Bersihkan Jamur Kaca Mobil Dengan Pasta Gigi

Jamur pada kaca mobil mungkin menjadi salah satu hal yang paling mengganggu pemilik mobil. Selain keberadaan jamur yang membuat penampilan mobil jadi terlihat kurang bersih, jamur kaca juga sangat menganggu ketika kita berkendara. Apalagi jika kita berkendara saat malam, jamur kaca mobil kadang membuat penglihatan kurang jelas dan cahaya lampu kendaraan dari arah berlawanan jadi terlihat berpendar.

Saya sendiri beberapa kali menghadapi masalah dengan jamur kaca mobil ini. Menurut beberapa pemilik bengkel dan salon mobil, jamur kaca itu biasanya muncul karena pencucian mobil yang menggunakan air tanah yang memang mengandung senyawa yang dapat menyebabkan jamur. Selain itu, jamur juga bisa muncul ketika kita kurang bersih saat mengeringkan bekas air pada kaca.

Cara paling mudah dan tidak repot ketika akan menghilangkan jamur pada kaca mobil kita adalah dengan membawa mobil ke salon dan langsung ditangani oleh ahlinya. Tetapi hal ini tentu membutuhkan biaya yang lumayan, mungkin lebih dari 200 ribu rupiah. Dan hal ini juga tidak menjamin bahwa jamur tidak akan kembali lagi, karena faktanya memang jamur masih bisa datang jika kita tidak pandai merawat kaca kendaraan kita.

membersihkan jamur kaca mobil

Sebenarnya ada tips membersihkan jamur kaca mobil dengan murah, namun seperti biasa harga dan kemudahan itu susah untuk sejalan. Jadi jika ingin tips murah ini, anda harus sedikit bekerja keras. Caranya adalah dengan memanfaatkan pasta gigi yang berwarna putih dan bukan jenis gel. Berikut perlengkapan yang harus disiapkan jika anda ingin menghilangkan jamur kaca kendaraan anda sendiri tanpa harus ke salon mobil.

  • Lap bersih yang berserat, misal bahan kaos
  • Kanebo yang bersih
  • Spray dan air bersih
  • Pasta gigi putih, pilih yang seperti berpasir. Jangan yang jenis gel.

Langkah Membersihkan Jamur Kaca Mobil

  1. Pertama kali anda harus memastikan kaca mobil anda sudah bersih dari debu dan kotoran lainnya. Anda dapat mencuci mobil anda terlebih dahulu, khususnya bagian kaca. Lalu parkirkan kendaraan anda di tempat yang tidak terpapar cahaya matahari langsung.
  2. Selanjutnya, oleskan sedikit pasta gigi pada bagian yang berjamur. Ingat, satu bagian saja. Jangan langsung dioleskan ke seluruh kaca, karena harus dikerjakan sedikit demi sedikit.
  3. Semprotkan air menggunakan spray sedikit saja agar tidak terlalu basah, lalu mulai gosok dengan menggunakan kain lap bersih yang sudah disiapkan. Gosok dengan memutar hingga kering, jika perlu tambahkan lagi air sedikit demi sedikit.
  4. Jika sudah dirasa cukup, lap lokasi yang anda bersihkan itu dengan menggunakan kanebo. Kemudian anda dapat memeriksa apakah jamur kaca yang anda bersihkan sudah hilang atau belum. Kalau belum, maka anda dapat ulangi lagi.
  5. Lakukan langkah-langkah itu secara bertahap, agar semua jamur kaca anda hilang.

Nah, itu adalah tips dan langkah-langkah cara untuk membersihkan kaca mobil anda dari jamur. Saya sudah pernah mencobanya, dan memang sedikit melelahkan. Tapi sebanding lah, jika dibandingkan saya harus ke salon mobil dan membayar sejumlah yang yang menurut saya lumayan banyak.

Semoga bermanfaat!

Related Articles

6 thoughts on “Bersihkan Jamur Kaca Mobil Dengan Pasta Gigi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *