusung kamera beresolusi 13 megapiksel dengan sensor CMOS. Selain itu, lensa yang digunakan juga cukup baik dengan 5 elemen serta diafragma f/2,0. Untuk tambahan pencahayaan, disematkan LED duo-tone berawarna kuning dan putih. Sejujurnya, saya cukup penasaran dengan hasil kamera ini. Sementara pada bagian depan terdapat kamera dengan resolusi 5 megapiksel dengan diafragma f/1,8. Dengan spesifikasi ini, maka kamera depan saya perkirakan akan menghasilkan kualitas foto yang sangat baik untuk kebutuhan selfie maupun video narsis!

Menjawab rasa penasaran para fans tentang isi jeroan dan setiap part dari Xiaomi Mi 4i ini, Hugo Barra merilis video pembedahan untuk menunjukkan masing-masing bagian ponsel ini dan mengunggahnya di YouTube berikut ini.

Galeri Foto Hape Xiaomi Mi 4i

Foto dan gambar Xiaomi Mi 4i ini saya ambil dari berbagai sumber. Jika ada yang kurang berkenan fotonya dicomot, tinggalkan komentar biar saya perbaiki.

Harga Xiaomi Mi 4i Indonesia

Ponsel Xiaomi Mi 4i ini disebut merupakan produk global yang akan dipasarkan di seluruh negara dimana Xiaomi sudah resmi dijual. Salah satunya tentu saja Indonesia yang dikabarkan akan mulai bulan Mei 2015 ini. Untuk harga sendiri, biasanya produk Xiaomi tidak dijual dengan harga yang berbeda terlalu jauh dari masing-masing negara. Di India, ponsel ini dijual seharga 12.999 Rupe atau sekitar 2,7 jutaan jika dihitung dengan Rupiah. Dengan demikian, diperkirakan jika masuk Indonesia nanti ponsel ini akan berada di bawah angka 3 jutaan. Malah mungkin bermain di harga 2.5 jutaan.

Dengan spesifikasi tersebut, sebenarnya saya cukup tertarik untuk melihat bagaimana bentuk dan kinerja ponsel ini secara langsung. Tapi dengan harga yang kurang lebih sama, saya baru saja membeli ponsel Oneplus One yang sejauh ini performanya cukup mengagumkan. Meski demikian, layar 5.5 inchi terasa cukup sesak dikantongin. Jadi, apakah kehadiran Mi 4i ini akan mengganggu keberadaan Oneplus One di kantong saya nantinya?

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *