Cara Mencuci Mobil Dengan Benar

Mencuci mobil adalah salah satu kegiatan yang paling tidak saya sukai. Entah itu mencuci di jasa cuci mobil tradisional ataupun modern, apalagi harus cuci mobil sendiri. Ditambah saat musim hujan begini, mobil jadi lebih cepat kotor dan harus makin sering dicuci. Mau sering-sering dibawa ke bengkel atau jasa cuci mobil, kok rasanya boros banget. Jadi cuci mobil sendiri adalah pilihan yang tersisa.

Cuci mobil sendiri juga bukan perkara mudah dan memerlukan waktu yang tidak sedikit, kecuali kalau anda seorang yang pro dalam hal ini. Kalau sedang santai dan mood lagi bagis sih rasanya lebih menyenangkan mencuci mobil sendiri. Tapi kalau sedang sibuk, apalagi cuaca sedikit-sedikit berubah? Hmm..rasanya malas sekali
😀

Tapi ternyata, kalau kita tidak pintar mencuci mobil dapat mengakibatkan kerusakan (cenderung minor) pada kendaraan kesayangan kita. Mulai dari cat yang tergores, atau bisa juga bekas cucian yang membuat kaca mobil berjamur. Maka dari itu, saat kita mencuci mobil sendiri ada tips dan langkah yang dianjurkan agar bisa memperoleh hasil yang maksimal.

tips cara mencuci mobil dengan benar

Tips Mencuci Mobil Dengan Benar

Siapkan Perlengkapan Yang Dibutuhkan
Untuk mencuci mobil anda sendiri, maka persiapkan perlengkapan yang dibutuhkan dari awal. Perlengkapan itu antara lain selang dengan nozzle (semprotan) yang dapat diatur, spons dan sabun khusus cuci mobil, kemoceng serta lap pengering atau kanebo. Jika memang diperlukan, maka siapkan pula sikat dan sabun untuk membersihkan ban mobil.

Siram Dengan Air Yang Cukup Deras
Sebelum memulai membasuh mobil anda dengan spons atau sabun, maka semprot dahulu seluruh bagian mobil anda dengan air yang memiliki tekanan atau arus cukup deras. Tujuanya adalah untuk membuang debu atau lumpur yang lekat pada kendaraan anda. Butiran debu atau lumpur yang melekat pada kaca dan body mobil dapat menggores tipis cat dan kaca kendaraan anda.

Gunakan Sabun dan Spons Khusus Cuci Mobil
Sabun cuci mobil memiliki Ph balance yang telah disesuaikan agar tidak merusak cat mobil. Selain itu, penggunaan spons yang lembut akan mengurangi resiko tergoresnya cat mobil anda.

Cuci Mobil Di Tempat Yang Sejuk
Jangan mencuci di bawah sinar matahari langsung karena akan membuat shampoo atau sabun mobil menjadi lebih cepat kering. Jadi mencuci ditempat yang sejuk, dan langsung siram bagian yang sudah disabun dengan air bersih agar tidak mengering dan menimbulkan kerak kotoran pada cat mobil.

Segera Keringkan Kendaraan yang Sudah Dibilas
Jika anda sudah selesai mencuci mobil, maka langsung bilas dan keringkan mobil dari sisa-sisa air dengan lap khusus seperti kanebo atau micro fiber. Air yang tidak dikeringkan akan menimbulkan bercak, bahkan beresiko menyebabkan jamur pada cat atau kaca mobil.

Itu adalah tips mencuci mobil dengan benar yang harus kita perhatikan agar kendaraan kesayangan kita tetap terjaga penampilannya. Jika memang benar-benar malas, bawa saja ke tukang cuci mobil yang terbukti kerjanya bersih – rapih dan kalau bisa sih yang murah
😀

Related Articles

6 thoughts on “Cara Mencuci Mobil Dengan Benar”

    1. wah saya bukan expert sih gan. Pudarnya cat mobil banyak faktor sih. Salah satunya, dicuci tapi ndak dikeringkan benar juga bisa. Soal shampoo mobil, ada yang menyarankan shampoo dengan silikon untuk melindungi cat. Nanti saya coba cari informasi lanjut de
      🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *